Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 18 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : SD NEGERI 3 BEUREUNUEN
Kelas/Semester                           : V/ II
Tema 6                                        : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 3/ Pembelajaran          : Cara Hidup Manusia, Hewan, dan                                                       Tumbuhan/ 2
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.1    Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2     Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.6 Memahami konsep kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat.
3.6.1 Mencari tahu kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat.
4.6    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat.
4.6.2 Melakukan pola gerak dominan dinamis menggunakan alat..

b) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.15 Mendeskripsikan cara tumbuhan mendapatkan makanan
4.2     Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan cara tumbuhan mendapatkan makanan berdasarkan teks yang dibaca

c) IPA
1. 1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingi tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.7    Mengenal sistem pernapasan hewan dan manusia serta penyakit yang berkaitan dengan pernapasan
3.7.1 Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan beberapa hewan.
3.7.2 Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia
3.7.3 Menjelaskan beberaoa penyakit alat pernapasan
4.7 Menyajikan laporan tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
4.7.1 Mendeskripsikan jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan alat
2.      Pola gerak dominan dinamis menggunakan alat..
3.      Cara tumbuhan mendapatkan makanan
4.      Cara tumbuhan mendapatkan makanan berdasarkan teks yang dibaca
5.      Penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia
6.      Jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia
7.      Beberapa penyakit alat pernapasan
8.      Jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia
9.      Pernapasan pada manusia dan beberapa hewan

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cara Hidup Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan.
o   Guru menyiapkan berbagai alat olah raga yang akan digunakan
o   Siswa mengamati gambar anak-anak yang sedang melakukan olah raga dengan menggunakan alat.
o   Siswa menirukan olah raga pada gambar yang dilihat.
o   Kegiatan ini menjadi stimulus bagi siswa untuk melakukan diskusi tentang pentingnya olah raga bagi sistem pernapasan manusia.
o   Siswa dipancing dengan pertanyaan, “Tahukah kamu organ pernapasan manusia?”.
o   Siswa mencari tahu organ pernapasan manusia dengan cara membaca bacaan, bertanya kepada orang yang lebih tahu, ataupun membuka internet.
o   Siswa menuliskan hasil informasi yang diperoleh.
o   Siswa mencari informasi penting dan mengamati gambar organ pernapasan manusia.
o   Siswa mengetahui sistem pernapasan pada manusia melalui informasi yang didapat dan melalui gambar yang dilihat.
o   Siswa mencari tahu gangguan organ pernapasan pada manusia dan cara menjaga kesehatan organ pernapasan manusia. Siswa melakukan kegiatan ini dengan cara bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu, membaca buku-buku referensi, bias juga dengan membuka internet.
o   Siswa menuliskan gangguan organ pernapasan pada manusia dan cara menjaga kesehatan organ pernapasan manusia pada tabel.
o   Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan, “Bagaimana dengan alat pernapasan pada binatang?”
o   Siswa mencari informasi mengenai alat pernapasan pada berbagai binatang.
o   Siswa juga melakukan pengamatan terhadap berbagai binatang yang ada di sekitarnya.
o   Siswa membuatlah tulisan mengenai binatang-binatang di sekitarnya.
o   Kemudian, siswa bercerita di depan teman-teman dan guru.
o   Guru memberikan pertanyaan,”Apakah kalian mempunyai binatang peliharaan? Bagaimana cara kalian merawat binatang peliharaan?
o   Siswa diminta bercerita untuk menjawab pertanyaan guru di atas.
o   Siswa membaca teks bacaan tentang “Tips Sehat Memelihara Kelinci Hias?”
o   Siswa diminta menandai hal-hal yang penting dari bacaan.
o   Siswa menuliskan kesimpulan dari bacaan yang dibacanya.

KEGIATAN PENGAYAAN
Flash Card: Hewan dan Alat Pernapasannya Siswa mencari, menempelkan dan menjelaskan bagian-bagian alat-alat pernapasan yang mereka pilih pada hewan serta menjelaskan fungsi dari bagianbagian alat pernapasan tersebut.

o   Siswa dapat mencari empat (4) gambar kelompok hewan yang mereka ketahui (lebih baik yang berbeda karakteristik dan bagian alat pernapasannya )dari berbagai sumber; baik koran, majalah, buku pengetahuan sains ataupun internet.
o   Siswa dapat menempelkan gambar-gambar tersebut di sebuah kertas A4 yang dibagi 4 bagian sama besar.
o   Siswa mengidentifikasi gambar dengan melihat perbedaan yang terdapat pada tiap gambar.
o   Siswa menuliskan bagian-bagian pernapasan dari hewan-hewan tersebut.
o   Siswa juga menuliskan fungsi-fungsi bagian pernapasan dari hewan-hewan tersebut di halaman dari tiap gambar.
o   Siswa kemudian mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di depan kelas.
o   Setelah kegiatan, Siswa kemudian dapat bergantian memainkan kartu bergambar tersebut, dengan memilih kartu-kartu dan mengidentifikasi bagian dan alat-alat pernapasannya yang berbeda hasil pekerjaan mereka bersama-sama teman.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
a.      Rubrik Gerakan Olahraga
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang organ pernapasan manusia
         Ketrampilan siswa dalam meniru beberapa gerakan fisik yang dapat menjaga kesehatan organ pernapasan manusia
         Sikap keingintahuan siswa dalam mencari informasi tentang organ pernapasan manusia

Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang
organ pernapasan
manusia baik
Pengetahuan
siswa tentang
organ pernapasan
manusia cukup
baik
Pengetahuan
siswa tentang
organ pernapasan
manusia
masih kurang
Pengetahuan
siswa tentang
organ pernapasan
manusia masih
membutuhkan
penjelasan dari
guru
Keterampilan
meniru
gerakan fisik
Siswa menunjukkan
keterampilan
yang baik
dalam meniru
gerakan
fisik yang
ditunjukkan
oleh guru
Siswa menunjukkan
keterampilan
yang cukup
baik dalam
meniru
gerakan
fisik yang
ditunjukkan
oleh guru
Siswa masih
Kurang terampil
dalam meniru
gerakan
fisik yang
ditunjukkan
oleh guru
Siswa masih
memerlukan
banyak
latihan untuk
menirukan
gerakan
fisik yang
ditunjukkan
oleh guru
Sikap keingintahuan
dalam mencari
informasi
Siswa menunjukkan
Sikap keingintahuan
yang tinggi
dalam mencari
informasi
tentang organ
pernapasan
manusia
Siswa mmenunjukkan
Sikap keingintahuan
yang cukup
tinggi dalam
mencari informasi
tentang organ
pernapasan
manusia
Siswa kurang
menunjukkan
sikapm keingintahuan
dalam mencari
informasi
tentang organ
pernapasan
manusia
Siswa tidak
terlihat
menunjukkan
sikap keingintahuan
dalam mencari
informasi
tentang organ
pernapasan
manusia

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

b.      Rubrik Bercerita Alat Pernapasan Binatang
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang cara bernapas binatang yang ada disekitarnya
         Ketrampilan siswa dalam mengamati cara bernapas binatang yang ada disekitarnya
         Sikap keingintahuan siswa dalam mengamati cara bernapas binatang yang ada disekitarnya
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa tentang
cara bernapas
binatang
yang ada di
sekitarnya
baik dan
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
cara bernapas
binatang
yang ada di
sekitarnya
cukup baik
dan cukup
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
cara bernapas
binatang
yang ada di
sekitarnya
masih kurang
menyeluruh
Pengetahuan
siswa tentang
cara bernapas
binatang
yang ada di
sekitarnya
tidak
menyeluruh
Keterampilan
pengamatan
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
yang baik
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
yang cukup
baik
Siswa masih
kurang
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
Sikap keingintahuan
dalam
melakukan
pengamatan
Siswa
menunjukkan
sikap
keingintahuan
yang tinggi
dalam melakukan
pengamatan
Siswa
menunjukkan
sikap
keingintahuan
yang cukup
tinggi dalam
melakukan
pengamatan
Siswa kurang
menunjukkan
sikap
keingintahuan
dalam melakukan
pengamatan
Siswa tidak
terlihat
menunjukkan
sikap
keingintahuan
dalam
melakukan
pengamatan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

Rubrik Cara Memelihara Kelinci Hias
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa tentang cara memelihara kelinci hias
         Keterampilan siswa dalam memahami bacaan
         Sikap kecermatan siswa dalam membaca informasi
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa
tentang cara
memelihara
kelinci hias
jelas dan
lengkap
Pengetahuan
siswa
tentang cara
memelihara
kelinci hias
jelas dan
cukup lengkap
Pengetahuan
siswa
tentang cara
memelihara
kelinci hias
kurang jelas
dan lengkap
Pengetahuan
siswa
tentang cara
memelihara
kelinci hias
tidak jelas dan
tidak lengkap
Keterampilan
pemahaman
bacaan
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
bacaan yang
baik
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
bacaan yang
cukup baik
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
bacaan yang
kurang baik
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
bacaan yang
memadai
Sikap
kecermatan
membaca
informasi
Siswa
menunjukkan
sikap
kecermatan
yang tinggi
dalam
membaca
informasi yang
tersaji
Siswa
menunjukkan
sikap
kecermatan
yang cukup
tinggi dalam
membaca
informasi yang
tersaji
Siswa kurang
menunjukkan
sikap
kecermatan
dalam
membaca
informasi yang
tersaji
Siswa tidak
terlihat
menunjukkan
sikap
kecermatan
dalam
membaca
informasi yang
tersaji

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =

F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar, gambar organ pernapasan manusia
Alat/Bahan        :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang.



Mengetahui,                                                                        Beureunuen, ……….….,  2017
Kepala SD Negeri 3 Beureunuen                                        Guru Kelas V,




CHAIRUNNISA, S.Pd                                                     NURAINI YAHYA, S.Pd
NIP.19700312 199402 2 002                                             NIP. 19621231 198309 2 003
 




LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


Tuliskan gangguan organ pernapasan pada manusia dan cara menjaga kesehatan organ pernapasan manusia pada tabel berikut!

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 2

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 2


MEDIA


 TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors