Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 4

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Friday 20 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                           : V/ II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 3/ Pembelajaran         : Cara Hidup Manusia, Hewan, dan                                                     Tumbuhan/ 4
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1  Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
3.3.2 Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
3.3.3 Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.4 Menentukan suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki.
4.12 Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
4.12.1 Menyelesaikan permasalahan menggunakan rumus luas permukaan dan volume heksahedron dan prisma segi banyak

b) PPKn
1.2   Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4   Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.6 Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1 Menjelaskan sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.6.1 Menunjukkan sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan.
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
3.3.1 Mengenali perubahan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya dengan kondisi geografis lingkungannya.
4.3 Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3.1 Menjelaskan aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

c) IPS
1.1   Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.3   Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.3   Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
3.3.1 Mengenali perubahan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya dengan kondisi geografis lingkungannya.
4.3   Menyajikan pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3.1 Menjelaskan aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.

d) BAHASA INDONESIA
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1  Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2  Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
3.2.2 Mendeskripsikan cara tumbuhan mendapatkan makanan.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan hasil praktik fotosintesa


C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :

  1. Pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
  2. Cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
  3. Contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
  4. Luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
  5. Permasalahan menggunakan rumus luas permukaan dan volume heksahedron dan prisma segi banyak
  6. Sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup
  7. Perubahan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya dengan kondisi geografis lingkungannya
  8. Pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
  9. Aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
  10. Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cara Hidup Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks bacaan tentang masyarakat kota dan desa.
o   Siswa mencermati hal – hal penting pada bacaan tersebut.
o   Guru menstimulasi siswa untuk bertanya tentang keadaan masyarakat kota dan desa.
o   Siswa menuliskan pertanyaannya pada kartu Tanya yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa kemudian mendiskusikan pertanyaan – pertanyaan yang mereka buat dengan temannya.
o   Siswa mencari informasi lebih jauh tentang masyarakat kota dan desa.
o   Siswa kemudian membuat perbandingan antara kota dan desa dengan mengisi kolom tabel yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa juga mencari gambar yang berkaitan dengan informasi yang didapat siswa.
o   Berdasarkan data yang dimiliki siswa dalam table tersebut, siswa menyusun sebuah laporan tertulis tentang aktivitas manusia dengan cermat.
o   Guru mambahas tentang salah satu ciri yang menonjol  antara kehidupan perkotaan dan perdesaan yaitu jenis usaha yang dilakukan.
o   Guru dan siswa membahas tentang industri.
o   Siswa bekerja sama dengan teman sebangku akan membuat sebuah album gambar tentang sebuah kota dan desa yang mereka ketahui.
o   Siswa mengikuti langkah kerja yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa mencari gambar sebanyak – banyaknya untuk ditempelkan di kertas A4
o   Siswa menuliskan informasi dan keterangan dari berbagai sumber pada setiap gambar dengan tulisan dan warna yang bervariatif.
o   Siswa mempresentasikan hasil karyanya.
Guru Menggunakan Rubrik Membuat Album Gambar

o   Berdasarkan hasil pencarian informasi yang siswa dapatkan dalam proyek sebelumnya.
o   Siswa mengidentifikasikan sikap-sikap yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan di daerah industri.
o   Siswa juga membandingkan kegiatan masyarakat yang hidup di daerah industri dengan daerah pertanian
o   Siswa mengamati benda – benda yang terdapat pada lingkungan sekitarnya.
o   Siswa mengidentifikasi benda – benda yang terdiri lebih dari 1 bangun ruang.
o   Siswa menentukan konsep untuk bangun ruang tersebut sesuai dengan sifat – sifatnya.
o   Siswa mengerjakan latihan permasalahan matematika yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa menggunakan rumus luas permukaan dan volume heksahedron dan prisma segi banyak dalam menjawab soal.
Guru menggunkan Rubrik Soal Cerita Matematika

KEGIATAN PENGAYAAN
PEMBACA BERITA:
·         Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami keadaan di sekitar tentang perindustrian melalui sumber-sumber berita aktual. Siswa dilatih untuk memilih informasi yang diperlukan melalui media cetak yang tersedia. Siswa harus memahami isi berita dan meringkasnya menjadi berita yang lebih singkat. Siswa juga berlatih percaya diri dengan membacakan isi berita di depan kelas seolah sebagai reporter TV. Guru dapat merekam hasil pembacaan berita sebagai bukti evaluasi kegiatan

Langkah Kegiatan:
o   Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 2 atau 3 orang.
o   Siswa mencari artikel berita pendek di media cetak tentang kegiatan industry yang memperhatikan keselarasan lingkungan ataupun tidak.
o   Jika terlalu sulit untuk mendapatkan artikel, guru sebaiknya menyiapkannya, artikel pendek yang mudah dipahami (bisa dicari melalui Koran anak, majalah anak, internet).
o   Siswa dalam kelompok memahami isi berita terlebih dulu dengan menemukan kata-kata sulit dan mengartikannya dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia.
o   Siswa menentukan isi berita atau butir-butir yang penting dari isi berita.
o   Siswa meringkasnya ke alam tiga atau empat paragraf.
o   Di dalam salah satu berita, siswa membuat sebuah soal matematika untuk dipecahkan. Siswa membuat jawaban dari soal matematika.
o   Siswa dalam kelompok secara bergantian membacakan isi berita yang sudah diringkasnya di depan kelas.
o   Siswa membacakannya dengan menggunakan lafal yang jelas, intonasi yang tepat dan volume suara yang pas.
o   Siswa bergantian membacakannya per paragraf, sehingga semua anggota kelompok mempunyai kesempatan membacakannya.
o   Pada saat membacakan soal matematika, siswa juga menjelaskan cara memecahkannya dalam format membaca berita.
o   Latih siswa untuk bisa membacakannya dengan baik dan percaya diri.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;


a.      Rubrik Soal Memecahkan Soal Cerita Matematika

Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam memahami soal cerita matematika
         Keterampilan dalam menghitung dan memecahkan soal matematika
         Sikap cermat dan teliti dalam mengerjakan soal latihan matematika
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pendekatan
Pemecahan
Masalah
Sangat terorganisir dan
sistematik dalam
menganalisa
soal dan menentukan
kunci bilangan
yang penting
untuk
dipecahkaan
terorganisir dan
memahami cara
menganalisa
soal dan
menentukan
kunci bilangan
yang penting
untuk
dipecahkaan
Terdapat usaha untuk menganalisa soal
dan menentukan
kunci bilangan
yang penting
untuk dipecahkaan
tetapi belum
dilakukan dengan baik
Tidak terorganisi
dan tidak sistematik dalam
menganalisa
soal dan menentukan
kunci bilangan
yang penting
untuk
dipecahkaan
Ketepatan
perhitungan
Tidak ada
kesalahan dalam
menghitung
soal cerita
matematika
Terdapat 1-2
kesalahan dalam
menghitung
soal cerita
matematika
Menghitung soal
cerita matematika
dilakukan
tetapi tidak
mendapatkan
hasil yang benar
Tidak dapat
menghitung
soal cerita
matematika
Penjelasan
Prosedur
Sangat Jelas dan
menunjukkan
pemahaman
masalah
serta dapat
menghitung
soal cerita
matematika
Jelas dan
menunjukkan
pemahaman
masalah
serta dapat
menghitung
soal cerita
matematika
Cukup jelas tetapi menunjukkan
Kurang pemahaman
Masalah serta belum sempurna dalam menghitung soal
Cerita matematika
Tidak jelas
dan sukar
diikuti dalam
menghitung
soal cerita
matematika

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar masyarakat kota dan desa
Alat/Bahan        : Bacaan tentang “Hewan Mamalia”.
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang.




Mengetahui,                                                                            Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli                                                               Guru Kelas V,



( Nurmalawati, S.Pd )                                                           ( Jusmaini, S.Pd )
NIP. 19710303 200212 2 001                                               NIP. 19711107 199411 2 001




Lembar Kerja Siswa
(LKS)


1.     Menurut klasifikasi usahanya, sesuai SK Menteri No. 19/M/I/1986 industri dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
a.      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b.      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
c.      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
d.      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

2.     Kegiatan industri yang dilakukan tidak boleh mengabaikan lingkungan. Tuliskan contoh sikap/perilaku pelaku industri yang memperhatikan keselarasan lingkungan dan yang mengabaikan keselarasan lingkungan.
a.      Sikap/perilaku memperhatikan keselarasan lingkungan:
1)     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2)     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3)        . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b.      Sikap/perilaku tidak memperhatikan keselarasan lingkungan:
1)     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2)     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3)        . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

3.     Tuliskan dua alasan, kegiatan industri harus memperhatikan keselarasan lingkungan alam!
a.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . 
    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

b.    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
    . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 




MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 4

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 4

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 2
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 3

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors