RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 7 Sigli
Kelas/Semester : V/ II
Tema 6 :
Organ Tubuh Manusia Dan Hewan
Sub
Tema 3/ Pembelajaran : Cara Hidup Manusia,
Hewan, dan Tumbuhan/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) / INDIKATOR
a) BAHASA INDONESIA
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa
atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam
sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin tentang
proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan), dan fungsiya, serta sistem pernapasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses
daur air,rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan)
dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.2.1 Mengidentifikasi
bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses
daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan
hasil praktik fotosintesa..
b) MATEMATIKA
1.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.3 Memiliki rasa ingin tahu dan
ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
3.3.1 Menyajikan
pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram.
3.3.2 Menggunakan
cara induktif dalam mengenal atau memprediksi suatu pola.
3.3.3 Memberi contoh
dan bukan contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
3.3.4 Menentukan
suatu konsep sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki.
4.12 Menemukan luas
permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.1 Menemukan
luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.2 Menghitung
luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak.
4.12.3 Menentukan
rumus luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak
C.
DESKRIPSI MATERI
PELAJARAN :
1.
Bagian-bagian
tumbuhan dan fungsinya.
2. Teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat
magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem
pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
3. Pernyataan matematika secara lisan, tertulis, dan diagram
4.
Cara induktif dalam
mengenal atau memprediksi suatu pola.
5.
Contoh dan bukan
contoh suatu konsep sesuai dengan definisi yang diberikan.
6.
Menemukan luas
permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cara Hidup
Manusia, Hewan, dan Tumbuhan”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o
Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa
tentang kegiatan yang akan dilakukan.
o
Guru memberi stimulus dengan mengajukanpertanyaan,
“Tahukah kalian bagian-bagian dari tumbuhan?”
o
Siswa mengamati gambar tanaman tomat, kemudian menuliskan
pendapatnya mengenai bagian-bagian dari tanaman tomat. (Kegiatan Membaca)
o
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk teks
bacaan yang ada.
o
Kemudian, siswa menyimpulkan isi bacaan yang sebelumnya
dilakukan diskusi dengan teman sebangku sehingga mereka dapat saling bertukar
pendapat dengan cara yang santun.
o
Siswa dibimbing guru untuk menyimpulkan bagianbagian
dari tumbuhan
o
Rasa ingin tahu siswa dipancing dengan menunjukkan gambar
pohon besar.
o
Kemudian, siswa menggali informasi dengan cara berdiskusi
mengenai fungsi pohon.
o
Guru membimbing siswa dalam berdiskusi dan menyimpulkan
fungsi pohon bagi kehidupan.
o
Siswa menuliskan fungsi pohon bagi kehidupan
o
Siswa mengamati benda-benda kerajinan berbentuk balok.
o
Siswa mencermati persoalan-persoalan matematika yang
disajikan dalam buku siswa.
o
Siswa mengidentifikasikan informasi-informasi
penting yang mereka dapatkan dalam uraian cerita persoalan matematika.
o
Siswa menggunakan pemahaman dan keterampilannya mengenai
cara pengukuran luas balok.
o
Siswa dapat menyelesaikan persolan-persoalan matematika
yang disajikan.
o
Selanjutnya secara mandiri, siswa mengerjakan
soalsoal latihan yang berkaitan dengan konsep pengukuran luas balok.
KEGIATAN
PENGAYAAN
“Membuat
Bangun Prisma”
Siswa akan
membuat sebuah bangun prisma dengan menentukan sendiri jumlah sisinya. Siswa
juga membuat jaring-jaring prisma tersebut untuk mencari luas permukaan dan luas
sisi-sisi permukaan prisma.
Langkah
kerja:
o
Siswa
membuat sebuah gambar bangun prisma.
o
Siswa
menentukan lebar, panjang, dan tinggi bangun tersebut.
o
Siswa
membuat jaring-jaring prisma.
o
Siswa
menghitung luas permukaan dan luas sisi-sisi permukaan prisma.
o
Setelah
kegiatan, siswa melakukan refleksi: apa yang mereka pelajari dan apa yang mereka
rasakan pada saat melakukan kegiatan tersebut. Siswa juga diberikan kesempatan
untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan tersebut.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar selama sehari.
2. Melakukan penilaian hasil belajar
3. Melakukan repleksi
4. Menyampaikan pesan moral/belajar.
5. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E.
Penilaian :
1. Aspek yang dinilai; a.Penilaian
Sikap
b.Penilaian Pengetahuan
c. Penilaian Ketrampilan
2. Jenis penilaian; a.
observasi
b.tertulis,lisan
c . praktek,projek
3.
Instrumen
Penilaian
4.
Rubrik
dan Penskoran Nilai;
a.
Rubrik Membuat
Kesimpulan Bacaan
Kompetensi yang dinilai:
•
Pengetahuan siswa dalam membuat kesimpulan bacaan akan bagian-bagian tanaman dan
fungsinya
•
Keterampilan siswa dalam menggunakan ide pokok dan menyajikan informasi dalam bentuk
kesimpulan
•
Sikap ketelitian dan kecermatan siswa dalam mencari informasi dan
menyajikannya dalam
bentuk kesimpulan
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa
dalam
membuat
kesimpulan
tentang
bagian-bagian
tanaman
dan
fungsinya
sangat
lengkap
dan jelas
|
Pengetahuan
siswa
dalam
membuat
kesimpulan
tentang
bagian-bagian
tanaman
dan
fungsinya
lengkap
dan
jelas
|
Pengetahuan
siswa
dalam
membuat
kesimpulan
tentang
bagian-bagian
tanaman
dan
fungsinya
kurang lengkap
|
Pengetahuan
siswa
dalam
membuat
kesimpulan
tentang
bagian-bagian
tanaman
dan
fungsinya
masih
memerlukan
bantuan guru
|
Keterampilan
membuat
kesimpulan
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang
tinggi
dalam
membuat
kesimpulan
menggunakan
ide
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang
cukup
tinggi
dalam
membuat
kesimpulan
menggunakan
ide
|
Siswa
kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
membuat
kesimpulan
menggunakan
ide
|
Siswa
tidak
menunjukkan
keterampilan
dalam
membuat
kesimpulan
menggunakan
ide
sehingga
membutuhkan
bantuan
guru
dalam
membuat
kesimpulan
|
Sikap
ketelitian
dan
kecermatan
|
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian
dan
kecermatan
yang
sangat
baik
dalam
mencari
informasi
dan
menyajikannya
dalam
bentuk
kesimpulan
|
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian
dan
kecermatan
yang baik
dalam
mencari
informasi
dan
menyajikannya
dalam
bentuk
kesimpulan
|
Siswa
kurang
menunjukkan
sikap
ketelitian
dan
kecermatan
dalam
mencari
informasi
dan
menyajikannya
dalam
bentuk
kesimpulan
|
Siswa
tidak
terlihat
menunjukkan
sikap
ketelitian
dan
kecermatan
dalam
mencari
informasi
dan
menyajikannya
dalam
bentuk
kesimpulan
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
b. Rubrik
Menghitung Prisma
Kompetensi yang
dinilai:
- Pengetahuan siswa dalam menentukan rumus luas permukaan heksahedron dan prisma segi banyak
- Ketrampilan siswa dalam mengolah informasi pada soal
- Sikap ketelitian dan kecermatan siswa dalam menghitung
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
cukup
|
Perlu bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan
|
Pengetahuan
siswa
dalam
menentukan
menentukan
rumus
luas
permukaan
heksahedron
dan
prisma
segi
banyak
dengan tepat
|
Pengetahuan
siswa
dalam
menentukan
menentukan
rumus
luas
permukaan
heksahedron
dan
prisma
segi
banyak
dengan
cukup
tepat
|
Pengetahuan
siswa dalam
menentukan
menentukan
rumus
luas
permukaan
heksahedron
dan
prisma
segi
banyak
dengan
kurang
tepat
|
Pengetahuan
siswa
dalam
menentukan
menentukan
rumus
luas
permukaan
heksahedron
dan
prisma
segi
banyak
dengan
kurang
tepat
|
Keterampilan
mengolah
informasi
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang
tinggi
dalam
mengolah
informasi
pada
soal
|
Siswa
menunjukkan
keterampilan
yang
cukup
tinggi
dalam
mengolah
informasi
pada
soal
|
Siswa
kurang
menunjukkan
keterampilan
dalam
mengolah
informasi
pada
soal
|
Siswa
tidak
menunjukkan
keterampilan
dalam
mengolah
informasi
pada
soal
|
Sikap
ketelitian
dan
kecermatan
|
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian
dan
kecermatan
yang baik
dalam
menghitung
|
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian
dan
kecermatan
yang
cukup
baik
dalam
menghitung
|
Siswa
menunjukkan
sikap
ketelitian
dan
kecermatan
yang
kurang
baik
dalam
menghitung
|
Siswa
tidak
terlihat
menunjukkan
sikap
ketelitian
dan
kecermatan
dalam
menghitung
|
Keterangan :
4 = sangat
baik
3 = baik
2 = cukup
1 = perlu
bimbingan
Skor
Maksimal 12
Nilai =
F.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
Media : Gambar berbagai
tumbuhan,
Alat/Bahan :
Sumber Belajar : Buku siswa dan buku guru, bacaan
penunjang.
Mengetahui, Sigli, ……,……………...2016
Kepala SD N 7 Sigli Guru Kelas V,
(
Nurmalawati,
S.Pd ) (
Jusmaini,
S.Pd )
NIP.
19710303
200212 2 001 NIP. 19711107
199411 2 001
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Bongkarlah sambungan pada kardusmu sehingga terbentuk
jaring-jaring balok.
Gambarlah jaring-jaring balok yang kamu peroleh
beserta ukuran-ukurannya.
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment