Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 6

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 17 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Aku dan Cita-citaku/ 6
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.4 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasaarkan pengamatan
3.4.1 Mengenal karya tiga dimensi
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
4.4.1 Membuat sebuah karya tiga Dimensi

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Mempraktikkan teks instruksi
4.4 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4.1 Menceritakan kembali teks instruksi

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.15 Mengenal sifat dari garis paralel
3.15.1 Mengaplikasikan garis paralel, berpotongan dan tegak lurus

d) Evaluasi

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Berkreasi membuat boneka diri Analisis garis paralel, garis tegak lurus, dan garis berpotongan
  2. Membuat karangan
  3. Evaluasi

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati cara pembuatan boneka diri yang didemontrasikan oleh guru.
o   Siswa membuat boneka diri sesuai kreasi dirinya
o   Siswa menuliskan cara membuat boneka diri secara runtut.
o   Dalam tulisannya siswa juga menuliskan perasaannya saat kegiatan membuat boneka diri.
o   Siswa mengerjakan evaluasi.
o   Selama kegiatan evaluasi, guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan secara mandiri selama kurang lebih 1 jam.
o   Setelah itu, guru berdiskusi dengan siswa untuk membahas soal evaluasi. Bagi siswa yang belum dapat mengerjakan sebagian besar soal dengan benar, dicatat oleh guru dan dikomunikasikan kepada orang tua. Guru juga akan membuat program khusus agar siswa dapat meningkatkan pemahaman tentang materi belajar 1 minggu ini.
o   Dalam kegiatan evaluasi siswa diminta untuk:
o   Membuat sebuah denah lokasi yang di dalamnya terdapat:
o   Bentuk garis paralel
o   Bentuk garis perpotongan
o   Membuat sebuah aturan yang isinya tentang hak dan kewajiban dalam pemakaian kendaraan di jalan raya tersebut.
o   Menulis sebuah karangan dengan tema “Jika aku menjadi seorang presiden Republik
o   Indonesia”. Dalam cerita yang dibuatnya harus terdapat cerita yang menunjukkan perilaku masyarakat yang mengamalkan setiap sila dalam Pancasila.
o   Siswa mengelompokkan sumber daya alam hayati dan nonhayati dan memberikan alasan setiap jawaban.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   ---

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Bila siswa ada yang belum memahami materi dapat diberikan tambahan waktu belajar pada saat pulang sekolah/disesuaikan dengan waktu luang yang ada ditiap sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
1. Daftar Periksa SBdP
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Melakukan kegiatan sesuai instruksi


2
Melakukan kegiatan tepat waktu


3
Bekerja sama



2. Daftar Periksa Matematika
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menemukan semua garis paralel


Menemukan semua garis berpotongan


Menemukan semua garis tegak lurus



3. Rubrik Bahasa Indonesia
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Isi
Keseluruhan isi
cerita yang ditulis terdapat hal-hal yang diminta.
Sebagian besar
isi cerita yang
ditulis terdapat
hal-hal yang diminta.
Sebagian isi
cerita yang
ditulis terdapat
hal-hal yang diminta
Sebagian kecil isi cerita yang ditulis terdapat hal-hal yang diminta.
Tata
Bahasa
Keseluruhan isi
cerita sudah
mengaplikasikan
penggunaan
huruf besar dan
huruf kecil, tanda
koma, dan kata
sambung dengan
semua benar
Sebagian besar
isi cerita sudah
mengaplikasikan
penggunaan
huruf besar
dan huruf
kecil, tanda
koma, dan
kata sambung
dengan semua
benar.
Sebagian isi
cerita sudah
mengaplikasikan
penggunaan
huruf besar
dan huruf
kecil, tanda
koma, dan
kata sambung
dengan semua
benar.
Sebagian kecil
isi cerita sudah
mengaplikasikan
penggunaan
huruf besar dan
huruf kecil, tanda koma, dan kata sambung dengan
semua benar.
Kosakata
Seluruh cerita
menggunakan
kosakata baku
Sebagian
besar cerita
menggunakan
kosakata baku.
Sebagian cerita
menggunakan
kosakata baku
Sebagian
kecil cerita
menggunakan
kosakata baku.
Sikap
Dapat
menyelesaikan
pekerjaan sesuai
dengan waktu
yang ditentukan
dan mandiri
Dapat
menyelesaikan
pekerjaan sesuai
dengan waktu
yang ditentukan
namun masih
masih sedikit
mendapat
bantuan guru
Dapat
menyelesaikan
pekerjaan
dengan mandiri
namun perlu
waktu lebih.
Belum dapat
menyelesaikan
pekerjaan
sesuai dengan
waktu yang
ditentukan dan
belum mandiri.

4. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Botol bekas, pasir/batu kerikil, karton bekas, tisu/koran bekas, lem cair, kuas, spidol, cat



Mengetahui,                                                                        Tijue, 3 Februari 2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004



Evaluasi

1.     Setelah kita membahas garis paralel, saatnya kamu menggambar garis parallel dan garis berpotongan. Beri tanda () pada gambar yang memiliki garis parallel dan tanda (X) pada gambar yang memiliki garis berpotongan.



2.     Buatlah sebuah denah lokasi yang di dalamnya terdapat:

a.    garis paralel
b.    garis perpotongan
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................


3.     Buatlah sebuah aturan yang isinya tentang hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 6

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 1
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 2
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 3
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 4
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 5

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors