RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 3 BEUREUNUEN
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Cara Hidup Manusia,
Hewan, dan Tumbuhan/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat
gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan
prasarana pembelajaran.
3.6 Memahami konsep
kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti,
mendarat) untuk membentuk keterampilan/
teknik dasar senam menggunakan
alat.
3.6.1 Mencari
tahu kombinasi pola gerak dominan
statis dan dinamis (melompat,
menggantung, mengayun, meniti,
mendarat) untuk membentuk keterampilan/
teknik dasar senam menggunakan
alat.
4.6 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung, mengayun, meniti, mendarat)
untuk membentuk keterampilan/
teknik dasar senam menggunakan
alat.
4.6.2 Melakukan
pola gerak dominan dinamis menggunakan
alat..
b) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa
atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta bendabenda di alam
sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan isi
teks penjelasan tentang proses daur air,
rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.15
Mendeskripsikan cara tumbuhan mendapatkan makanan
4.2 Menyampaikan
teks penjelasan tentang proses daur air,
rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh
(manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan
cara tumbuhan mendapatkan makanan
berdasarkan teks yang dibaca
c) IPA
1. 1 Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
yang di anutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingi tahu, obyektif, jujur, teliti, cermat,
tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri
ilmiah dan berdiskusi.
3.7 Mengenal
sistem pernapasan hewan dan manusia
serta penyakit yang berkaitan
dengan pernapasan
3.7.1 Mengidentifikasi
alat pernapasan pada manusia dan
beberapa hewan.
3.7.2 Menjelaskan
penyebab terjadinya gangguan
pada alat pernapasan manusia
3.7.3 Menjelaskan
beberaoa penyakit alat pernapasan
4.7 Menyajikan
laporan tentang jenis penyakit
yang berhubungan dengan gangguan
pada organ tubuh manusia.
4.7.1 Mendeskripsikan
jenis-jenis penyakit yang
berhubungan dengan gangguan pada organ
tubuh manusia.
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Kombinasi pola gerak dominan statis dan dinamis (melompat, menggantung,
mengayun, meniti, mendarat) untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam menggunakan
alat
2.
Pola gerak dominan
dinamis menggunakan alat..
3.
Cara tumbuhan mendapatkan makanan
4.
Cara tumbuhan
mendapatkan makanan berdasarkan teks yang dibaca
5.
Penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia
6.
Jenis-jenis
penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ
tubuh manusia
7.
Beberapa penyakit alat pernapasan
8.
Jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan
pada organ tubuh manusia
9.
Pernapasan pada manusia dan beberapa hewan
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cara Hidup
Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan.
o
Guru menyiapkan berbagai alat olah raga yang akan digunakan
o
Siswa mengamati gambar anak-anak yang sedang melakukan olah raga dengan menggunakan
alat.
o
Siswa menirukan olah raga pada gambar yang dilihat.
o
Kegiatan ini menjadi stimulus bagi siswa untuk melakukan diskusi tentang pentingnya olah
raga bagi sistem pernapasan
manusia.
o
Siswa dipancing dengan pertanyaan, “Tahukah kamu organ pernapasan manusia?”.
o
Siswa mencari tahu organ pernapasan manusia dengan cara membaca bacaan, bertanya kepada orang
yang lebih tahu, ataupun membuka internet.
o
Siswa menuliskan hasil informasi yang diperoleh.
o
Siswa mencari informasi penting dan mengamati gambar organ pernapasan manusia.
o
Siswa mengetahui sistem pernapasan pada manusia melalui informasi yang didapat dan melalui
gambar yang dilihat.
o
Siswa mencari tahu gangguan organ pernapasan pada manusia dan cara menjaga kesehatan
organ pernapasan manusia. Siswa melakukan
kegiatan ini dengan cara
bertanya kepada orang yang kamu anggap tahu, membaca buku-buku referensi, bias juga dengan membuka internet.
o
Siswa menuliskan gangguan organ pernapasan pada
manusia dan cara menjaga
kesehatan organ
pernapasan manusia pada tabel.
o
Guru menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan menanyakan, “Bagaimana dengan alat
pernapasan pada binatang?”
o
Siswa mencari informasi mengenai alat pernapasan pada berbagai binatang.
o
Siswa juga melakukan pengamatan terhadap berbagai binatang yang ada di sekitarnya.
o
Siswa membuatlah tulisan mengenai binatang-binatang di sekitarnya.
o
Kemudian, siswa bercerita di depan teman-teman dan guru.
o
Guru memberikan pertanyaan,”Apakah kalian mempunyai binatang peliharaan? Bagaimana
cara kalian merawat binatang peliharaan?
o
Siswa diminta bercerita untuk menjawab pertanyaan guru di atas.
o
Siswa membaca teks bacaan tentang “Tips Sehat Memelihara Kelinci Hias?”
o
Siswa diminta menandai hal-hal yang penting dari bacaan.
o
Siswa menuliskan kesimpulan dari bacaan yang dibacanya.
KEGIATAN
PENGAYAAN
Flash Card: Hewan dan Alat Pernapasannya Siswa mencari, menempelkan dan menjelaskan
bagian-bagian alat-alat pernapasan
yang mereka pilih pada hewan serta menjelaskan fungsi dari bagianbagian alat pernapasan tersebut.
o
Siswa dapat mencari empat (4) gambar kelompok hewan
yang mereka ketahui (lebih baik yang
berbeda karakteristik dan bagian alat pernapasannya )dari berbagai sumber; baik koran, majalah, buku
pengetahuan sains ataupun internet.
o
Siswa dapat menempelkan gambar-gambar tersebut di
sebuah kertas A4 yang dibagi 4 bagian
sama besar.
o
Siswa mengidentifikasi gambar dengan melihat
perbedaan yang terdapat pada
tiap gambar.
o
Siswa menuliskan bagian-bagian pernapasan dari
hewan-hewan tersebut.
o
Siswa juga menuliskan fungsi-fungsi bagian
pernapasan dari hewan-hewan
tersebut di halaman
dari tiap gambar.
o
Siswa kemudian mempresentasikan hasil pekerjaan
mereka di depan kelas.
o
Setelah kegiatan, Siswa kemudian dapat bergantian
memainkan kartu bergambar
tersebut, dengan
memilih kartu-kartu dan mengidentifikasi bagian dan alat-alat pernapasannya yang berbeda hasil pekerjaan
mereka bersama-sama teman.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
a.
Rubrik Gerakan
Olahraga
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang organ pernapasan manusia
•
Ketrampilan siswa dalam meniru beberapa gerakan fisik yang dapat menjaga kesehatan organ
pernapasan manusia
•
Sikap keingintahuan siswa dalam mencari informasi tentang organ
pernapasan manusia
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa
tentang
organ pernapasan
manusia baik
|
Pengetahuan
siswa
tentang
organ pernapasan
manusia
cukup
baik
|
Pengetahuan
siswa
tentang
organ pernapasan
manusia
masih kurang
|
Pengetahuan
siswa tentang
organ pernapasan
manusia
masih
membutuhkan
penjelasan
dari
guru
|
Keterampilan
meniru
gerakan fisik
|
Siswa menunjukkan
keterampilan
yang baik
dalam
meniru
gerakan
fisik
yang
ditunjukkan
oleh guru
|
Siswa menunjukkan
keterampilan
yang
cukup
baik
dalam
meniru
gerakan
fisik
yang
ditunjukkan
oleh guru
|
Siswa
masih
Kurang terampil
dalam
meniru
gerakan
fisik
yang
ditunjukkan
oleh guru
|
Siswa
masih
memerlukan
banyak
latihan
untuk
menirukan
gerakan
fisik
yang
ditunjukkan
oleh guru
|
Sikap
keingintahuan
dalam mencari
informasi
|
Siswa menunjukkan
Sikap keingintahuan
yang
tinggi
dalam
mencari
informasi
tentang
organ
pernapasan
manusia
|
Siswa mmenunjukkan
Sikap keingintahuan
yang
cukup
tinggi
dalam
mencari informasi
tentang
organ
pernapasan
manusia
|
Siswa
kurang
menunjukkan
sikapm keingintahuan
dalam
mencari
informasi
tentang
organ
pernapasan
manusia
|
Siswa
tidak
terlihat
menunjukkan
sikap keingintahuan
dalam
mencari
informasi
tentang
organ
pernapasan
manusia
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
b. Rubrik
Bercerita Alat Pernapasan Binatang
Kompetensi yang
dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang cara bernapas binatang yang ada disekitarnya
•
Ketrampilan siswa dalam mengamati cara bernapas binatang yang ada
disekitarnya
•
Sikap keingintahuan siswa dalam mengamati cara bernapas binatang yang
ada disekitarnya
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
bernapas
binatang
yang ada
di
sekitarnya
baik dan
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
bernapas
binatang
yang ada
di
sekitarnya
cukup
baik
dan cukup
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara bernapas
binatang
yang ada
di
sekitarnya
masih
kurang
menyeluruh
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
bernapas
binatang
yang ada
di
sekitarnya
tidak
menyeluruh
|
Keterampilan
pengamatan
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
yang baik
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
yang
cukup
baik
|
Siswa
masih
kurang
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
|
Siswa
tidak
menunjukkan
keterampilan
pengamatan
|
Sikap
keingintahuan
dalam
melakukan
pengamatan
|
Siswa
menunjukkan
sikap
keingintahuan
yang
tinggi
dalam melakukan
pengamatan
|
Siswa
menunjukkan
sikap
keingintahuan
yang
cukup
tinggi
dalam
melakukan
pengamatan
|
Siswa
kurang
menunjukkan
sikap
keingintahuan
dalam melakukan
pengamatan
|
Siswa
tidak
terlihat
menunjukkan
sikap
keingintahuan
dalam
melakukan
pengamatan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
Rubrik Cara
Memelihara Kelinci Hias
Kompetensi yang dinilai:
•
Pengetahuan siswa tentang cara memelihara kelinci hias
•
Keterampilan siswa dalam memahami bacaan
•
Sikap kecermatan
siswa dalam membaca informasi
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
memelihara
kelinci
hias
jelas dan
lengkap
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
memelihara
kelinci
hias
jelas dan
cukup
lengkap
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
memelihara
kelinci
hias
kurang
jelas
dan lengkap
|
Pengetahuan
siswa
tentang
cara
memelihara
kelinci
hias
tidak
jelas dan
tidak lengkap
|
Keterampilan
pemahaman
bacaan
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
bacaan
yang
baik
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
bacaan
yang
cukup baik
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
bacaan
yang
kurang baik
|
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
pemahaman
bacaan
yang
memadai
|
Sikap
kecermatan
membaca
informasi
|
Siswa
menunjukkan
sikap
kecermatan
yang
tinggi
dalam
membaca
informasi
yang
tersaji
|
Siswa
menunjukkan
sikap
kecermatan
yang
cukup
tinggi
dalam
membaca
informasi
yang
tersaji
|
Siswa
kurang
menunjukkan
sikap
kecermatan
dalam
membaca
informasi
yang
tersaji
|
Siswa
tidak
terlihat
menunjukkan
sikap
kecermatan
dalam
membaca
informasi
yang
tersaji
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar, gambar
organ pernapasan manusia
Alat/Bahan :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang.
Mengetahui, Beureunuen,
……….…., 2017
Kepala SD Negeri
3 Beureunuen Guru Kelas V,
CHAIRUNNISA, S.Pd NURAINI YAHYA, S.Pd
NIP.19700312
199402 2 002 NIP.
19621231 198309 2 003
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Tuliskan gangguan organ pernapasan pada manusia dan
cara menjaga kesehatan organ pernapasan manusia pada tabel
berikut!
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment