RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 3
BEREUNUEN
Kelas / Semester :
III (Tiga) / 2
Tema 7 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2 : Perubahan
Energi
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan
tepat
3.1.2 Menjelaskan gagasan pokok tiap alinea di
dalam teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis
dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun gagasan berupa teks laporan
informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
PPKn
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa,
ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah
2.2 Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Mengetahui
hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
3.2.1 Mengidentifikasi
sikap menghargai karya orang lain sebagai contoh kewajiban sebagai warga negara
di rumah dan di sekolah
3.2.2 Menunjukkan hak dan kewajiban yang sesuai pengamalan sila
kelima Pancasila
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan sila kelima Pancasila (sesuai
kontek)
PJOK
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.3 Menghargai
perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
3.5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
3.5.1 Mengidentifikasi
konsep pola gerak dominan dinamis berputar dan mendarat dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan
lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri
dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5.1 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dominan dinamis melompat sambil berputar dan
mendarat dalam aktivitas senam.
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Melakukan
gerakan melompat sambil berputar lalu mendarat
¡ Menguraikan
perubahan energi yang terjadi sehari-hari
D. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam
dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan
Energi”.
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Siswa mengamati gambar gerakan senam yang akan
dipelajari. (Mengamati)
¡
Guru menjelaskan bahwa siswa akan berlatih
gerakan-gerakan sesuai gambar.
¡
Guru menjelaskan jenis dan fungsi gerakan-gerakan
tersebut.
(Mengkomunikasikan)
¡
Guru memandu siswa untuk melakukan pemanasan sebelum
latihan gerak senam.
¡
Siswa menyimak penjelasan guru tentang gerak melompat
sambil berputar lalu mendarat, yang akan mereka pelajari. (Mengamati)
¡
Siswa memperhatikan guru mencontohkan bagaimana
melakukan gerak tersebut.
¡
Secara bergantian siswa mempraktikkan gerakan seperti
yang dicontohkan oleh guru. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mempraktikkan gerakan tersebut dengan arahan guru,
khususnya kepada siswa yang mengalami kesulitan.
¡
Setelah semua siswa mempraktikkan gerak tersebut
dengan mendapat pengarahan, guru meminta siswa melakukannya secara mandiri
bergiliran.
¡
Guru melakukan pengamatan terhadap kegiatan dan
melakukan penilaian.
¡
Kemudian kegiatan dilanjutkan.
¡
Siswa dibagi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok
diminta mempelajari tentang contoh-contoh perubahan energi dan diminta
menceritakan kembali apa yang sudah dipelajari. Mereka menyiapkan laporan
yang akan disampaikan di depan kelas. (Mengekplorasi)
¡
Setelah kira-kira 30 menit siswa bersiap-siap untuk
maju mempresentasikan apa yang sudah mereka baca dan pelajari tentang
perubahan energi. (Mengasosiasi)
¡
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya. (Mengkomunikasikan)
¡
Setelah semua kelompok maju, guru memberikan
konfirmasi tentang konsep yang dipelajari.
¡
Setelah itu siswa diminta menjawab
pertanyaan-pertanyaan terkait apa yang sudah mereka pelajari. (Menanya)
¡
Kegiatan dilanjutkan dengan membahas tentang pentingnya
menghargai karya orang lain.
¡
Guru menunjukkan beberapa gambar penemu yang hasil
penemuannya di manfaatkan orang banyak.
(Mengkomunikasikan)
¡
Guru bercerita tentang orang-orang yang berjasa bagi
orang banyak. Guru menyampaikan bahwa energi yang kita miliki harus
dipergunakan dengan baik.
¡
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan-pertanyaan sepanjang diskusi kelas.
(Menanya)
¡
Setelah mendengarkan penjelasan dan berdiskusi, siswa
diminta menuliskan ucapan terima kasih kepada 3 orang yang siswa anggap
paling berjasa bagi mereka. (Mengekplorasi)
¡
Selesai menulis ucapan terima kasih, guru meminta
siswa berbagi cerita tentang siapa orang yang telah mereka pilih dan
menjelaskan alasannya.
¡
Setelah semua maju, guru mengulas kembali pentingnya
menghargai orang lain. (Mengasosiasi)
¡
Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
F. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar/foto benda-benda yang menggunakan
energi listrik atau energi kimia
¡ Gambar/foto para penemu
G. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi
selama kegiatan
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Tang. Jawab
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sultan Haykal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy Anindya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
Tes
tertulis
3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Melakukan gerak melompat sambil berputar
|
Gerakan dilakukan tanpa ada kesalahan sedikitpun
|
Gerakan dilakukan dengan lancar namun masih tidak
sempurna
|
Gerakannya tepat namun masih memerlukan intervensi guru
|
Belum mau melakukan gerakan
|
Menceritakan kembali isi teks informatif yang didengar
|
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyam-paiannya runut,
kalimatnya lengkap
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu.
|
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
|
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam
menyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Format Penilaian Keterampilan:
1.
Melakukan gerak melompat sambil berputar
No
|
Nama
|
Gerakan dilaku-kan tanpa
ada kesalahan
|
Gerakan lan- car namun blm
sempurna
|
Gerakan tepat tp msh perlu
intervensi guru
|
Belum mau melakukan
gerakan
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
Sangat baik
|
|||||
2
|
Aisy Anindya
|
Baik
|
|||||
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
2. Menceritakan kembali isi teks informatif yang
didengar
No
|
Nama
|
Sesuai deng- an ide pokok teks
|
Alur penyampaian runtu
|
Kalimatnya lengkap
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
Sangat baik
|
||||
2
|
Aisy Anindya
|
Baik
|
||||
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
2. Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
|
Nama
|
Sesuai denagn topik
|
Kalimat jelas
|
Lancar dalam penyampaian
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
Sangat baik
|
||||
2
|
Aisy Anindya
|
Baik
|
||||
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Setelah mempelajari informasi di buku
siswa, ceritakan kembali apa yang sudah kamu pelajari tersebut di depan teman
dan gurumu!
Lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini:
1. Apa perubahan energi yang terjadi pada
tubuh kita? Jelaskan!
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
2. Jelaskan contoh perubahan energi
listrik menjadi energi panas!
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
3. Perubahan energi apa yang terjadi saat
kita menyalakan kipas angin?
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
4. Saat temanmu memainkan rebana,
perubahan energi apa yang terjadi?
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
5. Berikan contoh perubahan energi kimia
menjadi gerak!
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
…………………………………………………………………….
MEDIA
TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment