RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Cara Hidup Manusia,
Hewan, dan Tumbuhan/ 5
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa
atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam
sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya,
serta sistem pernapasan dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
3.2.1 Membaca
teks tentang penyakit yang mempengaruhi
sistem pernapasan manusia.
3.2.2 Mendeskripsikan
tentang penyakit yang mempengaruhi
sistem pernapasan pada
manusia dan hewan.
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur
air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menulis
kesimpulan dari artikel yang dibaca
mengenai penyakit pada organ tubuh
manusia.
b) SBdP
1.1 Menerima kekayaan dan keragaman karya
seni daerah sebagai anugerah Tuhan.
2.3 Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung
jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.5 Memahami
unsur-unsur budaya daerah dalam
bahasa daerah.
3.5 Menjelaskan
secara lisan keunikan karya seni/kerajinan
daerah dalam bahasa daerah
setempat.
4.17 Menceritakan
secara lisan dan tulisan
unsur-unsur budaya daerah menggunakan
bahasa daerah..
4.17.1 Bercerita
mengenai karya kerajinanan daerah
budaya secara lisan dengan bahasa
daerah setempat.
c) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang di anutnya.
2. 1Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa
ingi tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab,
terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mengenal sistem
pernapasan hewan dan manusia
serta penyakit yang berkaitan
dengan pernapasan
3.7.1 Mengidentifikasi
alat pernapasan pada manusia dan
beberapa hewan.
3.7.2 Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia.
3.7.3 Menjelaskan
beberapa penyakit alat pernapasan.
4.7 Menyajikan
laporan tentang jenis penyakit
yang berhubungan dengan gangguan
pada organ tubuh manusia.
4.7.1 Menyimpulkan
hasil laporan tentang jenis
penyakit yang berhubungan dengan
gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.2 Membuat
laporan tentang jenis penyakit yang
berhubungan dengan gangguan pada organ
tubuh manusia.
.
d) PJOK
1.1 Menghargai
tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar,
serta dalam sarana dan prasarana pembelajaran
3.6 Memahami
konsep kombinasi pola gerak dominan
statis dan dinamis (melompat, menggantung,
mengayun, meniti, mendarat) untuk
membentuk keterampilan/ teknik dasar senam
menggunakan alat.
3.6.1 Mencari
tahu kombinasi pola gerak dominan
statis dan dinamis (melompat, menggantung,
mengayun, meniti, mendarat) untuk
membentuk keterampilan/ teknik dasar senam
menggunakan alat (lompat tali).
4.6 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dominan
statis dan dinamis (melompat, menggantung,
mengayun, meniti, mendarat) untuk
membentuk keterampilan/ teknik dasar senam
menggunakan alat.
4.6.1 Melakukan
pola gerak dominan dinamis menggunakan
alat (melakukan permainan lompat
tali).
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Teks tentang penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan manusia.
- Tentang penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan pada manusia dan hewan.
- Unsur-unsur budaya daera
- Karya kerajinanan daerah budaya
- Alat pernapasan pada manusia dan beberapa hewan.
- Penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia
- Laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cara Hidup
Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa mengamati gambar sebuah pohon kelapa serta menganalisa kegunaannya di kehidupan
sehari-hari.
o
Siswa kemudian menggambar sebuah pohon kelapa kemudian menuliskan bagian-bagian penting
dan fungsi-fungsi dari pohon kelapa dalam
kehidupan sehari-hari
o
Dengan menggambar pohon kelapa, siswa mampu bercerita mengenai karya kerajinan dengan
percaya diri
Guru menggunakan rubrik menggambar ilustrasi dan
Menjelaskan bagian-bagian gambar serta fungsinya untuk mengukur
ketercapaian siswa di kompetensi ini.
o
Siswa mengamati contoh gambar-gambar hasil kerajinan tradisional yang disediakan.
o
Siswa menuliskan nama kerajinan dari masingmasing benda kerajinan tersebut dengan nama asli dari daerah mereka masing-masing.
o
Siswa menjelaskan kegunaan dan dan keunikan dari masing-masing benda kerajianan tersebut
o
Siswa membaca secara saksama teks bacaan tentang Mengenal Penyakit ISPA.
o
Siswa menganalisa teks bacaan serta mencari
informasi penting dari teks
bacaan tesebut.
o
Siswa kemudiann menjawab pertanyaan esai yang telah diberikan tentang bacaan
o
Siswa mencari dan membaca secara cermat satu artikel tentang penyakit yang berhubungan
dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
o
Siswa kemuddian mencari informasi penting beserta kesimpulan dari artikel yang mereka baca.
o
Siswa menuliskan hasil laporan kegiatan mencari informasi dan menyimpukan artikel yang
mereka baca di kolom yang telah disediakan
o
Siswa memperdalam pengetahuan mereka dengan membaca tentang organ pernapasan pada hewan dan gangguan pernapasan yang dapat terjadi
pada hewan dari sumber media cetak maupun
eleketronik
o
Siswa menuliskan hasil temuan data dan kesimpulan mereka dengan cermat dan teliti
o
Siswa memperhatikan gambar ilustrasi tentang kegiatan anak bermain lompat tali.
o
Siswa mengamati gambar serta menganalisa bagian tubuh yang mereka latih kekuatannya ketika
bermain lompat tali.
o
Siswa juga mengingat pengalaman mereka ketika bermain lompat tali dan menceritakan bagian
tubuh yang mereka latih kekuatannya dan apa efek/ manfaatnya bagi tubuh mereka
o
Siswa kemudian menuliskan kesimpulan dan pemahamanan mereka tentang melakukan pola gerak dominan menggunakan alat serta
manfatnya bagi tubuh mereka.
KEGIATAN
PENGAYAAN
MEMBUAT
POSTER KAMPANYE KESEHATAN
·
Kegiatan
ini bertujuan untuk membantu siswa memahami keadaan di sekitar lingkungan
mereka berkaitan dengan berbagai informasi tentang organ-organ pernapasan
manusia, penyakit pernapasan, dan hal-hal yang bisa atau jangan dilakuakn
agar terhindar dari penyakit pernapasan dari berbagai sumbersumberi berita
aktual. Siswa dilatih untuk memilih dan mengolah informasi yang
diperlukan dari berbagai sumber yang tersedia untuk kemudian diolah ke dalam
bentuk poster kampanye kesehatan dengan bahasa yang persuasif dan gambar-gambar
yang menarik dan sesuai dengan tujuan kampanye.
Langkah
Kegiatan:
o
Siswa
dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 2 atau 3 orang.
o
Siswa
mencari dan membaca artikel berita pendek di media cetak tentang info kesehatan,
alat-alat pernapasan dan berbagai penyakitnya dan pencegahan ataupun
pengobatan yang bisa dilakukan.
o
Siswa
dalam kelompok memahami isi berita terlebih dulu dengan agar dapat merumuskan
pesan kampanye dan informasi yang sesuai, tepat dan berguna untuk
khalayak ramai.
o
Siswa
menentukan isi poster atau butir-butir yang penting dari poster berita.
o
Siswa
menambahkan gambar yang sesuai dan menarik untuk poster mereka Setelah
kegiatan, Siswa akan melakukan “Gallery Walk” dengan melihat contoh-contoh
poster kampanye kesehatan yang telah mereka tempelkan di dinding
kelas. Kemudian siswa melakukan refleksi: apa yang mereka pelajari dan
apa yang mereka rasakan pada saat melakukan kegiatan tersebut. Siswa juga
diberikan kesempatan untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan tersebut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
a. Rubrik Membuat Kesimpulan
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam memahami teks bacaan
•
Keterampilan dalam membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan
•
Sikap cermat dan
teliti dalam menyimpulkan bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pemahaman
bacaan
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
sangat
baik,
dan dapat
memberikan
informasi
singkat
yang
sangat
lengkap
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
baik, dan
dapat
memberikan
informasi
singkat
yang
lengkap
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
cukup
baik,
dan dapat
memberikan
informasi
singkat
yang
cukup
lengkap
|
Siswa
masih
perlu
membaca
lebih
saksama
dan
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
baik, serta perlu
meningkatkan
kemampuan
untuk dapat
memberikan
informasi
singkat yang lengkap
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu
menuliskan
pemahaman
materi dan
informasi
penting
dalam
Kesimpulan
dengan
sangat
lengkap
|
Siswa
mampu
menuliskan
pemahaman
materi dan
informasi
penting
dalam
tulisan kesimpulan
dengan lengkap
|
Siswa
hanya
mampu
menuliskan
beberapa
pemahaman
materi
dan
informasi
penting
dalam
kesimpulan
dengan
cukup
lengkap
|
Siswa
hanya mampu menuliskan
sedikit pemahaman
materi
pada tulisan kesimpulan
dan masih harus
melengkapi
denang
informasi
yang
penting dalam kesimpulan
mereka
|
Penggunaan
Bahasa
dan
EYD
|
Menggunakan
kosa kata
bahasa
Indonesia dan ejaan yang disempurnakan
dengan
baik dan
benar
|
Terdapat
satu atau
dua
kesalahan
dalam pengggunaan
kosa kata bahasa Indonesia
dan
menggunakan
ejaan
yang disempurnakan
dengan baik dan benar
|
Terdapat
tiga
atau
empat kesalahan
dalam
pengggunaan
kosa kata
bahasa
Indonesia
dan
ejaan
yang disempurnakan
|
Terdapat
lebih dari lima kesalahan dalam pengunaan
kosa kata bahasa Indonesia
dan ejaaan
yang disempurnakan
sehingga mempengaruhi
kualitas ringkasan.
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
b. Rubrik
Bercerita Alat Pernapasan Binatang
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang cara bernapas binatang yang ada disekitarnya
•
Ketrampilan siswa dalam mengamati cara bernapas binatang yang ada
disekitarnya
•
Sikap keingintahuan siswa dalam mengamati cara bernapas binatang yang
ada disekitarnya
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
bernapas
binatang yang ada di msekitarnya
baik danm menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
bernapas
binatang yang ada di sekitarnya
cukup
baik
dan cukup
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
bernapas
binatang yang ada di sekitarnya
masih
kurang
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
bernapas
binatang yang ada di sekitarnya
tidak menyeluruh
|
Keterampilan
pengamatan
|
Siswa menunjukkan
keterampilan
pengamatan
yang baik
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
yang
cukup
baik
|
Siswa
masih
kurang
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
|
Siswa
tidak
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
|
Sikap
keingintahuan
dalam
melakukan
pengamatan
|
Siswa menunjukkan
sikap keingintahuan
yang
tinggi
dalam melakukan
pengamatan
|
Siswa
menunjukkan
sikap keingintahuan
yang
cukup
tinggi
dalam
melakukan
pengamatan
|
Siswa
kurang
menunjukkan
sikap
keingintahuan
dalam
melakukan
pengamatan
|
Siswa
tidak
Terlihat menunjukkan
sikap
keingintahuan
dalam melakukan
pengamatan
|
Pengembangan
paragraf
|
Penulisan
paragraf
sangat
sesuai
dengan
ide pokok
dalam
paragraf
dan
dikembangkan
dengan
sangat
baik
|
Penulisan
paragraph sesuai
dengan ide pokok
dalam mparagraf
dan dikembangkan
dengan
baik
|
Penulisan
paragraf
cukup
sesuai
dengan
ide pokok
dalam
paragraf
dan
dikembangkan
dengan
cukup
baik
|
Penulisan
paragraf
tidk
cukup sesuai
dengan
ide pokok dalam
paragraf dan
belum dikembangkan
dengan
cukup baik sehingga
ringkasan
belum
cukup
dimengerti
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
c.
Rubrik Membuat Gambar Ilustrasi
Berdasarkan tema
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam berimajinasi dan merancang gambar ilustrasi
•
Keterampilan dalam menggambar ilustrasi dengan memperhatikan proporsi
dan komposisi
•
Sikap kreatif ketika menggambar ilustrasi dengan memperhatikan proporsi
dan komposisi
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Proses
sketsa
gambar ilustrasi
|
Sketsa
dibuat
dengan
cara
mandiri
|
Sketsa
dibuat
dengan
cara
memodifokasi
|
Sketsa
dibuat
dengan
cara
meniru
|
Sketsa
dibuat
dengan
cara
menjipak
|
Kesesuaian
Tema
|
Gambar
ilustrasi
dibuat
sangat
sesuai dengan
tema
|
Gambar
ilustrasi
dibuat
sesuai
dengan tema
|
Gambar
ilustrasi
dibuat
dengan
cukup
meperhatikan
kesesuaian
|
Gambar
ilustrasi
dibuat
dengan
tidak
meperhatikan
kesesuaian tema
|
Kreativitas
|
Gambar
ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas
yang
sangat tinggi
|
Gambar
ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas
yang baik
|
Gambar
ilustrasi
dikembangkan
dengan
kreativitas
yang
sangat
tinggi
|
Masih
perlu
belajar
mengembangkan
kreativitas
dalam
membuat
gambar
ilustrasi
|
Teknik
|
Membuat
gambar
ilustrasi
dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yang
sangat
baik
dengan
memperhatikan
komposisi
dan
proporsi
bentuk
dan warna
yang
sangat
baik
|
Membuat
gambar
ilustrasi
dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yang baik
dengan
memperhatikan
komposisi
dan
proporsi
bentuk dan
warna
yang baik
|
Membuat
gambar
ilustrasi
dengan
memperhatikan
teknik
menggambar
yangcukup
baik
dengan
memperhatikan
komposisi
dan
proporsi
bentuk
dan warna
yang
cukup
baik
|
Masih
perlu
meningkatkan
kemampuan
teknik
menggambar
yang baik
dengan
memperhatikan
komposisi
dan
proporsi
bentuk
dan warna
yang
baik
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
d.
Rubrik Membuat Proyek Keterampilan 3D
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam berimajinasi dan merancang bentuk 3D
•
Keterampilan dalam mengolah bentuk 3D dengan memperhatikan proporsi dan komposisi
•
Sikap kreatif dalam mengolah bentuk 3D dengan mengolah dan memanfaatkan material/bahan yang
ada.
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Tekhnik
(Pengetahuan)
dan Nilai
Keindahan
(Estetika)
|
Keseluruhan
desain
keterampilan
seni
menggunakan
teknik
kerajinan,
prinsip
danpenggunaan
maaterial
serta
nilai
kesenian
dan
keindahan
yang tinggi
|
Hampir
keseluruhan
desain
keterampilan
seni
menggunakan
teknik
kerajinan,
prinsip
danpenggunaan
material
serta
nilai
kesenian
dan
keindahan
yang baik
|
Beberapa
bagian
pada
desain
keterampilan
seni
menggunakan
teknik
kerajinan,
prinsip
danpenggunaan
maaterial
serta
nilai
kesenian
dan
keindahan
yang cukup baik
|
Hanya
sedikit
bagian
pada desain belum
menunjukkan
keterampilan
seni yang
menggunakan
teknik
kerajinan,
prinsip
dan
penggunaan
maaterial
yang baik serta masih
harus meningkatkan
nilai
kesenian dan keindahan
dengan lebih
baik lagi
|
Keteraturan
dan
kekonstanan
bentuk
sangat
baik
sesuai
dengan
proporsi
dan
komposisi
desain
yang
benar dan
indah
|
Keteraturan
dan
kekonstanan
bentuk
baik
sesuai
dengan
proporsi dan
komposisi
desain
yang
benar dan
indah
|
Keteraturan
dan
kekonstanan
bentuk
cukup
sesuai
dengan
proporsi
dan
komposisi
desain
yang
benar dan
indah
|
Keteraturan
dan
kekonstanan
bentuk
kurang
sesuai
dengan
proporsi dan komposisi
desain yang
benar dan indah
|
|
Kemandirian
dan
pengumpulan
tugas
|
Menunjukkan
kemandirian
penuh
dalam
pengerjaan
tugas dan
mengumpulkan
tugas
sebelum
waktu
yang
ditentukan
|
Mandiri
dalam
pengerjaan
tugas dan
tepat
waktu
dalam
mengumpulkan
tugas
|
Menunjukkan
kemandirian
namun
belum
stabil dalam
sebagian
besar
proses
dan
terlambat
mengumpulkan
tugas
|
Belum menunjukkan
kemandirian
dan
sangat
terlambat
mengumpulkan
tugas
|
Keterampilan
|
Sangat
terampil
dalam
membuat
Ketrerampilan
kesenian
yang
sesuai
dengan
tema.
|
Terampil
dalam
membuat
Ketrerampilan
kesenian
yang
sesuai
dengan
tema.
|
Cukup
terampil
dalam
membuat
Ketrerampilan
kesenian
yang
sesuai
dengan
tema.
|
Kurang
terampil
dalam
membuat
Ketrerampilan
kesenian
yang
sesuai
dengan
tema
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar pohon kelapa
Alat/Bahan :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang.
Mengetahui, Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli Guru Kelas V,
(
Nurmalawati,
S.Pd ) (
Jusmaini,
S.Pd )
NIP.
19710303
200212 2 001 NIP. 19711107
199411 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1. Tuliskan 3 organ utama dalam pernapasan
manusia!
a. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Tuliskan 10 jenis penyakit/gangguan
pernapasan manusia selain ISPA!
a. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
d. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
e. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
f. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
g. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
h. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment