Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 21 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan          :  SD NEGERI 3 BEREUNUEN
Kelas / Semester             :  III (Tiga) / 2
Tema 7                             :  Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2                      :  Perubahan Energi
Pembelajaran                   :  2
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
 3.1.2   Menjelaskan gagasan pokok tiap alinea di dalam teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
 4.1.2   Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat

PPKn
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
1.2    Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2    Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2    Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
3.2.1    Mengidentifikasi sikap menghargai karya orang lain sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara di rumah dan di sekolah
3.2.2    Menunjukkan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila kelima Pancasila
4.2    Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1    Berperilaku sesuai dengan sila kelima Pancasila (sesuai kontek)

PJOK
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3    Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5    Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1    Mengidentifikasi konsep pola gerak dominan dinamis berputar dan mendarat dalam aktivitas senam.
4.5    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dominan dinamis melompat sambil berputar dan mendarat dalam aktivitas senam.

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Melakukan gerakan melompat sambil berputar lalu mendarat
¡  Menguraikan perubahan energi yang terjadi sehari-hari

D.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Energi”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Siswa mengamati gambar gerakan senam yang akan dipelajari. (Mengamati)
¡  Guru menjelaskan bahwa siswa akan berlatih gerakan-gerakan sesuai gambar.
¡  Guru menjelaskan jenis dan fungsi gerakan-gerakan tersebut. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru memandu siswa untuk melakukan pemanasan sebelum latihan gerak senam.
¡  Siswa menyimak penjelasan guru tentang gerak melompat sambil berputar lalu mendarat, yang akan mereka pelajari. (Mengamati)
¡  Siswa memperhatikan guru mencontohkan bagaimana melakukan gerak tersebut.
¡  Secara bergantian siswa mempraktikkan gerakan seperti yang dicontohkan oleh guru. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mempraktikkan gerakan tersebut dengan arahan guru, khususnya kepada siswa yang mengalami kesulitan.
¡  Setelah semua siswa mempraktikkan gerak tersebut dengan mendapat pengarahan, guru meminta siswa melakukannya secara mandiri bergiliran.
¡  Guru melakukan pengamatan terhadap kegiatan dan melakukan penilaian.
¡  Kemudian kegiatan dilanjutkan.
¡  Siswa dibagi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diminta mempelajari tentang contoh-contoh perubahan energi dan diminta menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari. Mereka menyiapkan laporan yang akan disampaikan di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡  Setelah kira-kira 30 menit siswa bersiap-siap untuk maju mempresentasikan apa yang sudah mereka baca dan pelajari tentang perubahan energi. (Mengasosiasi)
¡  Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. (Mengkomunikasikan)
¡  Setelah semua kelompok maju, guru memberikan konfirmasi tentang konsep yang dipelajari.
¡  Setelah itu siswa diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait apa yang sudah mereka pelajari. (Menanya)
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan membahas tentang pentingnya menghargai karya orang lain.
¡  Guru menunjukkan beberapa gambar penemu yang hasil penemuannya di manfaatkan orang banyak. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru bercerita tentang orang-orang yang berjasa bagi orang banyak. Guru menyampaikan bahwa energi yang kita miliki harus dipergunakan dengan baik.
¡  Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan sepanjang diskusi kelas. (Menanya)
¡  Setelah mendengarkan penjelasan dan berdiskusi, siswa diminta menuliskan ucapan terima kasih kepada 3 orang yang siswa anggap paling berjasa bagi mereka. (Mengekplorasi)
¡  Selesai menulis ucapan terima kasih, guru meminta siswa berbagi cerita tentang siapa orang yang telah mereka pilih dan menjelaskan alasannya.
¡  Setelah semua maju, guru mengulas kembali pentingnya menghargai orang lain. (Mengasosiasi)
¡  Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

F.      SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gambar/foto benda-benda yang menggunakan energi listrik atau energi kimia
¡  Gambar/foto para penemu

G.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Tang. Jawab
Percaya Diri
Kerjasama
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis

3.    Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Melakukan gerak melompat sambil berputar

Gerakan dilakukan tanpa ada kesalahan sedikitpun
Gerakan dilakukan dengan lancar namun masih tidak sempurna
Gerakannya tepat namun masih memerlukan intervensi guru
Belum mau melakukan gerakan

Menceritakan kembali isi teks informatif yang didengar

Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyam-paiannya runut, kalimatnya lengkap
Hanya memenuhi 2 kriteria

Hanya memenuhi 1 kriteria

Belum mampu.
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam menyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu

Format Penilaian Keterampilan:
1. Melakukan gerak melompat sambil berputar
No
Nama
Gerakan dilaku-kan tanpa ada kesalahan
Gerakan lan- car namun blm sempurna
Gerakan tepat tp msh perlu intervensi guru
Belum mau melakukan gerakan
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal





Sangat baik
2
Aisy Anindya





Baik
3
……………..






dst
……………..







2.    Menceritakan kembali isi teks informatif yang didengar
No
Nama
Sesuai deng-  an ide pokok teks
Alur penyampaian runtu
Kalimatnya lengkap
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal




Sangat baik
2
Aisy Anindya




Baik
3
……………..





dst
……………..






2.    Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
Nama
Sesuai denagn topik
Kalimat jelas
Lancar dalam penyampaian
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal




Sangat baik
2
Aisy Anindya




Baik
3
……………..





dst
……………..







Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Setelah mempelajari informasi di buku siswa, ceritakan kembali apa yang sudah kamu pelajari tersebut di depan teman dan gurumu!

Lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1.   Apa perubahan energi yang terjadi pada tubuh kita? Jelaskan!
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….

2.   Jelaskan contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas!
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….

3.   Perubahan energi apa yang terjadi saat kita menyalakan kipas angin?
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….

4.   Saat temanmu memainkan rebana, perubahan energi apa yang terjadi?
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….

5.   Berikan contoh perubahan energi kimia menjadi gerak!
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….


MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 2

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors