RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 3
BEREUNUEN
Kelas / Semester :
III (Tiga) / 2
Tema 7 : Energi dan Perubahannya
Sub Tema 2 : Perubahan
Energi
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
dan tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) Dan Indikator
1.2 Meresapi
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan makhluk hidup, hidup sehat, benda
dan sifatnya, energi dan perubahan, bumi dan alam semesta.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap makhluk hidup, energi dan perubahan
iklim, serta bumi dan alam semesta melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud
benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan
cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.1.1 Mengidentifikasii
teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan
tepat
3.1.2 Menguraikan gagasan pokok isi teks laporan
informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1 Mengamati
dan mengolah isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan
wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan
iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1 Menceritakan
kembali isi teks laporan informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
4.1.2 Menyusun gagasan berupa teks laporan
informatif tentang perubahan energi secara lisan atau tulis dengan tepat
Matematika
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan
sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin
waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas
2.2 Memiliki
rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam
diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Memahami
keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali,
batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu
satuan luas)
3.10.1 Memperkirakan panjang menggunakan alat ukur tidak baku
4.7. Memperkirakan
dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu
menggunakan satuan baku dan tidak baku
4.7.1 Memperkirakan keliling persegi panjang menggunakan alat ukur
tidak baku
4.7.2 Memperkirakan luas bangun persegi panjang menggunakan alat
ukur tidak baku
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
1.1 Memuji
keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai
anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan
sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni
2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni
3.1 Mengenal
karya seni gaya dekoratif
3.1.1 Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif
4.1 Menggambar
dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk dan tekstur
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
4.1.1 Membuat gambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis,
bentuk, dan warna sesuai tema
4.1.2 Membuat karya dekoratif dengan menggunakan benda-benda 3
dimensi yang ada di lingkungan sekitar
C. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Membuat
laporan hasil diskusi tentang perubahan energi dalam kegiatan sehari-hari
¡ Membuat
laporan hasil percobaan tentang perubahan energi
¡ Membuat
gambar dekoratif bertema “Buah dan Sayur Sumber Energi”
¡ Mengukur
keliling dan luas dengan alat ukur tidak baku
D. METODE
PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / mencoba, mengasosiasi / mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan)
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam
dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan
diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Perubahan
Energi”.
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
¡
Guru meminta siswa mengamati gambar di buku teks dan
meminta siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar gambar yang diamati.
Guru menggugah rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan
terkait dengan gambar dan konteks pembelajaran.
(Mengamati)
¡
Jika ada pertanyaan, sebaiknya guru tidak langsung
menjawab. Beri kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab pertanyaan
temannya. (Menanya)
¡
Setelah tidak ada lagi pertanyaan dari siswa, guru
mulai memasuki pembelajaran dengan menjelaskan tentang perubahan energi yang
terjadi sehari-hari.
(Mengkomunikasikan)
¡
Agar siswa lebih terlibat dalam pembelajaran, guru
meminta siswa membentuk kelompok diskusi dan meminta siswa mendiskusikan
tentang perubahan-perubahan energi yang mereka amati sehari-hari.
¡
Lalu siswa mendiskusikan perubahan energi yang mereka
lihat sehari-hari secara berkelompok. (Mengekplorasi)
¡
Setelah itu guru minta perwakilan kelompok untuk
menyampaikan hasil diskusinya. Kelompok yang lain diminta menanggapi apa yang
disampaikan kelompok tersebut.
¡
Setelah diskusi selesai siswa melakukan percobaan
tentang perubahan energi.
¡
Siswa melakukan percobaan tentang perubahan energi
dengan pengawasan guru.
¡
Siswa merapikan bekas-bekas pekerjaannya.
¡
Setelah selesai, masing-masing kelompok diminta
membuat laporan hasil percobaannya dan menyampaikan di depan kelas. (Mengasosiasi)
¡
Sesudah percobaan siswa diminta menggambar dekoratif
bertema “Buah-buahan/Sayur-sayuran Sumber Energiku” (Mengekplorasi)
¡
Guru menjelaskan kembali tentang karya dekoratif dan
menjelaskankan tugas yang harus dilakukan oleh siswa. Guru memotivasi siswa
agar bekerja dengan percaya diri dan tidak ragu-ragu. (Mengkomunikasikan)
¡
Setelah selesai menggambar siswa diingatkan untuk
merapikan kembali bekas-bekas pekerjaannya.
¡
Kegiatan dilanjutkan dengan belajar mengukur keliling
dan luas persegi panjang. (Mengekplorasi)
¡
Guru menggunakan bingkai lukisan/foto yang telah
disiapkan sebelumnya. Guru menggunakan batang korek api untuk mengukur
keliling bingkai tersebut. Guru kemudian menjelaskan cara menghitung luasnya
dengan menggunakan bujur sangkar satuan. Guru mengarahkan penjelasan-nya
sampai siswa memahami bagaimana rumus menghitung keliling atau luas persegi
panjang.
(Mengkomunikasikan)
¡
Guru memastikan siswa dapat memahami penjelasan guru.
¡
Selanjutnya guru memberikan soal latihan untuk
diselesaikan oleh siswa.
¡
Sebagai penutup guru mereview semua kegiatan yang
sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari
itu. (Mengasosiasi)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
¡
Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing
guru.
¡
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
¡
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok.
¡
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
¡
Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
|
10 menit
|
F. SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
- Buku Guru dan Buku Siswa Tema 7 : ”Sumber Energi” Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
- Alat-alat percobaan (lihat buku teks)
- Gambar dekoratif buah-buahan atau sayur-sayuran
- Batang korek api
- Bujur sangkar satuan berukuran 1cm x 1cm (jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan kelas)
- Beberapa macam bingkai lukisan/foto
G. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
Observasi
selama kegiatan
No
|
Nama
|
Perubanan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Tang. Jawab
|
Percaya Diri
|
Kerjasama
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sultan Haykal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy Anindya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang)
: 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB
(Sangat Baik) : 4
2. Penilaian Pengetahuan
1. Tes
lisan tentang teks laporan perubahan energi
2. Tes
lisan tentang karya dekoratif
3. Tes
tertulis menghitung keliling persegi panjang dan segitiga dengan alat ukur
tidak baku
3. Penilaian Keterampilan
Kriteria
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
(4)
|
(3)
|
(2)
|
(1)
|
|
Menceritakan isi teks laporan informatif
|
Sesuai dengan ide pokok teks, alur penyampaiannya runut,
kalimatnya lengkap
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Menyampaikan gagasan dalam diskusi
|
Sesuai dengan topik, kalimatnya jelas, lancar dalam
menyampaikan
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Belum mampu
|
Membuat gambar dekoratif
|
Sesuai dengan jenis karya yang ditetapkan, komposisi
bentuk dan warnanya tepat, selesai tepat waktu, hasil kerjanya rapi
|
Hanya memenuhi 3 kriteria
|
Hanya memenuhi 2 kriteria
|
Hanya memenuhi 1 kriteria
|
Format Penilaian Keterampilan:
1. Menceritakan isi teks laporan informatif
No
|
Nama
|
Sesuai deng- an ide pokok teks
|
Alur penyam-paian runut
|
Kalimatnya lengkap
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
2. Menyampaikan gagasan dalam diskusi
No
|
Nama
|
Sesuai deng- an topik
|
Kalimatnya jelas
|
Lancar dalam penyampaian
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
3. Membuat gambar dekoratif
No
|
Nama
|
Ssesuai dengan jenis karya yg ditetapkan
|
Komposisi bentuk dan warnanya tepat
|
Selesai tepat waktu
|
Hasil kerjan- ya rapi
|
Skor
|
Predikat
|
1
|
Sultan Haykal
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
4
|
Sangat baik
|
2
|
Aisy Anindya
|
ü
|
ü
|
ü
|
-
|
3
|
Baik
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas III
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment