RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 3 BEUREUNUEN
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Cara Hidup Manusia,
Hewan, dan Tumbuhan/ 3
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a)
MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan
ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih
prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi
yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menyajikan
pernyataan matematika secara
lisan, tertulis, dan diagram.
3.3.2 Menggunakan
cara induktif dalam mengenal
atau memprediksi suatu pola.
3.3.3 Memberi contoh
dan bukan contoh suatu
konsep sesuai dengan definisi yang
diberikan.
3.3.4 Menentukan
suatu konsep sesuai dengan
sifat-sifat yang dimiliki.
4.12 Menemukan luas
permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.1 Menghitung
volume heksahedron dan prisma segi
banyak.
4.12.2 Menentukan
rumus luas volume heksahedron
dan prisma segi banyak..
b) PPKn
1.2 Menghargai
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4 Menunjukkan
perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan
masyarakat
3.6 Memahami
perlunya saling memenuhi keperluan
hidup.
3.6.1 Menjelaskan
sikap-sikap yang harus dikembangkan
dalam kehidupan sehari-hari
dalam memenuhi kebutuhan hidup.
4.6 Menyajikan
dinamika saling memenuhi keperluan
hidup antar daerah untuk menumbuhkan
keutuhan nasional
4.6.1 Menunjukkan
sikap-sikap yang harus dikembangkan
dalam kehidupan sehari-hari
dalam memenuhi kebutuhan.
c) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa
atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam
sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan
isi teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya,
serta sistem pernapasan dengan
bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
3.2.1 Mendeskripsikan
cara tumbuhan mendapatkan makanan.
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia,
hewan, tumbuhan) dan fungsinya,
serta sistem pernapasan secara
mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.2.13 Menuliskan
tentang fotosintesa dari teks yang
dibaca.
C.
DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
- Pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
- Cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
- Luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
- Rumus luas volume heksahedron dan prisma segi banyak..
- Sikap- sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup
- Dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
- Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Petunjuk guru untuk membimbing siswa
menemukan luas permukaan balok:
Luas sisi alas = luas sisi atas = p x l
Luas sisi depan = luas sisi belakang = p x t
Luas sisi kanan = luas sisi kiri = l x t
Luas permukaan balok:
L = 2 x (p x l) + 2 x (p x t) + 2 x (l x t)
atau dapat ditulis:
L = 2 x (p x l + p x t + l x t)
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cara Hidup
Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Siswa membaca teks bacaan tentang fotosintesis.
o
Siswa mencermati hal-hal penting pada bacaan tersebut.
o
Siswa membahas fungsi fotosintesis dengan bimbingan guru.
o
Siswa membuat kesimpulan tentang cara tumbuhan mendapatkan makanan.
Gunakan Rubrik
membuat rubrik kesimpulan
o
Siswa menuliskan kesimpulan dari informasi yang dibacanya pada kolom yang tedapat pada buku
siswa.
o
Berdasarkan hasil kesimpulan yang siswa buat, guru menanyakan beberapa pertanyaan penting yang berkaitan dengan fotosintesis.
o
Siswa menjawab dengan benar pertanyaanpertanyaan tersebut.
o
Siswa membaca teks informasi tentang macam -macam kebutuhan manusia berdasarkan kepentingannya.
o
Siswa mengidentifikasi apa saja yang termasuk ke dalam kebutuhan sekunder dan kebutuhan
primer dengan bimbingan guru.
o
Siswa menuliskan kebutuhan-kebutuhan tersebut berdasarkan tingkatannya.
o
Siswa kemudian mendiskusikannya dengan temannya sikap-sikap apa saja yang harus
dikembangkan dalam kehidupan
sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan mandiri
o
Siswa mencari informasi tentang sikap manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
o
Siswa dapat mencari informasi tersebut dengan bertanya kepada orang yang dianggapnya
tahu, dengan membaca buku-buku referensi, atau
dengan membuka internet.
o
Siswa menuliskan informasi yang didapatnya pada kolom yang terdapat pada buku siswa.
o
Siswa kemudian menceritakan di depan kelas sikap
–
sikap apa saja yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari – hari dalam memenuhi
kebutuhan
o
Siswa melakukan kegiatan ayo berlatih yang ada pada buku siswa.
o
Siswa mencermati persoalan-persoalan matematika yang disajikan dalam buku siswa.
o
Siswa mengidentifikasikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dalam uraian
cerita persoalan matematika.
o
Siswa menggunakan pemahaman dan keterampilannya mengenai cara pengukuran
luas balok dan prisma.
o
Kemudian, siswa dapat dalam menyelesaikan persolanpersoalan matematika yang disajikan.
o
Selanjutnya secara mandiri, siswa mengerjakan
soalsoal latihan yang
berkaitan dengan konsep pengukuran luas balok dan luas prisma
o
Siswa mengamati gambar balok yang terdapat pada buku siswa.
o
Siswa menghitung banyak kubus yang tersusun pada alas balok
o
Siswa menghitung tingkatan pada balok
o
Siswa menghitung banyak kubus satuan pada balok.
o
Berdasarkan pengamatan siswa mencoba menentukan konsep tingkatan dan banyaknya kubus.
o
Siswa membahas tentang volume balok dengan bimbingan guru
o
Guru menjelaskan tentang rumus menghitung volume balok dan prisma.
o
Siswa mengamati contoh cara menghitung volume pada balok dan prisma.
o
Siswa kemudian mencoba untuk menyelesaikan soal matematika dengan menentukan rumus luas dan volume heksahedron dan prisma segi banyak.
KEGIATAN
PENGAYAAN
KURSI
PANAS; Tebak Kata
Siswa secara berkelompok akan menebak beberapa
kata-kata sulit yang berhubungan
dengan pembelajaran hari itu. Guru mempersiapkan katakata tersebut untuk ditebak. Kegiatan ini
bertujuan untuk membantu siswa memahami
kata-kata baru dalam kalimat. Juga bagaimana menjelaskan katakata tersebut menggunakan kata-kata sendiri.
Langkah
Kegiatan:
o
Siswa
dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok menunjuk perwakilannya
sejumlah soal yang dibuat guru.
o
Perwakilan
yang ditunjuk akan duduk di kursi yang menghadap ke siswa yang lain
tetapi membelakangi papan tulis.
o
Guru
menuliskan kata-kata yang harus ditebak oleh perwakilan kelompok (primer,
sekunder, tersier, fotosintesis, autotrof, dan lain-lain).
o
Anggota
kelompok harus menjelaskan kata yang ditulis di papan tulis kepada perwakilannya,
tanpa menyebutkan kata tersebut.
o
Dalam
waktu yang ditentukan, perwakilan kelompok harus menjawab kata yang
dituliskan.
o
Kelompok
pemenang adalah kelompok yang menjawab benar paling banyak.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
a.
Rubrik Membuat
Kesimpulan
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam memahami teks bacaan
•
Keterampilan dalam membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan
•
Sikap cermat dan
teliti dalam menyimpulkan bacaan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pemahaman
bacaan
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
sangat
baik, dan dapat
memberikan
informasi singkat yang sangat lengkap
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
baik, dan
dapat
memberikan
informasi singkat yang lengkap
|
Siswa
dapat
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
cukup
baik,
dan dapat
memberikan
informasi
singkat
yang
cukup lengkap
|
Siswa
masih
perlu
membaca
lebih
saksama
dan
memahami
keseluruhan
bacaan
dengan
baik, serta perlu
meningkatkan
kemampuan
untuk dapat
memberikan
informasi
singkat
yang lengkap
|
Pengetahuan
|
Siswa
mampu
menuliskan
pemahaman
materi
dan
informasi
penting
dalam
Kesimpulan
Dengan sangat lengkap
|
Siswa
mampu
menuliskan
pemahaman
materi
dan
informasi
penting
dalam
tulisan
kesimpulan
dengan lengkap
|
Siswa
hanya
mampu
menuliskan
beberapa
pemahaman
materi
dan
informasi
penting
dalam
kesimpulan
dengan
cukup
lengkap
|
Siswa
hanya
Mampu menuliskan
sedikit
pemahaman
materi
pada
tulisan
kesimpulan
dan masih
harus
melengkapi
denagn informasi
yang penting
dalam nkesimpulan
mereka
|
Penggunaan
Bahasa
dan
EYD
|
Menggunakan kosa kata
bahasa Indonesia
dan ejaan yang
disempurnakan
dengan baik dan benar
|
Terdapat
satu
atau dua
kesalahan
dalam
pengggunaan
kosa kata
bahasa
Indonesia
dan
menggunakan
ejaan yang
disempurnakan
dengan baik dan benar
|
Terdapa
ttiga
atau
empat kesalahandalam
pengggunaan
kosa kata
bahasa
Indonesia
dan ejaan
yang
disempurnakan
|
Terdapat
lebih dari
lima
kesalahandalam
pengunaan
kosa kata
bahasa
Indonesia
dan
ejaaan
yang disempurnakan
sehingga
mempengaruhi
kualitas ringkasan.
|
Pengembangan
paragraf
|
Penulisan
paragraf
sangat
sesuai dengan ide
pokok
dalam
paragraf
dan
dikembangkan
dengan
sangat
baik
|
Penulisan
paragraf
sesuai
dengan
ide pokok
dalam
paragraf
dan dikembangkan
dengan
baik
|
Penulisan
paragraph cukup
sesuai dengan
ide
pokok
dalam
paragraf
dan
dikembangkan
dengan
cukup
baik
|
Penulisan
paragraph tidak cukup
sesuai
dengan
ide pokok dalam
paragraf
dan belum
dikembangkan
dengan
cukup baik sehingga
ringkasan
belum
cukup
dimengerti
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 16
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar peristiwa
fotosintesis, gambar penampang daun
Alat/Bahan :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2017
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas V,
CHAIRUNNISA, S.Pd NURAINI YAHYA, S.Pd
NIP.19700312
199402 2 002 NIP.
19621231 198309 2 003
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Kebutuhan primer yaitu:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Yang termasuk kebutuhan primer:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Kebutuhan sekunder yaitu:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Yang termasuk kebutuhan sekunder:
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………….
Kebutuhan tersier yaitu:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Yang termasuk kebutuhan tersier:
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………….
MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 2
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment