RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Cara Hidup Manusia,
Hewan, dan Tumbuhan/ 6
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman
karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, jawab
dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.5 Memahami
unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa
daerah.
3.5.1 Menjelaskan
secara lisan keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.
4.15 Merawat hewan
peliharaan.
4.15.1 Menyebutkan
hewan-hewan peliharaan.
4.15.2 Cara merawat hewan peliharaan.
b) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa
atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam
sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan
disiplin tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan),
dan fungsiya, serta
sistem pernapasan melalui pemanfaatan
bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya,
serta sistem pernapasan dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
3.2.1 Mengidentifikasi
bagian-bagian tumbuhan
dan fungsinya.
3.2.2 Mendeskripsikan
cara tumbuhan mendapatkan
makanan
4.2 Menyampaikan teks
penjelasan tentang proses daur
air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan)
dan fungsinya, serta
sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan
hasil praktik fotosintesa
c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat
dan berbangsa
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia
dalam kehidupan di rumah, sekolah,
dan masyarakat
3.6 Memahami
perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1 Menunjukkan
sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika
saling memenuhi keperluan hidup antar
daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.6.1 Menceritakan
sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan.
d) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala
perubahannya
2.3 Menunjukkan perilaku peduli,
gotongroyong, tanggungjawab
dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan
lingkungan hidup.
3.3 Memahami
manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis
di wilayah Indonesia.
3.3.1 Menunjukkan
perubahan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya dengan kondisi
geografis lingkungannya.
4.3 Menyajikan
pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3.1 Menyusun sebuah
laporan tertulis tentang aktivitas manusia yang
menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Hewan-hewan peliharaan.
2. Lisan keunikan karya seni/kerajinan
daerah dalam bahasa daerah
setempat.
3. Bagian-bagian tumbuhan
dan fungsinya.
4. Teks penjelasan tentang proses daur
air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
5. Sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam
kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan
6. Perubahan perubahan perilaku manusia
dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya dengan
kondisi geografis lingkungannya
7. Laporan tertulis tentang aktivitas manusia
yang menunjukkan adanya keterikatan dengan
kondisi geografis di lingkungannya
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cara Hidup
Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca saksama contoh ilustrasi orang yang tinggal dilingkungan geografis pantai
dengan mata pencaharian
penduduk di sekitar pantai.
o
Siswa kemudian mencari informasi tentang kondisi geografis lingkungan pantai serta dengan
mata pencaharian penduduk di sekitarnya dari
berbagai sumber seperti,
koran, majalah, internet maupun sumber lain.
o
Siswa menuliskan berbagai macam variasi mata pencaharian yang bisa ditemukan di
lingkungan sekitar pantai
selain nelayan, petani tambak, atau pengrajin perahu.
o
Siswa menuliskan hasil temuan mereka di daftar tulis yang telah disediakan.
o
Siswa mengamati kondisi sekitar tempat mereka
tinggal
o
Siswa melakukan riset sederhana dengan tujuan mencari tahu potensi alam, mata pencaharian mayoritas penduduk dan kondisi khusus lain
yang dapat mereka temukan.
o
Siswa membuat kesimpulan tentang keterkaitan antara fakor kondisi lingkungan sekitar
dengan mata pencaharian
mayoritas penduduknya.
o
Siswa mencatat hasil temuan riset sederhana mereka beserta kesimpulannnya di lembar
yang telah disediakan.
Gunakan Rubrik
Riset Sederhana untuk mengukur ketercapaian
siswa dalam kompetensi ini
o
Siswa membaca secara saksama sebuah teks bacaan Nilai sebuah Kerja Keras.
o
Siswa menganalisa teks bacaan dengan cermat serta mencatat informasi penting dan ide utama
yang terdapat pada tiap paragraf.
o
Siswa mencari tahu tentang kaitan antara sikap kerja keras seseorang dengan keberhasilan yang
akan mereka raih.
o
Siswa juga mencari sikap penting lain yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari
agar sukses dalam pergaulan positif dan sukses
di masa depan.
o
Siswa dapat mencari informasi yang mereka butuhkan dari teks bacaan maupun dari pengalaman dan
contoh sehari-hari.
o
Siswa menuliskan analisa mereka di kolom yang telah disediakan.
o
Siswa memperhatikan dengan saksama gambar-gambar
hewan-hewan yang ada.
o
Siswa menganalisa gambar dan memberi tanda ceklis (√) pada tiap gambar hewan yang dapat
dijadikan hewan peliharaan.
o
Siswa mencari tahu tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk merawat hewan-hewan
peliharaan mereka berdasarkan pengalaman
mereka atau berdasarkan
kegiatan mencari tahu dengan mereka yang berpengalaman dalam memelihara hewan.
o
Siswa menuliskan kesimpulan mereka di kolom yang disediakan.
Gunakan rubrik Riset Sederhana dan membuat
kesimpulan untuk mengukur ketercapaian siswa dalam kompetensi ini.
o
Siswa menentukan salah satu jenis hewan yang ingin atau sedang mereka rawat sebagai hewan
peliharaan.
o
Siswa menggambar ilustrasi hewan tersebut dengan memperhatikan proporsi dan komposisi dalam
gambar.
o
Siswa juga mewarnai dan mempercantik hasil gambar mereka.
Gunakan rubrik menggambar ilustrasi untuk mengukur ketercapaian siswa dalam
kompetensi ini.
KEGIATAN
PENGAYAAN
MEMBUAT
BUKU HARIAN: Pengalaman dan kerja kerasku
·
Kegiatan
ini bertujuan untuk membantu siswa memahami arti kerja keras dan merefleksikan
apa yang mereka lakukan dengan merumuskan nilai positif dan nilai
kerja keras yang sudah mereka lakukan.
Langkah
Kegiatan:
o
Siswa
mengerjakan proyek menulis buku harian secara perorangan.
o
Siswa
merefresh pengalamamn mereka dalam melakukan tugas mereka.
o
Siswa
membuat kerangka karangan kemudian menuliskan detail pengalamannya ke
dalam tulisan.
o
Siswa
dapat menentukan bahasa yang efektif dan persuasif untuk poster mereka.
o
Siswa
menunjukkan pemahaman yang baik tentang nilai sebuah kerja keras.
o
Siswa
dapat mendengarkan instruksi dan kerangka petunjuk kegiatan yang telah
diberikan.
o
Siswa
dapat menulis buku harian secara lengkap, dengan memperhatikan konten
dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1.
Bersama-sama
dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4.
Menyampaikan
pesan moral/belajar.
5.
Menutup
dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam berimajinasi dan merancang gambar ilustrasi
serta pengetahuan
tentang gambar
•
Keterampilan dalam menggambar ilustrasi dengan memperhatikan proporsi
dan komposisi
•
Sikap kreatif ketika menggambar ilustrasi dengan memperhatikan proporsi
dan komposisi
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Proses
sketsa
gambar ilustrasi
|
Sketsa
dibuat
dengan
cara
mandiri
|
Sketsa
dibuat
dengan
cara
memodifokasi
|
Sketsa
dibuat
dengan
cara
meniru
|
Sketsa
dibuat
dengan cara
menjipak
|
Kesesuaian
Tema
|
Gambar
ilustrasi
dibuat
sangat
sesuai
dengan
tema
|
Gambar
ilustrasi
dibuat
sesuai
dengan tema
|
Gambar
ilustrasi
dibuat
dengan
cukup
meperhatikan
kesesuaian
|
Gambar
ilustrasi
dibuat
dengan
tidak
meperhatikan
kesesuaian tema
|
Kreativitas
|
Gambar
ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas
yang
sangat tinggi
|
Gambar
ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas
yang baik
|
Gambar
ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas
yang
sangat
tinggi
|
Masih
perlu
belajar
mengembangkan
kreativitas
dalam
membuat
gambar
ilustrasi
|
Teknik
|
Membuat
gambar
ilustrasi
dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yang
sangat
baik
dengan
memperhatikan
komposisi
dan
proporsi
bentuk
dan warna
yang
sangat
baik
|
Membuat
gambar
ilustrasi
dengan
memperhatikan
teknik menggambar
yang baik
dengan
memperhatikan
komposisi
dan
proporsi
bentuk dan
warna
yang baik
|
Membuat
gambar
ilustrasi
dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yangcukup
baik
dengan
memperhatikan
komposisi
dan
proporsi
bentuk
dan warna
yang
cukup
baik
|
Masih perlu
meningkatkan
kemampuan
teknik
menggambar
yang baik
dengan
memperhatikan
komposisi
dan
proporsi
bentuk
dan warna
yang
baik
|
Pengetahuan
|
Siswa
dapat
menyebutkan
bagian-bagian
gambar
serta
menjelaskan
fungsi-fungsi
bagiannya
dengan
sangat
tepat dan
sangat
lengkap
|
Siswa
dapat
menyebutkan
bagian-bagian
gambar
serta
menjelaskan
fungsi-fungsi
bagiannya
dengan
lengkap
|
Siswa
dapat
menyebutkan
bagian-bagian
gambar
dengan
tepat
namun
masih
perlu
menjelaskan
fungsi-fungsi
bagiannya
dengan
lengkap
dan tepat
|
Siswa measih
memerlukan
bimbingan
untuk
dapat
menyebutkan
bagian-bagian
gambar
dengan
tepat
serta
menjelaskan
fungsi-fungsi
bagiannya
dengan
lengkap
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 20
Nilai =
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam menjawab pertanyaan esai yang diberikan
•
Keterampilan dalam mencari informasi yang diperlukan dari teks bacaan
yang mereka
•
baca
•
Sikap cermat dan
teliti ketika mencari informasi yang diperlukan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
jawaban
esai
dengan
sempuna
|
Siswa
menunjukkan
pemahaman
materi
dalam
hampir
semua
jawaban
esai
dengan
benar
|
Siswa
hanya
menunjukkan
beberapa
pemahaman
materi
dalam
tulisan
jawaban
esai
|
Siswa
menunjukkan
sedikit
pemahaman
materi
pada jawaban
esai
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
dan
jawaban yang
tepat
pada
jawaban esai
|
Siswa
mampu
memberikan
alasan
dan
jawaban
yang
tepat di
hampir
dpada
semua
jawaban esai
|
Siswa
hanya
mampu
memberikan
beberapa
alasan
dan
jawaban
yang
tepat pada
jawaban esai
|
Siswa
hanya mampu
memberikan
sedikit
alasan
dan jawaban
yang
tepat pada
jawabn esai
|
|
Kemandirian
&
Manajemen
Waktu
(attitude)
|
Sangat
mandiri
mengerjakan
tugas
bahkan
selesai
sebelum
waktunya.
|
Mandiri
mengerjakan
tugas dan
selesai
tepat
waktu
|
Masih
perlu diingatkan
sesekali
untuk
menyelesaikan
tugas
|
Tidak
menyelesaikan
tugas tepat pada waktunya
|
Penggunaan
Bahasa
|
Menggunakan
kosa kata
bahasa
Indonesia
yang
baik dan benar
|
Terdapat
satu atau
dua
kesalahan
dalam
pengggunaan
kosa kata
bahasa
Indonesia
yang
baikdan
benar
|
Terdapat
tiga
atau
empat kesalahan
dalampengggunaan
kosa kata
bahasa
Indonesia
yang baik
dan
benar
|
Terdapat
lebih dari
lima
kesalahandalampengggunaan
kosa
kata
bahasa Indonesia
yang baik dan benar
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik
Membuat Kesimpulan
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam memahami teks bacaan
•
Keterampilan dalam membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan
•
Sikap cermat dan
teliti dalam menyimpulkan bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pemahaman
bacaan
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
sangat
baik,
dan dapat
memberikan
informasi
singkat
yang
sangat lengkap
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
baik, dan
dapat
memberikan
informasi
singkat
yang
lengkap
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
cukup
baik,
dan dapat
memberikan
informasi
singkat
yang
cukup
lengkap
|
Siswa
masih
perlu
membaca
lebih saksama
dan
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
baik, serta perlu
meningkatkan
kemampuan
untuk dapat
memberikan
informasi
singkat yang lengkap
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu
menuliskan
pemahaman
materi
dan
informasi
penting
dalam
Kesimpulan
dengan
sangat
lengkap
|
Siswa
mampu
menuliskan
pemahaman
materi
dan
informasi
penting
dalam
tulisan
kesimpulan
dengan
lengkap
|
Siswa
hanya
mampu
menuliskan
beberapa
pemahaman
materi
dan
informasi
penting
dalam
kesimpulan
dengan
cukup
lengkap
|
Siswa
hanya mampu
menuliskan
sedikit
pemahaman
materi
pada tulisan kesimpulan
dan masih harus
melengkapi
denagn
informasi
yang
penting dalam kesimpulan
mereka
|
Penggunaan
Bahasa
dan
EYD
|
Menggunakan
kosa kata
bahasa
Indonesia
dan ejaan
yang
disempurnakan
dengan
baik dan
benar
|
Terdapat
satu
atau dua esalahan
dalam pengggunaan
kosa kata
bahasa
Indonesia
dan
menggunakan
ejaan
yang disempurnakan
dengan
baik dan
benar
|
Terdapat
tiga
atau
empat kesalahandalampengggunaankosa
kata
bahasa
Indonesia
dan
ejaan
yang disempurnakan
|
Terdapat lebih dari lima kesalahan
dalam
pengunaan
kosa kata bahasa
Indonesia dan
ejaaan
yang disempurnakan
sehingga
mempengaruhi
kualitas ringkasan.
|
Pengembangan
paragraf
|
Penulisan
paragraf
sangat
sesuai
dengan
ide pokok
dalam
paragraf
dan
dikembangkan
dengan
sangat
baik
|
Penulisan
paragraf
sesuai
dengan
ide
pokok
dalam
paragraf
dan
dikembangkan
dengan
baik
|
Penulisan
paragraf
cukup
sesuai
dengan
ide pokok
dalam
paragraf
dan
dikembangkan
dengan
cukup
baik
|
Penulisan
paragraf
tidk
cukup sesuai
dengan
ide pokok
dalam
paragraf dan
belum
dikembangkan
dengan
cukup baik sehingga
ringkasan
belum
cukup
dimengerti
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar berbagai
tumbuhan, gambar berbagai benda berbentuk balok
Alat/Bahan :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang.
Mengetahui, Sigli, ……,……………...2016
Kepala SD N 7 Sigli Guru Kelas V,
(
Nurmalawati,
S.Pd ) (
Jusmaini,
S.Pd )
NIP.
19710303
200212 2 001 NIP. 19711107
199411 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1.
Sejauh mana ‘kerja keras’ berpengaruh
terhadap kesuksesan seseorang? Coba cari tahulah. Tuliskan hasil pencarianmu
pada kolom berikut!
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
2.
Selain kerja keras, sikap apakah yang
perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita diterima dalam
pergaulan dan sukses di masa depan? Coba cari tahu, lalu tuliskan hasil
pencarianmu pada kolom berikut!
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment