Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 5

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 20 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                          : V/ II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 3/ Pembelajaran         : Cara Hidup Manusia, Hewan, dan                                                     Tumbuhan/ 5
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca teks tentang penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan manusia.
3.2.2 Mendeskripsikan tentang penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan pada manusia dan hewan.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis kesimpulan dari artikel yang dibaca mengenai penyakit pada organ tubuh manusia.

b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.5 Memahami unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah.
3.5 Menjelaskan secara lisan keunikan karya seni/kerajinan daerah dalam bahasa daerah setempat.
4.17 Menceritakan secara lisan dan tulisan unsur-unsur budaya daerah menggunakan bahasa daerah..
4.17.1 Bercerita mengenai karya kerajinanan daerah budaya secara lisan dengan bahasa daerah setempat.

c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2. 1Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingi tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mengenal sistem pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan
3.7.1 Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan beberapa hewan.
3.7.2  Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia.
3.7.3 Menjelaskan beberapa penyakit alat pernapasan.
4.7 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.1 Menyimpulkan hasil laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.2 Membuat laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
.
d) PJOK
1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya anugrah Tuhan.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam sarana dan prasarana pembelajaran
3.6  Memahami konsep kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat.
3.6.1 Mencari tahu kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat (lompat tali).
4.6    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat.
4.6.1 Melakukan pola gerak dominan dinamis menggunakan alat (melakukan permainan lompat tali).

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Teks tentang penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan manusia.
  2. Tentang penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan pada manusia dan hewan.
  3. Unsur-unsur budaya daera
  4. Karya kerajinanan daerah budaya
  5. Alat pernapasan pada manusia dan beberapa hewan.
  6. Penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia
  7. Laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cara Hidup Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati gambar sebuah pohon kelapa serta menganalisa kegunaannya di kehidupan sehari-hari.
o   Siswa kemudian menggambar sebuah pohon kelapa kemudian menuliskan bagian-bagian penting dan fungsi-fungsi dari pohon kelapa dalam kehidupan sehari-hari
o   Dengan menggambar pohon kelapa, siswa mampu bercerita mengenai karya kerajinan dengan percaya diri
Guru menggunakan rubrik menggambar ilustrasi dan Menjelaskan bagian-bagian gambar serta fungsinya untuk mengukur ketercapaian siswa di kompetensi ini.

o   Siswa mengamati contoh gambar-gambar hasil kerajinan tradisional yang disediakan.
o   Siswa menuliskan nama kerajinan dari masingmasing benda kerajinan tersebut dengan nama asli dari daerah mereka masing-masing.
o   Siswa menjelaskan kegunaan dan dan keunikan dari masing-masing benda kerajianan tersebut
o   Siswa membaca secara saksama teks bacaan tentang Mengenal Penyakit ISPA.
o   Siswa menganalisa teks bacaan serta mencari informasi penting dari teks bacaan tesebut.
o   Siswa kemudiann menjawab pertanyaan esai yang telah diberikan tentang bacaan
o   Siswa mencari dan membaca secara cermat satu artikel tentang penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
o   Siswa kemuddian mencari informasi penting beserta kesimpulan dari artikel yang mereka baca.
o   Siswa menuliskan hasil laporan kegiatan mencari informasi dan menyimpukan artikel yang mereka baca di kolom yang telah disediakan
o   Siswa memperdalam pengetahuan mereka dengan membaca tentang organ pernapasan pada hewan dan gangguan pernapasan yang dapat terjadi pada hewan dari sumber media cetak maupun eleketronik
o   Siswa menuliskan hasil temuan data dan kesimpulan mereka dengan cermat dan teliti
o   Siswa memperhatikan gambar ilustrasi tentang kegiatan anak bermain lompat tali.
o   Siswa mengamati gambar serta menganalisa bagian tubuh yang mereka latih kekuatannya ketika bermain lompat tali.
o   Siswa juga mengingat pengalaman mereka ketika bermain lompat tali dan menceritakan bagian tubuh yang mereka latih kekuatannya dan apa efek/ manfaatnya bagi tubuh mereka
o   Siswa kemudian menuliskan kesimpulan dan pemahamanan mereka tentang melakukan pola gerak dominan menggunakan alat serta manfatnya bagi tubuh mereka.

KEGIATAN PENGAYAAN
MEMBUAT POSTER KAMPANYE KESEHATAN
·         Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami keadaan di sekitar lingkungan mereka berkaitan dengan berbagai informasi tentang organ-organ pernapasan manusia, penyakit pernapasan, dan hal-hal yang bisa atau jangan dilakuakn agar terhindar dari penyakit pernapasan dari berbagai sumbersumberi berita aktual. Siswa dilatih untuk memilih dan mengolah informasi yang diperlukan dari berbagai sumber yang tersedia untuk kemudian diolah ke dalam bentuk poster kampanye kesehatan dengan bahasa yang persuasif dan gambar-gambar yang menarik dan sesuai dengan tujuan kampanye.

Langkah Kegiatan:
o   Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 2 atau 3 orang.
o   Siswa mencari dan membaca artikel berita pendek di media cetak tentang info kesehatan, alat-alat pernapasan dan berbagai penyakitnya dan pencegahan ataupun pengobatan yang bisa dilakukan.
o   Siswa dalam kelompok memahami isi berita terlebih dulu dengan agar dapat merumuskan pesan kampanye dan informasi yang sesuai, tepat dan berguna untuk khalayak ramai.
o   Siswa menentukan isi poster atau butir-butir yang penting dari poster berita.
o   Siswa menambahkan gambar yang sesuai dan menarik untuk poster mereka Setelah kegiatan, Siswa akan melakukan “Gallery Walk” dengan melihat contoh-contoh poster kampanye kesehatan yang telah mereka tempelkan di dinding kelas. Kemudian siswa melakukan refleksi: apa yang mereka pelajari dan apa yang mereka rasakan pada saat melakukan kegiatan tersebut. Siswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan tersebut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
 
a.      Rubrik Membuat Kesimpulan

Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam memahami teks bacaan
         Keterampilan dalam membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan
         Sikap cermat dan teliti dalam menyimpulkan bacaan

Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pemahaman
bacaan
Siswa dapat
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
sangat baik,
dan dapat
memberikan
informasi singkat
yang sangat
lengkap
Siswa dapat
memahami
keseluruhan bacaan
dengan baik, dan
dapat memberikan
informasi singkat
yang lengkap
Siswa dapat
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
cukup baik,
dan dapat
memberikan
informasi singkat
yang cukup
lengkap
Siswa masih
perlu membaca
lebih saksama
dan memahami
keseluruhan bacaan dengan baik, serta perlu meningkatkan
kemampuan untuk dapat memberikan
informasi singkat yang lengkap
Pengetahuan
Siswa mampu
menuliskan
pemahaman
materi dan
informasi
penting dalam
Kesimpulan
dengan sangat
lengkap
Siswa mampu
menuliskan
pemahaman materi dan informasi
penting dalam
tulisan kesimpulan
dengan lengkap
Siswa hanya
mampu
menuliskan
beberapa
pemahaman
materi dan
informasi
penting dalam
kesimpulan
dengan cukup
lengkap
Siswa hanya mampu menuliskan sedikit pemahaman
materi pada tulisan kesimpulan dan masih harus melengkapi
denang informasi
yang penting dalam kesimpulan mereka

Penggunaan
Bahasa
dan
EYD
Menggunakan
kosa kata bahasa
Indonesia dan ejaan yang disempurnakan
dengan baik dan
benar
Terdapat satu atau
dua kesalahan
dalam pengggunaan
kosa kata bahasa Indonesia
dan menggunakan
ejaan yang disempurnakan
dengan baik dan benar
Terdapat tiga
atau empat kesalahan
dalam
pengggunaan
kosa kata bahasa
Indonesia dan
ejaan yang disempurnakan
Terdapat lebih dari lima kesalahan dalam pengunaan
kosa kata bahasa Indonesia dan ejaaan yang disempurnakan
sehingga mempengaruhi kualitas ringkasan.

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai   


b.      Rubrik Bercerita Alat Pernapasan Binatang
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang cara bernapas binatang yang ada disekitarnya
         Ketrampilan siswa dalam mengamati cara bernapas binatang yang ada disekitarnya
         Sikap keingintahuan siswa dalam mengamati cara bernapas binatang yang ada disekitarnya

Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang
cara bernapas
binatang yang ada di msekitarnya
baik danm menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
cara bernapas
binatang yang ada di sekitarnya
cukup baik
dan cukup
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
cara bernapas
binatang yang ada di sekitarnya
masih kurang
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
cara bernapas
binatang yang ada di sekitarnya
tidak menyeluruh
Keterampilan
pengamatan
Siswa menunjukkan
keterampilan
pengamatan
yang baik
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
yang cukup
baik
Siswa masih
kurang
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
Sikap keingintahuan
dalam                 
melakukan
pengamatan
Siswa menunjukkan
sikap       keingintahuan
yang tinggi
dalam melakukan
pengamatan
Siswa
menunjukkan
sikap keingintahuan
yang cukup
tinggi dalam
melakukan
pengamatan
Siswa kurang
menunjukkan
sikap
keingintahuan
dalam
melakukan
pengamatan
Siswa tidak
Terlihat menunjukkan
sikap
keingintahuan
dalam melakukan
pengamatan
Pengembangan
paragraf
Penulisan
paragraf sangat
sesuai dengan
ide pokok dalam
paragraf dan
dikembangkan
dengan sangat
baik
Penulisan paragraph sesuai dengan ide pokok dalam mparagraf dan dikembangkan
dengan baik
Penulisan
paragraf cukup
sesuai dengan
ide pokok dalam
paragraf dan
dikembangkan
dengan cukup
baik
Penulisan paragraf
tidk cukup sesuai
dengan ide pokok dalam paragraf dan
belum dikembangkan
dengan cukup baik sehingga ringkasan
belum cukup
dimengerti

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

c.         Rubrik Membuat Gambar Ilustrasi Berdasarkan tema
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam berimajinasi dan merancang gambar ilustrasi
         Keterampilan dalam menggambar ilustrasi dengan memperhatikan proporsi dan komposisi
         Sikap kreatif ketika menggambar ilustrasi dengan memperhatikan proporsi dan komposisi

Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Proses sketsa
gambar ilustrasi
Sketsa dibuat
dengan cara
mandiri
Sketsa dibuat
dengan cara
memodifokasi
Sketsa dibuat
dengan cara
meniru
Sketsa dibuat
dengan cara
menjipak
Kesesuaian
Tema
Gambar ilustrasi
dibuat sangat
sesuai dengan
tema
Gambar ilustrasi
dibuat sesuai
dengan tema
Gambar
ilustrasi dibuat
dengan cukup
meperhatikan
kesesuaian
Gambar
ilustrasi dibuat
dengan tidak
meperhatikan
kesesuaian tema
Kreativitas
Gambar ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas yang
sangat tinggi
Gambar ilustrasi
dikembangkan
dengan kreativitas
yang baik
Gambar ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas yang
sangat tinggi
Masih perlu
belajar
mengembangkan
kreativitas dalam
membuat gambar
ilustrasi
Teknik
Membuat gambar
ilustrasi dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yang sangat
baik dengan
memperhatikan
komposisi dan
proporsi bentuk
dan warna yang
sangat baik
Membuat gambar
ilustrasi dengan
memperhatikan
teknik menggambar
yang baik dengan
memperhatikan
komposisi dan
proporsi bentuk dan
warna yang baik
Membuat
gambar
ilustrasi dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yangcukup
baik dengan
memperhatikan
komposisi dan
proporsi bentuk
dan warna yang
cukup baik
Masih perlu
meningkatkan
kemampuan
teknik
menggambar
yang baik dengan
memperhatikan
komposisi dan
proporsi bentuk
dan warna yang
baik

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

d.        Rubrik Membuat Proyek Keterampilan 3D
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam berimajinasi dan merancang bentuk 3D
         Keterampilan dalam mengolah bentuk 3D dengan memperhatikan proporsi dan komposisi
         Sikap kreatif dalam mengolah bentuk 3D dengan mengolah dan memanfaatkan material/bahan yang ada.
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Tekhnik
(Pengetahuan)
dan Nilai
Keindahan
(Estetika)
Keseluruhan
desain
keterampilan
seni
menggunakan
teknik kerajinan,
prinsip
danpenggunaan
maaterial serta
nilai kesenian
dan keindahan
yang tinggi
Hampir
keseluruhan
desain
keterampilan
seni
menggunakan
teknik kerajinan,
prinsip
danpenggunaan
material serta
nilai kesenian
dan keindahan
yang baik
Beberapa bagian
pada desain
keterampilan
seni
menggunakan
teknik kerajinan,
prinsip
danpenggunaan
maaterial serta
nilai kesenian
dan keindahan
yang cukup baik
Hanya sedikit
bagian pada desain belum menunjukkan
keterampilan seni yang menggunakan
teknik kerajinan,
prinsip dan
penggunaan
maaterial yang baik serta masih harus meningkatkan
nilai kesenian dan keindahan dengan lebih baik lagi
Keteraturan dan
kekonstanan
bentuk sangat
baik sesuai
dengan proporsi
dan komposisi
desain yang
benar dan indah
Keteraturan dan
kekonstanan
bentuk baik
sesuai dengan
proporsi dan
komposisi desain
yang benar dan
indah
Keteraturan dan
kekonstanan
bentuk cukup
sesuai dengan
proporsi dan
komposisi desain
yang benar dan
indah
Keteraturan dan
kekonstanan bentuk
kurang sesuai
dengan proporsi dan komposisi desain yang benar dan indah
Kemandirian
dan
pengumpulan
tugas
Menunjukkan
kemandirian
penuh dalam
pengerjaan
tugas dan
mengumpulkan
tugas sebelum
waktu yang
ditentukan
Mandiri dalam
pengerjaan
tugas dan tepat
waktu dalam
mengumpulkan
tugas
Menunjukkan
kemandirian
namun belum
stabil dalam
sebagian
besar proses
dan terlambat
mengumpulkan
tugas
Belum menunjukkan
kemandirian dan
sangat terlambat
mengumpulkan
tugas
Keterampilan
Sangat terampil
dalam membuat
Ketrerampilan
kesenian yang
sesuai dengan
tema.
Terampil dalam
membuat
Ketrerampilan
kesenian yang
sesuai dengan
tema.
Cukup terampil
dalam membuat
Ketrerampilan
kesenian yang
sesuai dengan
tema.
Kurang terampil
dalam membuat
Ketrerampilan
kesenian yang
sesuai dengan
tema

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar pohon kelapa
Alat/Bahan        :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang.


Mengetahui,                                                                            Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli                                                               Guru Kelas V,



( Nurmalawati, S.Pd )                                                           ( Jusmaini, S.Pd )
NIP. 19710303 200212 2 001                                                            NIP. 19711107 199411 2 001



Lembar Kerja Siswa
(LKS)


1.     Tuliskan 3 organ utama dalam pernapasan manusia!
a.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

2.     Tuliskan 10 jenis penyakit/gangguan pernapasan manusia selain ISPA!
a.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
d.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
e.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
f.     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
g.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
h.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .


MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 5

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 5
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors