RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Cara Hidup Manusia,
Hewan, dan Tumbuhan/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan
ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antar simbol, informasi
yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
3.3.2 Menggunakan
cara induktif dalam mengenal atau
memprediksi suatu pola.
3.3.3 Memberi contoh
dan bukan contoh suatu konsep
sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.4 Menentukan
suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat
yang dimiliki.
4.12 Menemukan luas
permukaan dan volume dari
heksahedron dan prisma segi banyak
4.12.1 Menyelesaikan
permasalahan menggunakan rumus luas
permukaan dan volume heksahedron
dan prisma segi banyak
b) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
2.4 Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia
dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.6 Memahami
perlunya saling memenuhi keperluan
hidup.
3.6.1 Menjelaskan
sikap-sikap yang harus dikembangkan
dalam kehidupan sehari-hari
dalam memenuhi kebutuhan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika
saling memenuhi keperluan
hidup antar daerah untuk menumbuhkan
keutuhan nasional
4.6.1 Menunjukkan
sikap-sikap yang harus dikembangkan
dalam kehidupan sehari-hari
dalam memenuhi kebutuhan.
3.3 Memahami
manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia.
3.3.1 Mengenali
perubahan perubahan perilaku manusia
dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya
dengan kondisi geografis lingkungannya.
4.3 Menyajikan
pemahaman tentang manusia dalam hubungannya
dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3.1 Menjelaskan
aktivitas manusia yang menunjukkan adanya
keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
c) IPS
1.1 Menerima karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.3 Menunjukkan perilaku peduli, gotongroyong, tanggungjawab
dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
3.3 Memahami
manusia dalam hubungannya dengan kondisi
geografis di wilayah Indonesia.
3.3.1 Mengenali
perubahan perubahan perilaku manusia
dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya
dengan kondisi geografis lingkungannya.
4.3 Menyajikan
pemahaman tentang manusia dalam hubungannya
dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
4.3.1 Menjelaskan
aktivitas manusia yang menunjukkan adanya
keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya.
d) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam
serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem
pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan
isi teks penjelasan tentang proses daur air,
rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
3.2.1 Mengidentifikasi
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
3.2.2 Mendeskripsikan
cara tumbuhan mendapatkan makanan.
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air,
rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
4.2.1 Menuliskan hasil praktik fotosintesa
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
- Pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
- Cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
- Contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
- Luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
- Permasalahan menggunakan rumus luas permukaan dan volume heksahedron dan prisma segi banyak
- Sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup
- Perubahan perubahan perilaku manusia dari waktu ke waktu dalam keterkaitannya dengan kondisi geografis lingkungannya
- Pemahaman tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia.
- Aktivitas manusia yang menunjukkan adanya keterikatan dengan kondisi geografis di lingkungannya
- Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cara Hidup
Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca teks bacaan tentang masyarakat kota dan desa.
o
Siswa mencermati hal – hal penting pada bacaan tersebut.
o
Guru menstimulasi siswa untuk bertanya tentang keadaan masyarakat kota dan desa.
o
Siswa menuliskan pertanyaannya pada kartu Tanya yang terdapat pada buku siswa.
o
Siswa kemudian mendiskusikan pertanyaan – pertanyaan yang mereka buat dengan
temannya.
o
Siswa mencari informasi lebih jauh tentang
masyarakat kota dan desa.
o
Siswa kemudian membuat perbandingan antara kota dan desa dengan mengisi kolom tabel yang
terdapat pada buku siswa.
o
Siswa juga mencari gambar yang berkaitan dengan informasi yang didapat siswa.
o
Berdasarkan data yang dimiliki siswa dalam table tersebut, siswa menyusun sebuah laporan
tertulis tentang aktivitas
manusia dengan cermat.
o
Guru mambahas tentang salah satu ciri yang menonjol antara kehidupan
perkotaan dan perdesaan yaitu
jenis usaha yang
dilakukan.
o
Guru dan siswa membahas tentang industri.
o
Siswa bekerja sama dengan teman sebangku akan membuat sebuah album gambar tentang sebuah kota dan desa yang mereka ketahui.
o
Siswa mengikuti langkah kerja yang terdapat pada buku siswa.
o
Siswa mencari gambar sebanyak – banyaknya untuk ditempelkan di kertas A4
o
Siswa menuliskan informasi dan keterangan dari berbagai sumber pada setiap gambar dengan
tulisan dan warna yang
bervariatif.
o
Siswa mempresentasikan hasil karyanya.
Guru Menggunakan Rubrik Membuat Album Gambar
o
Berdasarkan hasil pencarian informasi yang siswa dapatkan dalam proyek sebelumnya.
o
Siswa mengidentifikasikan sikap-sikap yang selaras dan tidak selaras dengan lingkungan di
daerah industri.
o
Siswa juga membandingkan kegiatan masyarakat yang hidup di daerah industri dengan daerah
pertanian
o
Siswa mengamati benda – benda yang terdapat pada lingkungan sekitarnya.
o
Siswa mengidentifikasi benda – benda yang terdiri lebih dari 1 bangun ruang.
o
Siswa menentukan konsep untuk bangun ruang tersebut sesuai dengan sifat – sifatnya.
o
Siswa mengerjakan latihan permasalahan matematika yang terdapat pada buku siswa.
o
Siswa menggunakan rumus luas permukaan dan volume heksahedron dan prisma segi banyak
dalam menjawab soal.
Guru menggunkan Rubrik Soal Cerita Matematika
KEGIATAN
PENGAYAAN
PEMBACA
BERITA:
·
Kegiatan
ini bertujuan untuk membantu siswa memahami keadaan di sekitar
tentang perindustrian melalui sumber-sumber berita aktual. Siswa dilatih
untuk memilih informasi yang diperlukan melalui media cetak yang tersedia.
Siswa harus memahami isi berita dan meringkasnya menjadi berita yang
lebih singkat. Siswa juga berlatih percaya diri dengan membacakan isi berita
di depan kelas seolah sebagai reporter TV. Guru dapat merekam hasil pembacaan
berita sebagai bukti evaluasi kegiatan
Langkah
Kegiatan:
o
Siswa
dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 2 atau 3 orang.
o
Siswa
mencari artikel berita pendek di media cetak tentang kegiatan industry yang
memperhatikan keselarasan lingkungan ataupun tidak.
o
Jika
terlalu sulit untuk mendapatkan artikel, guru sebaiknya menyiapkannya, artikel
pendek yang mudah dipahami (bisa dicari melalui Koran anak, majalah anak,
internet).
o
Siswa
dalam kelompok memahami isi berita terlebih dulu dengan menemukan kata-kata
sulit dan mengartikannya dengan menggunakan kamus bahasa Indonesia.
o
Siswa
menentukan isi berita atau butir-butir yang penting dari isi berita.
o
Siswa
meringkasnya ke alam tiga atau empat paragraf.
o
Di
dalam salah satu berita, siswa membuat sebuah soal matematika untuk dipecahkan.
Siswa membuat jawaban dari soal matematika.
o
Siswa
dalam kelompok secara bergantian membacakan isi berita yang sudah diringkasnya
di depan kelas.
o
Siswa
membacakannya dengan menggunakan lafal yang jelas, intonasi yang tepat
dan volume suara yang pas.
o
Siswa
bergantian membacakannya per paragraf, sehingga semua anggota kelompok
mempunyai kesempatan membacakannya.
o
Pada
saat membacakan soal matematika, siswa juga menjelaskan cara memecahkannya
dalam format membaca berita.
o
Latih
siswa untuk bisa membacakannya dengan baik dan percaya diri.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam memahami soal cerita matematika
•
Keterampilan dalam menghitung dan memecahkan soal matematika
•
Sikap cermat dan
teliti dalam mengerjakan soal latihan matematika
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pendekatan
Pemecahan
Masalah
|
Sangat terorganisir dan
sistematik
dalam
menganalisa
soal dan menentukan
kunci
bilangan
yang
penting
untuk
dipecahkaan
|
terorganisir
dan
memahami
cara
menganalisa
soal dan
menentukan
kunci
bilangan
yang
penting
untuk
dipecahkaan
|
Terdapat usaha untuk menganalisa soal
dan
menentukan
kunci
bilangan
yang
penting
untuk dipecahkaan
tetapi
belum
dilakukan
dengan baik
|
Tidak
terorganisi
dan tidak sistematik dalam
menganalisa
soal dan menentukan
kunci
bilangan
yang
penting
untuk
dipecahkaan
|
Ketepatan
perhitungan
|
Tidak ada
kesalahan
dalam
menghitung
soal
cerita
matematika
|
Terdapat
1-2
kesalahan
dalam
menghitung
soal
cerita
matematika
|
Menghitung
soal
cerita
matematika
dilakukan
tetapi
tidak
mendapatkan
hasil yang benar
|
Tidak
dapat
menghitung
soal
cerita
matematika
|
Penjelasan
Prosedur
|
Sangat
Jelas dan
menunjukkan
pemahaman
masalah
serta dapat
menghitung
soal
cerita
matematika
|
Jelas dan
menunjukkan
pemahaman
masalah
serta
dapat
menghitung
soal
cerita
matematika
|
Cukup
jelas tetapi menunjukkan
Kurang pemahaman
Masalah serta belum sempurna dalam menghitung soal
Cerita matematika
|
Tidak
jelas
dan sukar
diikuti
dalam
menghitung
soal
cerita
matematika
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar masyarakat
kota dan desa
Alat/Bahan :
Bacaan tentang “Hewan Mamalia”.
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang.
Mengetahui, Sigli, ……,……………...2015
Kepala SD N 7 Sigli Guru Kelas V,
(
Nurmalawati,
S.Pd ) (
Jusmaini,
S.Pd )
NIP.
19710303
200212 2 001 NIP. 19711107
199411 2 001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
1. Menurut klasifikasi usahanya, sesuai SK
Menteri No. 19/M/I/1986 industri dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
a. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. .
b. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. .
c. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. .
d. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. .
2. Kegiatan industri yang dilakukan tidak
boleh mengabaikan lingkungan. Tuliskan contoh sikap/perilaku pelaku industri
yang memperhatikan keselarasan lingkungan dan yang mengabaikan keselarasan
lingkungan.
a. Sikap/perilaku memperhatikan keselarasan lingkungan:
1) . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2) . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3)
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b. Sikap/perilaku tidak memperhatikan
keselarasan lingkungan:
1) . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2) . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3)
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. Tuliskan dua alasan, kegiatan industri
harus memperhatikan keselarasan lingkungan alam!
a. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
b. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 2
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 3
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment