Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 6

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 21 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                            : V/ II
Tema 6                                        : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Cara Hidup Manusia, Hewan, dan                                                      Tumbuhan/ 6
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5.1 Menjelaskan secara lisan keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.
4.15 Merawat hewan peliharaan.
4.15.1 Menyebutkan hewan-hewan peliharaan.
4.15.2 Cara merawat hewan peliharaan.

b) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2  Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
3.2.2 Mendeskripsikan cara tumbuhan mendapatkan makanan
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan hasil praktik fotosintesa

c) PPKn
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4  Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1 Menunjukkan sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup.
4.6    Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.6.1 Menceritakan sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan.

d) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
3.3.1 Menunjukkan perubahan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya dengan kondisi geografis lingkungannya.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3.1 Menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Hewan-hewan peliharaan.
2.       Lisan keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.
3.       Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
4.       Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
5.       Sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan
6.       Perubahan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya dengan kondisi geografis lingkungannya
7.       Laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cara Hidup Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca saksama contoh ilustrasi orang yang tinggal dilingkungan geografis pantai dengan mata pencaharian penduduk di sekitar pantai.
o   Siswa kemudian mencari informasi tentang kondisi geografis lingkungan pantai serta dengan mata pencaharian penduduk di sekitarnya dari berbagai sumber seperti, koran, majalah, internet maupun sumber lain.
o   Siswa menuliskan berbagai macam variasi mata pencaharian yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar pantai selain nelayan, petani tambak, atau pengrajin perahu.
o   Siswa menuliskan hasil temuan mereka di daftar tulis yang telah disediakan.
o   Siswa mengamati kondisi sekitar tempat mereka tinggal
o   Siswa melakukan riset sederhana dengan tujuan mencari tahu potensi alam, mata pencaharian mayoritas penduduk dan kondisi khusus lain yang dapat mereka temukan.
o   Siswa membuat kesimpulan tentang keterkaitan antara fakor kondisi lingkungan sekitar dengan mata pencaharian mayoritas penduduknya.
o   Siswa mencatat hasil temuan riset sederhana mereka beserta kesimpulannnya di lembar yang telah disediakan.
Gunakan Rubrik Riset Sederhana untuk mengukur ketercapaian siswa dalam kompetensi ini
o   Siswa membaca secara saksama sebuah teks bacaan Nilai sebuah Kerja Keras.
o   Siswa menganalisa teks bacaan dengan cermat serta mencatat informasi penting dan ide utama yang terdapat pada tiap paragraf.
o   Siswa mencari tahu tentang kaitan antara sikap kerja keras seseorang dengan keberhasilan yang akan mereka raih.
o   Siswa juga mencari sikap penting lain yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar sukses dalam pergaulan positif dan sukses di masa depan.
o   Siswa dapat mencari informasi yang mereka butuhkan dari teks bacaan maupun dari pengalaman dan contoh sehari-hari.
o   Siswa menuliskan analisa mereka di kolom yang telah disediakan.
o   Siswa memperhatikan dengan saksama gambar-gambar hewan-hewan yang ada.
o   Siswa menganalisa gambar dan memberi tanda ceklis () pada tiap gambar hewan yang dapat dijadikan hewan peliharaan.
o   Siswa mencari tahu tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk merawat hewan-hewan peliharaan mereka berdasarkan pengalaman mereka atau berdasarkan kegiatan mencari tahu dengan mereka yang berpengalaman dalam memelihara hewan.
o   Siswa menuliskan kesimpulan mereka di kolom yang disediakan.
Gunakan rubrik Riset Sederhana dan membuat kesimpulan untuk mengukur ketercapaian siswa dalam kompetensi ini.

o   Siswa menentukan salah satu jenis hewan yang ingin atau sedang mereka rawat sebagai hewan peliharaan.
o   Siswa menggambar ilustrasi hewan tersebut dengan memperhatikan proporsi dan komposisi dalam gambar.
o   Siswa juga mewarnai dan mempercantik hasil gambar mereka.
Gunakan rubrik menggambar ilustrasi untuk mengukur ketercapaian siswa dalam kompetensi ini.

KEGIATAN PENGAYAAN
MEMBUAT BUKU HARIAN: Pengalaman dan kerja kerasku
·         Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami arti kerja keras dan merefleksikan apa yang mereka lakukan dengan merumuskan nilai positif dan nilai kerja keras yang sudah mereka lakukan.

Langkah Kegiatan:
o   Siswa mengerjakan proyek menulis buku harian secara perorangan.
o   Siswa merefresh pengalamamn mereka dalam melakukan tugas mereka.
o   Siswa membuat kerangka karangan kemudian menuliskan detail pengalamannya ke dalam tulisan.
o   Siswa dapat menentukan bahasa yang efektif dan persuasif untuk poster mereka.
o   Siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang nilai sebuah kerja keras.
o   Siswa dapat mendengarkan instruksi dan kerangka petunjuk kegiatan yang telah diberikan.
o   Siswa dapat menulis buku harian secara lengkap, dengan memperhatikan konten dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

a.      Rubrik Membuat Gambar Ilustrasi Berdasarkan tema (Pohon Kelapa, bagian dan fungsinya)

Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam berimajinasi dan merancang gambar ilustrasi serta pengetahuan tentang gambar
         Keterampilan dalam menggambar ilustrasi dengan memperhatikan proporsi dan komposisi
         Sikap kreatif ketika menggambar ilustrasi dengan memperhatikan proporsi dan komposisi
 
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Proses sketsa
gambar ilustrasi
Sketsa dibuat
dengan cara
mandiri
Sketsa dibuat
dengan cara
memodifokasi
Sketsa dibuat
dengan cara
meniru
Sketsa dibuat
dengan cara
menjipak
Kesesuaian
Tema
Gambar ilustrasi
dibuat sangat
sesuai dengan
tema

Gambar ilustrasi
dibuat sesuai
dengan tema
Gambar
ilustrasi dibuat
dengan cukup
meperhatikan
kesesuaian
Gambar
ilustrasi dibuat
dengan tidak
meperhatikan
kesesuaian tema
Kreativitas
Gambar ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas yang
sangat tinggi
Gambar ilustrasi
dikembangkan
dengan kreativitas
yang baik
Gambar ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas yang
sangat tinggi
Masih perlu
belajar
mengembangkan
kreativitas dalam
membuat gambar
ilustrasi
Teknik
Membuat gambar
ilustrasi dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yang sangat
baik dengan
memperhatikan
komposisi dan
proporsi bentuk
dan warna yang
sangat baik
Membuat gambar
ilustrasi dengan
memperhatikan
teknik menggambar
yang baik dengan
memperhatikan
komposisi dan
proporsi bentuk dan
warna yang baik
Membuat
gambar
ilustrasi dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yangcukup
baik dengan
memperhatikan
komposisi dan
proporsi bentuk
dan warna yang
cukup baik
Masih perlu
meningkatkan
kemampuan
teknik
menggambar
yang baik dengan
memperhatikan
komposisi dan
proporsi bentuk
dan warna yang
baik
Pengetahuan
Siswa dapat
menyebutkan
bagian-bagian
gambar serta
menjelaskan
fungsi-fungsi
bagiannya
dengan sangat
tepat dan sangat
lengkap
Siswa dapat
menyebutkan
bagian-bagian
gambar serta
menjelaskan
fungsi-fungsi
bagiannya dengan
lengkap
Siswa dapat
menyebutkan
bagian-bagian
gambar dengan
tepat namun
masih perlu
menjelaskan
fungsi-fungsi
bagiannya
dengan lengkap
dan tepat
Siswa measih
memerlukan
bimbingan
untuk dapat
menyebutkan
bagian-bagian
gambar dengan
tepat serta
menjelaskan
fungsi-fungsi
bagiannya
dengan lengkap

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 20

Nilai    =

b.      Rubrik Jawaban Pertanyaan Esai
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam menjawab pertanyaan esai yang diberikan
         Keterampilan dalam mencari informasi yang diperlukan dari teks bacaan yang mereka
         baca
         Sikap cermat dan teliti ketika mencari informasi yang diperlukan

Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi jawaban
esai dengan
sempuna
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi dalam
hampir semua
jawaban esai
dengan benar
Siswa hanya
menunjukkan
beberapa
pemahaman
materi dalam
tulisan jawaban
esai
Siswa menunjukkan
sedikit pemahaman
materi pada jawaban
esai
Siswa mampu
memberikan
alasan dan
jawaban yang
tepat pada
jawaban esai
Siswa mampu
memberikan
alasan dan
jawaban yang
tepat di hampir
dpada semua
jawaban esai
Siswa hanya
mampu
memberikan
beberapa alasan
dan jawaban
yang tepat pada
jawaban esai
Siswa hanya mampu
memberikan sedikit
alasan dan jawaban
yang tepat pada
jawabn esai
Kemandirian
& Manajemen
Waktu
(attitude)
Sangat mandiri
mengerjakan
tugas bahkan
selesai sebelum
waktunya.
Mandiri mengerjakan
tugas dan
selesai tepat
waktu
Masih perlu diingatkan
sesekali
untuk menyelesaikan
tugas
Tidak menyelesaikan
tugas tepat pada waktunya
Penggunaan
Bahasa
Menggunakan
kosa kata bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
Terdapat satu atau
dua kesalahan
dalam pengggunaan
kosa kata
bahasa Indonesia
yang baikdan
benar
Terdapat tiga
atau empat kesalahan
dalampengggunaan
kosa kata bahasa
Indonesia
yang baik dan
benar
Terdapat lebih dari
lima kesalahandalampengggunaan
kosa
kata bahasa Indonesia
yang baik dan benar

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Rubrik Membuat Kesimpulan
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam memahami teks bacaan
         Keterampilan dalam membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan
         Sikap cermat dan teliti dalam menyimpulkan bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pemahaman
bacaan
Siswa dapat
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
sangat baik,
dan dapat
memberikan
informasi
singkat yang
sangat lengkap
Siswa dapat
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
baik, dan dapat
memberikan
informasi singkat
yang lengkap
Siswa dapat
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
cukup baik,
dan dapat
memberikan
informasi singkat
yang cukup
lengkap
Siswa masih
perlu membaca
lebih saksama
dan memahami
keseluruhan bacaan dengan baik, serta perlu meningkatkan
kemampuan untuk dapat memberikan
informasi singkat yang lengkap
Pengetahuan
Siswa mampu
menuliskan
pemahaman
materi dan
informasi
penting dalam
Kesimpulan
dengan sangat
lengkap
Siswa mampu
menuliskan
pemahaman
materi dan
informasi penting
dalam tulisan
kesimpulan
dengan lengkap
Siswa hanya
mampu
menuliskan
beberapa
pemahaman
materi dan
informasi
penting dalam
kesimpulan
dengan cukup
lengkap
Siswa hanya mampu
menuliskan sedikit
pemahaman
materi pada tulisan kesimpulan dan masih harus melengkapi
denagn informasi
yang penting dalam kesimpulan mereka
Penggunaan
Bahasa dan
EYD
Menggunakan
kosa kata bahasa
Indonesia
dan ejaan yang
disempurnakan
dengan baik dan
benar
Terdapat satu
atau dua  esalahan
dalam pengggunaan
kosa kata bahasa
Indonesia dan
menggunakan
ejaan yang disempurnakan
dengan baik dan
benar
Terdapat tiga
atau empat kesalahandalampengggunaankosa
kata bahasa
Indonesia dan
ejaan yang disempurnakan
Terdapat lebih dari lima kesalahan dalam
pengunaan kosa kata bahasa Indonesia dan
ejaaan yang disempurnakan
sehingga
mempengaruhi kualitas ringkasan.
Pengembangan
paragraf
Penulisan
paragraf sangat
sesuai dengan
ide pokok dalam
paragraf dan
dikembangkan
dengan sangat
baik
Penulisan
paragraf sesuai
dengan ide
pokok dalam
paragraf dan
dikembangkan
dengan baik
Penulisan
paragraf cukup
sesuai dengan
ide pokok dalam
paragraf dan
dikembangkan
dengan cukup
baik
Penulisan paragraf
tidk cukup sesuai
dengan ide pokok
dalam paragraf dan
belum dikembangkan
dengan cukup baik sehingga ringkasan
belum cukup
dimengerti

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =


F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar berbagai tumbuhan, gambar berbagai benda berbentuk                              balok
Alat/Bahan        :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang.


Mengetahui,                                                                            Sigli, ……,……………...2016
Kepala SD N 7 Sigli                                                               Guru Kelas V,



( Nurmalawati, S.Pd )                                                           ( Jusmaini, S.Pd )
NIP. 19710303 200212 2 001                                               NIP. 19711107 199411 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


1.     Sejauh mana ‘kerja keras’ berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang? Coba cari tahulah. Tuliskan hasil pencarianmu pada kolom berikut!
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………


2.     Selain kerja keras, sikap apakah yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita diterima dalam pergaulan dan sukses di masa depan? Coba cari tahu, lalu tuliskan hasil pencarianmu pada kolom berikut!
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………

MEDIA

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 6

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 6

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors