Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 5

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 5

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Tuesday 17 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Aku dan Cita-citaku/ 5
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menuliskan kewajiban sebagai seorang pelajar
3.3 Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat
3.3.1 Membuat rencana untuk melaksanakan kewajiban sebagai pelajar
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.2.1 Menjelaskan manfaat kerja sama dengan teman
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.3.1 Mengaplikasikan konsep kerja Sama

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan teks instruksi tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1 Mempraktikkan teks instruksi
4.2 Menerangkan dan mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang pemeliharaan pancaindera serta penggunaan alat teknologi modern dan tradisional dengan bantuan guru dan teman dalam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1 Menceritakan kembali teks instruksi

c) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.15 Mengenal sifat dari garis paralel
3.15.1 Mengidentifikasi garis paralel pada gambar
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
4.9.1 Mengenal konsep pola geometri

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Membuat refleksi sikap belajar
  2. Membuat kartu ucapan
  3. Mengamati garis paralel, tegak lurus dan berpotongan pada bangun datar dan bangun ruang

D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati berbagai bentuk bangun pada corak batik yang ditemukan. Saat kegiatan mengamati, guru mendorong siswa untuk melakukan pengamatan dengan saksama. Giring siswa pada tema cita-cita agar menjadi seorang pelajar yang teliti
o   Siswa diminta memerhatikan berbagai bentuk motif kain batik berdasarkan buku siswa.
o   Mereka akan menuliskan pasangan-pasangan garis sejajar yang dapat ditemukan.
o   Mereka akan menuliskan bangun-bangun persegi pada gambar tersebut.
o   Siswa menghubungkan titik tengah dari bangun tadi.
o   Siswa bereksplorasi dengan membuat bangun persegi sebanyak mungkin.
o   Siswa melakukan refleksi yang diawali dengan menuliskan minimal 8 kebiasaan baik yang perlu dimiliki sebagai seorang pelajar di sekolah dan di rumah dan mendiskusikan dengan teman lain di kelas.
o   Siswa membuat penilaian diri tentang hal-hal yang sudah dan belum dilakukan sebagai seorang pelajar.
o   Siswa menuliskan refleksi dan rencana untuk mengembangkan diri dengan lebih baik
o   Siswa dibagi dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 9 orang siswa.
o   Setiap kelompok akan membuat instruksi cara membuat kartu ucapan selamat atas telah diraih suatu prestasi (contoh: naik kelas, memenangkan lomba).
o   Setiap anggota melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi yang diberikan kepada anggota masing-masing.
o   Guru mengingatkan siswa untuk mematuhi instruksi yang ada dan tidak melakukan kegiatan yang bukan menjadi tugasnya.
o   Selama kegiatan, guru berkeliling mengecek kelengkapan dan kesesuaian instruksi yang ada. Jika terjadi kesalahan, minta kelompok tersebut kembali lagi pada instruksi awal untuk memperbaikinya.
o   Siswa menuliskan pengalaman bekerja sama mebuat kartu pada kegiatan sebelumnya.
o   Guru dapat memberikan pertanyaan pendukung seperti:
o   Apa yang kamu rasakan saat bekerja sama dengan temanmu itu?
o   Apakah setiap temanmu melakukan pekerjaan yang sama?
o   Apakah setiap orang mempunyai kewajiban untuk mengerjakan tugasnya dengan baik?
o   Hal apa saja yang dapat kamu pelajari dari kegiatan itu?
o   Guru mendorong dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang ingin siswa ketahui lebih lanjut.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Kegiatan mengamati pola geometri dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan untuk menemukan gambar di sekitar sekolah yang memiliki pola geometri.
o   Kegiatan lainnya yaitu dengan meminta siswa untuk membawa gambar/kain/benda lain yang memiliki pola geometri.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Bila siswa ada yang belum memahami sifat garis paralel, dapat diberikan tambahan waktu belajar pada saat pulang sekolah atau disesuaikan dengan waktu luang yang ada di tiap sekolah.
 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).



Penilaian
1. Daftar Periksa PPKn
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menuliskan 8 kebiasaan baik sebagai seorang pelajar


Menuliskan refleksi sikap diri


Membuat rencana perbaikan



2. Daftar Periksa Bahasa Indonesia dan PPKn
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Melakukan kegiatan sesuai instruksi


Melakukan kegiatan tepat waktu


Bekerja sama



3. Matematika
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menemukan pasangan garis sejajar


Menemukan bangun persegi yang diminta


Menyimpulkan tentang pola geometri


Menemukan pola geometri pada gambar



5. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Kardus bekas dengan berbagai bentuk



Mengetahui,                                                                        Tijue, 2 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

Tuliskan paling sedikit 8 kebiasaan baik yang perlu dimiliki oleh seorang pelajar.
Diskusikan dengan temanmu!


MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 5
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors