Home » » TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1

TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 21 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan          :  SD NEGERI 3 BEREUNUEN
Kelas / Semester              :  III (Tiga) / 2
Tema 7                             :  Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2                      :  Perubahan Energi
Pembelajaran                  :  1
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) Dan Indikator
1.2    Meresapi keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1    Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1    Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1    Mengidentifikasii teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
 3.1.2   Menguraikan gagasan pokok isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1    Mengamati dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1    Menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
 4.1.2   Menyusun gagasan berupa teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat

Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2    Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3    Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Memahami keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas)
3.10.1 Memperkirakan panjang menggunakan alat ukur tidak baku
4.7.   Memperkirakan dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan baku dan tidak baku
4.7.1    Memperkirakan keliling persegi panjang menggunakan alat ukur tidak baku
4.7.2    Memperkirakan luas bangun persegi panjang menggunakan alat ukur tidak baku

SBdP
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1    Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugerah Tuhan.
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.3    Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1    Mengenal karya seni gaya dekoratif
3.1.1    Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
4.1    Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.1.1    Membuat gambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, bentuk, dan warna sesuai tema
4.1.2    Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3 dimensi yang ada di lingkungan sekitar

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membuat laporan hasil diskusi tentang perubahan energi dalam kegiatan sehari-hari
¡  Membuat laporan hasil percobaan tentang perubahan energi
¡  Membuat gambar dekoratif bertema “Buah dan Sayur Sumber Energi”
¡  Mengukur keliling dan luas dengan alat ukur tidak baku

D.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

E.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan Energi”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
¡  Guru meminta siswa mengamati gambar di buku teks dan meminta siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar gambar yang diamati. Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan gambar dan konteks pembelajaran. (Mengamati)
¡  Jika ada pertanyaan, sebaiknya guru tidak langsung menjawab. Beri kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan temannya. (Menanya)
¡  Setelah tidak ada lagi pertanyaan dari siswa, guru mulai memasuki pembelajaran dengan menjelaskan tentang perubahan energi yang terjadi sehari-hari. (Mengkomunikasikan)
¡  Agar siswa lebih terlibat dalam pembelajaran, guru meminta siswa membentuk kelompok diskusi dan meminta siswa mendiskusikan tentang perubahan-perubahan energi yang mereka amati sehari-hari.
¡  Lalu siswa mendiskusikan perubahan energi yang mereka lihat sehari-hari secara berkelompok. (Mengekplorasi)
¡  Setelah itu guru minta perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kelompok yang lain diminta menanggapi apa yang disampaikan kelompok tersebut.
¡  Setelah diskusi selesai siswa melakukan percobaan tentang perubahan energi.
¡  Siswa melakukan percobaan tentang perubahan energi dengan pengawasan guru.
¡  Siswa merapikan bekas-bekas pekerjaannya.
¡  Setelah selesai, masing-masing kelompok diminta membuat laporan hasil percobaannya dan menyampaikan di depan kelas. (Mengasosiasi)
¡  Sesudah percobaan siswa diminta menggambar dekoratif bertema “Buah-buahan/Sayur-sayuran Sumber Energiku” (Mengekplorasi)
¡  Guru menjelaskan kembali tentang karya dekoratif dan menjelaskankan tugas yang harus dilakukan oleh siswa. Guru memotivasi siswa agar bekerja dengan percaya diri dan tidak ragu-ragu. (Mengkomunikasikan)
¡  Setelah selesai menggambar siswa diingatkan untuk merapikan kembali bekas-bekas pekerjaannya.
¡  Kegiatan dilanjutkan dengan belajar mengukur keliling dan luas persegi panjang. (Mengekplorasi)
¡  Guru menggunakan bingkai lukisan/foto yang telah disiapkan sebelumnya. Guru menggunakan batang korek api untuk mengukur keliling bingkai tersebut. Guru kemudian menjelaskan cara menghitung luasnya dengan menggunakan bujur sangkar satuan. Guru mengarahkan penjelasan-nya sampai siswa memahami bagaimana rumus menghitung keliling atau luas persegi panjang. (Mengkomunikasikan)
¡  Guru memastikan siswa dapat memahami penjelasan guru.
¡  Selanjutnya guru memberikan soal latihan untuk diselesaikan oleh siswa.
¡  Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu. (Mengasosiasi)

35 Menit x 30 JP
Penutup
¡  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
¡  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
¡  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.

10 menit

F.      SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
  2. Alat-alat percobaan (lihat buku teks)
  3. Gambar dekoratif buah-buahan atau sayur-sayuran
  4. Batang korek api
  5. Bujur sangkar satuan berukuran 1cm x 1cm (jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan kelas)
  6. Beberapa macam bingkai lukisan/foto 

G.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan
No
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Tang. Jawab
Percaya Diri
Kerjasama
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Sultan Haykal












2
Aisy Anindya












3
……………..












dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2.    Penilaian Pengetahuan
1. Tes lisan tentang teks laporan perubahan energi
2. Tes lisan tentang karya dekoratif
3. Tes tertulis menghitung keliling persegi panjang dan segitiga dengan alat ukur tidak baku

3.    Penilaian Keterampilan
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
(4)
(3)
(2)
(1)
Menceritakan isi teks laporan informatif
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut, kalimatnya lengkap
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam menyampaikan
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria
Belum mampu
Membuat gambar dekoratif

Sesuai dengan jenis karya yang ditetapkan, komposisi bentuk dan warnanya tepat, selesai tepat waktu, hasil kerjanya rapi
Hanya memenuhi 3 kriteria
Hanya memenuhi 2 kriteria
Hanya memenuhi 1 kriteria

Format Penilaian Keterampilan:
1.    Menceritakan isi teks laporan informatif
No
Nama
Sesuai deng-  an ide pokok teks
Alur penyam-paian runut
Kalimatnya lengkap
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
3
Baik
3
……………..





dst
……………..






2.    Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
Nama
Sesuai deng-  an topik
Kalimatnya jelas
Lancar dalam penyampaian
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
3
Baik
3
……………..





dst
……………..






3.    Membuat gambar dekoratif
No
Nama
Ssesuai dengan jenis karya yg ditetapkan
Komposisi bentuk dan warnanya tepat
Selesai tepat waktu
Hasil kerjan-   ya rapi
Skor
Predikat
1
Sultan Haykal
ü
ü
ü
ü
4
Sangat baik
2
Aisy Anindya
ü
ü
ü
-
3
Baik
3
……………..






dst
……………..







Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III



( ___________________ )
NIP ..................................


Lembar Kerja Siswa
(LKS)

Perkirakanlah berapa keliling dan luas bingkai-bingkai berikut ini dengan menggunakan alat ukur tidak baku!




TEMA 7 KELAS 3 SUB 2 PB 1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors