Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 3

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Thursday 19 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD NEGERI 3 BEUREUNUEN
Kelas/Semester                           : V/ II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Cara Hidup Manusia, Hewan, dan                                                      Tumbuhan/ 3
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
3.3.2 Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
3.3.3 Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.4 Menentukan suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki.
4.12 Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.1 Menghitung volume heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.2 Menentukan rumus luas volume heksahedron dan prisma segi banyak..

b) PPKn
1.2  Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
2.4  Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat
3.6   Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
3.6.1 Menjelaskan sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
4.6.1 Menunjukkan sikap-sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan.

c) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2   Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mendeskripsikan cara tumbuhan mendapatkan makanan.
4.2   Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.13 Menuliskan tentang fotosintesa dari teks yang dibaca.


C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
  1. Pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
  2. Cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
  3. Luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
  4. Rumus luas volume heksahedron dan prisma segi banyak..
  5. Sikap- sikap yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidup
  6. Dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
  7. Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Petunjuk guru untuk membimbing siswa menemukan luas permukaan balok:
Luas sisi alas           = luas sisi atas = p x l
Luas sisi depan       = luas sisi belakang = p x t
Luas sisi kanan       = luas sisi kiri = l x t

Luas permukaan balok:
L = 2 x (p x l) + 2 x (p x t) + 2 x (l x t)

atau dapat ditulis:

L = 2 x (p x l + p x t + l x t)

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cara Hidup Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa membaca teks bacaan tentang fotosintesis.
o   Siswa mencermati hal-hal penting pada bacaan tersebut.
o   Siswa membahas fungsi fotosintesis dengan bimbingan guru.
o   Siswa membuat kesimpulan tentang cara tumbuhan mendapatkan makanan.

Gunakan Rubrik membuat rubrik kesimpulan
o   Siswa menuliskan kesimpulan dari informasi yang dibacanya pada kolom yang tedapat pada buku siswa.
o   Berdasarkan hasil kesimpulan yang siswa buat, guru menanyakan beberapa pertanyaan penting yang berkaitan dengan fotosintesis.
o   Siswa menjawab dengan benar pertanyaanpertanyaan tersebut.
o   Siswa membaca teks informasi tentang macam -macam kebutuhan manusia berdasarkan kepentingannya.
o   Siswa mengidentifikasi apa saja yang termasuk ke dalam kebutuhan sekunder dan kebutuhan primer dengan bimbingan guru.
o   Siswa menuliskan kebutuhan-kebutuhan tersebut berdasarkan tingkatannya.
o   Siswa kemudian mendiskusikannya dengan temannya sikap-sikap apa saja yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan mandiri
o   Siswa mencari informasi tentang sikap manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
o   Siswa dapat mencari informasi tersebut dengan bertanya kepada orang yang dianggapnya tahu, dengan membaca buku-buku referensi, atau dengan membuka internet.
o   Siswa menuliskan informasi yang didapatnya pada kolom yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa kemudian menceritakan di depan kelas sikap
        sikap apa saja yang harus dikembangkan dalam kehidupan sehari – hari dalam memenuhi kebutuhan

o   Siswa melakukan kegiatan ayo berlatih yang ada pada buku siswa.
o   Siswa mencermati persoalan-persoalan matematika yang disajikan dalam buku siswa.
o   Siswa mengidentifikasikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dalam uraian cerita persoalan matematika.
o   Siswa menggunakan pemahaman dan keterampilannya mengenai cara pengukuran luas balok dan prisma.
o   Kemudian, siswa dapat dalam menyelesaikan persolanpersoalan matematika yang disajikan.
o   Selanjutnya secara mandiri, siswa mengerjakan soalsoal latihan yang berkaitan dengan konsep pengukuran luas balok dan luas prisma
o   Siswa mengamati gambar balok yang terdapat pada buku siswa.
o   Siswa menghitung banyak kubus yang tersusun pada alas balok
o   Siswa menghitung tingkatan pada balok
o   Siswa menghitung banyak kubus satuan pada balok.
o   Berdasarkan pengamatan siswa mencoba menentukan konsep tingkatan dan banyaknya kubus.
o   Siswa membahas tentang volume balok dengan bimbingan guru
o   Guru menjelaskan tentang rumus menghitung volume balok dan prisma.
o   Siswa mengamati contoh cara menghitung volume pada balok dan prisma.
o   Siswa kemudian mencoba untuk menyelesaikan soal matematika dengan menentukan rumus luas dan volume heksahedron dan prisma segi banyak.

KEGIATAN PENGAYAAN

KURSI PANAS; Tebak Kata
Siswa secara berkelompok akan menebak beberapa kata-kata sulit yang berhubungan dengan pembelajaran hari itu. Guru mempersiapkan katakata tersebut untuk ditebak. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa memahami kata-kata baru dalam kalimat. Juga bagaimana menjelaskan katakata tersebut menggunakan kata-kata sendiri.
                            
Langkah Kegiatan:
o   Siswa dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok menunjuk perwakilannya sejumlah soal yang dibuat guru.
o   Perwakilan yang ditunjuk akan duduk di kursi yang menghadap ke siswa yang lain tetapi membelakangi papan tulis.
o   Guru menuliskan kata-kata yang harus ditebak oleh perwakilan kelompok (primer, sekunder, tersier, fotosintesis, autotrof, dan lain-lain).
o   Anggota kelompok harus menjelaskan kata yang ditulis di papan tulis kepada perwakilannya, tanpa menyebutkan kata tersebut.
o   Dalam waktu yang ditentukan, perwakilan kelompok harus menjawab kata yang dituliskan.
o   Kelompok pemenang adalah kelompok yang menjawab benar paling banyak.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;

a.      Rubrik Membuat Kesimpulan
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam memahami teks bacaan
         Keterampilan dalam membuat kesimpulan berdasarkan teks bacaan
         Sikap cermat dan teliti dalam menyimpulkan bacaan

Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pemahaman
bacaan
Siswa dapat
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
sangat baik, dan dapat
memberikan
informasi singkat yang sangat lengkap
Siswa dapat
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
baik, dan dapat
memberikan
informasi singkat yang lengkap
Siswa dapat
memahami
keseluruhan
bacaan dengan
cukup baik,
dan dapat
memberikan
informasi
singkat yang
cukup lengkap
Siswa masih
perlu membaca
lebih saksama
dan memahami
keseluruhan bacaan
dengan baik, serta perlu meningkatkan
kemampuan untuk dapat memberikan
informasi singkat
yang lengkap
Pengetahuan
Siswa mampu
menuliskan
pemahaman
materi dan
informasi
penting dalam
Kesimpulan
Dengan sangat lengkap
Siswa mampu
menuliskan
pemahaman
materi dan
informasi
penting
dalam tulisan
kesimpulan
dengan lengkap
Siswa hanya
mampu
menuliskan
beberapa
pemahaman
materi dan
informasi
penting dalam
kesimpulan
dengan cukup
lengkap
Siswa hanya
Mampu menuliskan
sedikit pemahaman
materi pada
tulisan kesimpulan
dan masih harus
melengkapi denagn informasi yang penting dalam nkesimpulan mereka
Penggunaan
Bahasa dan
EYD
Menggunakan kosa kata
bahasa Indonesia
dan ejaan yang
disempurnakan
dengan baik dan benar
Terdapat satu
atau dua kesalahan
dalam
pengggunaan
kosa kata bahasa
Indonesia
dan menggunakan
ejaan yang disempurnakan
dengan baik dan benar
Terdapa ttiga
atau empat kesalahandalam
pengggunaan
kosa kata bahasa
Indonesia
dan ejaan yang
disempurnakan
Terdapat lebih dari
lima kesalahandalam
pengunaan
kosa kata bahasa
Indonesia dan
ejaaan yang disempurnakan
sehingga
mempengaruhi
kualitas ringkasan.
Pengembangan
paragraf
Penulisan
paragraf sangat
sesuai dengan ide
pokok dalam
paragraf dan
dikembangkan
dengan sangat
baik
Penulisan paragraf
sesuai dengan
ide pokok
dalam paragraf
dan dikembangkan
dengan baik
Penulisan paragraph cukup sesuai dengan ide
pokok dalam
paragraf dan
dikembangkan
dengan cukup
baik
Penulisan paragraph tidak cukup sesuai
dengan ide pokok dalam paragraf
dan belum
dikembangkan
dengan cukup baik sehingga ringkasan
belum cukup
dimengerti

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 16

Nilai    =

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar peristiwa fotosintesis, gambar penampang daun
Alat/Bahan        :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang.



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2017
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas V,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     NURAINI YAHYA, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19621231 198309 2 003




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Kebutuhan primer yaitu:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………


Yang termasuk kebutuhan primer:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………

Kebutuhan sekunder yaitu:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………


Yang termasuk kebutuhan sekunder:
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………….

Kebutuhan tersier yaitu:
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………


Yang termasuk kebutuhan tersier:
………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………….




MEDIA

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 3

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 3


TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 2

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors