Home » » TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1

TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Wednesday 18 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                      : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester                          : V/ II
Tema 6                                       : Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub Tema 3/ Pembelajaran         : Cara Hidup Manusia, Hewan, dan                                                     Tumbuhan/ 1
Alokasi Waktu                            : 1 Hari

A.      KOMPETENSI INTI :
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2  Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air,rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
4.2  Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan hasil praktik fotosintesa..

b) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3  Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
3.3.2 Menggunakan cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
3.3.3 Memberi contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.4 Menentukan suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki.
4.12 Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.1 Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.2 Menghitung luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.3 Menentukan rumus luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak

C.      DESKRIPSI MATERI PELAJARAN :
1.      Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
2.       Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.       Pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram
4.      Cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
5.      Contoh dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
6.      Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.

D.      KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cara Hidup Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan.
o   Guru memberi stimulus dengan mengajukanpertanyaan, “Tahukah kalian bagian-bagian dari tumbuhan?”
o   Siswa mengamati gambar tanaman tomat, kemudian menuliskan pendapatnya mengenai bagian-bagian dari tanaman tomat. (Kegiatan Membaca)
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk teks bacaan yang ada.
o   Kemudian, siswa menyimpulkan isi bacaan yang sebelumnya dilakukan diskusi dengan teman sebangku sehingga mereka dapat saling bertukar pendapat dengan cara yang santun.
o   Siswa dibimbing guru untuk menyimpulkan bagianbagian dari tumbuhan
o   Rasa ingin tahu siswa dipancing dengan menunjukkan gambar pohon besar.
o   Kemudian, siswa menggali informasi dengan cara berdiskusi mengenai fungsi pohon.
o   Guru membimbing siswa dalam berdiskusi dan menyimpulkan fungsi pohon bagi kehidupan.
o   Siswa menuliskan fungsi pohon bagi kehidupan
o   Siswa mengamati benda-benda kerajinan berbentuk balok.
o   Siswa mencermati persoalan-persoalan matematika yang disajikan dalam buku siswa.
o   Siswa mengidentifikasikan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dalam uraian cerita persoalan matematika.
o   Siswa menggunakan pemahaman dan keterampilannya mengenai cara pengukuran luas balok.
o   Siswa dapat menyelesaikan persolan-persoalan matematika yang disajikan.
o   Selanjutnya secara mandiri, siswa mengerjakan soalsoal latihan yang berkaitan dengan konsep pengukuran luas balok.

KEGIATAN PENGAYAAN
Membuat Bangun Prisma
Siswa akan membuat sebuah bangun prisma dengan menentukan sendiri jumlah sisinya. Siswa juga membuat jaring-jaring prisma tersebut untuk mencari luas permukaan dan luas sisi-sisi permukaan prisma.

Langkah kerja:
o   Siswa membuat sebuah gambar bangun prisma.
o   Siswa menentukan lebar, panjang, dan tinggi bangun tersebut.
o   Siswa membuat jaring-jaring prisma.
o   Siswa menghitung luas permukaan dan luas sisi-sisi permukaan prisma.
o   Setelah kegiatan, siswa melakukan refleksi: apa yang mereka pelajari dan apa yang mereka rasakan pada saat melakukan kegiatan tersebut. Siswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan tersebut.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.   Melakukan penilaian hasil belajar
3.   Melakukan repleksi
4.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
5.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15    menit

E.       Penilaian :
1.      Aspek yang dinilai; a.Penilaian Sikap
                                              b.Penilaian Pengetahuan
                                              c. Penilaian Ketrampilan          
2.      Jenis penilaian;       a. observasi
                                        b.tertulis,lisan
                                        c . praktek,projek
3.      Instrumen Penilaian
4.      Rubrik dan  Penskoran Nilai;
a.      Rubrik Membuat Kesimpulan Bacaan
Kompetensi yang dinilai:
         Pengetahuan siswa dalam membuat kesimpulan bacaan akan bagian-bagian tanaman dan fungsinya
         Keterampilan siswa dalam menggunakan ide pokok dan menyajikan informasi dalam bentuk kesimpulan
         Sikap ketelitian dan kecermatan siswa dalam mencari informasi dan menyajikannya dalam bentuk kesimpulan

Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa dalam
membuat
kesimpulan
tentang
bagian-bagian
tanaman dan
fungsinya
sangat lengkap
dan jelas
Pengetahuan
siswa dalam
membuat
kesimpulan
tentang
bagian-bagian
tanaman dan
fungsinya
lengkap dan
jelas
Pengetahuan
siswa dalam
membuat
kesimpulan
tentang
bagian-bagian
tanaman dan
fungsinya
kurang lengkap
Pengetahuan
siswa dalam
membuat
kesimpulan
tentang
bagian-bagian
tanaman dan
fungsinya
masih
memerlukan
bantuan guru
Keterampilan
membuat
kesimpulan
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang tinggi
dalam
membuat
kesimpulan
menggunakan
ide
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang cukup
tinggi dalam
membuat
kesimpulan
menggunakan
ide
Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
membuat
kesimpulan
menggunakan
ide
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
dalam
membuat
kesimpulan
menggunakan
ide sehingga
membutuhkan
bantuan
guru dalam
membuat
kesimpulan
Sikap
ketelitian
dan
kecermatan
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian dan
kecermatan
yang sangat
baik dalam
mencari
informasi dan
menyajikannya
dalam bentuk
kesimpulan
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian dan
kecermatan
yang baik
dalam mencari
informasi dan
menyajikannya
dalam bentuk
kesimpulan
Siswa kurang
menunjukkan
sikap
ketelitian dan
kecermatan
dalam mencari
informasi dan
menyajikannya
dalam bentuk
kesimpulan
Siswa tidak
terlihat
menunjukkan
sikap
ketelitian dan
kecermatan
dalam mencari
informasi dan
menyajikannya
dalam bentuk
kesimpulan

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              
Skor Maksimal 12

Nilai    =


b.      Rubrik Menghitung Prisma
Kompetensi yang dinilai:

  • Pengetahuan siswa dalam menentukan rumus luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak
  • Ketrampilan siswa dalam mengolah informasi pada soal
  • Sikap ketelitian dan kecermatan siswa dalam menghitung
Aspek
Baik Sekali
Baik
cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Pengetahuan
siswa dalam
menentukan
menentukan
rumus luas
permukaan
heksahedron
dan prisma
segi banyak
dengan tepat
Pengetahuan
siswa dalam
menentukan
menentukan
rumus luas
permukaan
heksahedron
dan prisma
segi banyak
dengan cukup
tepat
Pengetahuan
siswa dalam
menentukan
menentukan
rumus luas
permukaan
heksahedron
dan prisma
segi banyak
dengan kurang
tepat
Pengetahuan
siswa dalam
menentukan
menentukan
rumus luas
permukaan
heksahedron
dan prisma
segi banyak
dengan kurang
tepat
Keterampilan
mengolah
informasi
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang tinggi
dalam
mengolah
informasi pada
soal
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang cukup
tinggi dalam
mengolah
informasi pada
soal
Siswa kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
mengolah
informasi pada
soal
Siswa tidak
menunjukkan
keterampilan
dalam
mengolah
informasi pada
soal
Sikap
ketelitian
dan
kecermatan
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian dan
kecermatan
yang baik
dalam
menghitung
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian dan
kecermatan
yang cukup
baik dalam
menghitung
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian dan
kecermatan
yang kurang
baik dalam
menghitung
Siswa tidak
terlihat
menunjukkan
sikap
ketelitian dan
kecermatan
dalam
menghitung

Keterangan :   
4 = sangat baik
3 = baik                                  
2 = cukup                   
1 = perlu bimbingan              

Skor Maksimal 12

Nilai    =


F.       Media, Alat dan Sumber Belajar
Media                : Gambar berbagai tumbuhan,
Alat/Bahan        :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan penunjang.


Mengetahui,                                                                            Sigli, ……,……………...2016
Kepala SD N 7 Sigli                                                               Guru Kelas V,



( Nurmalawati, S.Pd )                                                           ( Jusmaini, S.Pd )
NIP. 19710303 200212 2 001                                               NIP. 19711107 199411 2 001



LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Bongkarlah sambungan pada kardusmu sehingga terbentuk jaring-jaring balok.



Gambarlah jaring-jaring balok yang kamu peroleh beserta ukuran-ukurannya.




MEDIA
TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1




TEMA 6 KELAS 5 SUB 3 PB 1


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors