RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 7 :
Cita-Citaku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Aku dan Cita-citaku/ 4
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematia
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.15 Mengenal sifat dari garis paralel
3.15.1 Menemukan
garis paralel pada gambar
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
4.9.1 Memahami
konsep sudut sehadap dan sudut
berseberangan.
b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmi ah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan
hubungan antara
sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan
masyarakat
3.7.1 Mengidentifikasi
penggunaan salah satu
sumber daya alam pada
kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan
laporan tentang sumberdaya
alam dan pemanfaatannya
oleh masyarakat
4.6.1 Menyimpulkan
sifat bahan yang berasal
dari alam dan buatan
c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami
hak dan kewajiban sebagai
warga dalam kehidupan sehari-hari
di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan
aturan-aturan yang harus
dijalankan saat kegiatan percobaan
4.2 Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat
.4.2.1 Mengikuti
aturan percobaan.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Latihan gerakan senam lantai
- Mencocokkan pekerjaan dan alat serta SDA yang digunakan
- Analisis penggunaan garis paralel, tegak lurus, dan berpotongan
- Mengenal aturan dalam berkendaraan umum
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa bersama dengan guru berdiskusi
tentang alat-alat yang digunakan oleh beberapa pekerja yang dicontohkan oleh guru.
o Siswa menuliskan berbagai hal yang ia ketahui tentang gambar yang ada. (jenis motif,
sumber daya alam, pekerjaan yang menggunakannya, dll)
o Siswa membuat percobaan dengan memanfaatkan
salah satu sumber daya alam yaitu daun suji.
o Siswa melakukan kegiatan membatik dengan
mengamati demonstrasi guru dan mengamati instruksi yang ada.
o Siswa mengisi tabel untuk dapat
membandingkan daya serap kain yang berbeda-beda.
o Ajak siswa untuk berfikir kritis dengan
mengajukan beberapa pertanyaan:
o Apa yang menyebabkan hasil jumputan
berbeda?
o Apa yang terjadi bila jumputan itu direndam
dengan waktu yang berbeda? dll
o Siswa dapat pula diajak untuk mengamati
jenis kain yang digunakan atau kain-kain lain yang ada di lingkungan sekolah.
o Siswa berdiskusi dengan teman dalam
kelompok dan menuliskan hal-hal yang seharusnya dilakukan dan tidak lakukan pada saat melakukan
percobaan.
o Siswa mempresentasikan hasil diskusinya.
Siswa lain mendengarkan dan dapat memberikan pendapatnya atas presentasi temannya.
o Guru mengonfirmasi jawaban siswa.
o Siswa memperhatikan instruksi yang ada di
buku.
o Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
o Pada kegiatan kewajiban mentaati aturan,
siswa juga dapat membahas tentang aturan berkendaraan di jalan, aturan pejalan kaki
dan aturan lain yang perlu dikuatkan lagi di sekolah masing-masing.
Remedial
o (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa
yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o Bila
siswa ada yang belum memahami konsep garis pararel, berpotongan, dan tegak lurus dapat diberikan tambahan
waktu belajar pada saat pulang sekolah/disesuaikan dengan waktu luang yang ada di
setiap sekolah.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1.
Daftar Periksa IPA
No
|
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
1
|
Menuliskan sumber daya alam dan manfaatnya sehari-hari
|
|
|
2
|
Menemukan alasan perbedaan hasil celupan dari kedua kain
|
|
|
3
|
Menemukan perbedaan hasil celupan
dari
kedua
kain
|
|
|
2. Daftar
Periksa Matematika
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Menemukan
konsep sudut sehadap
|
|
|
Menemukan konsep sudut
berseberangan
|
|
|
Menemukan
contoh sudut sehadap lain
|
|
|
Menemukan contoh sudut
berseberangan lain
|
|
|
3. Daftar
Periksa PPKn
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Sudah
|
Belum
|
||
1
|
Menuliskan hal–hal yang boleh dilakukan saat melakukan percobaan
|
|
|
2
|
Menuliskan hal–hal yang tidak
boleh dilakukan saat melakukan percobaan
|
|
|
3
|
Menuliskan manfaat mematuhi aturan
|
|
|
4. Penilaian sikap (cinta lingkungan,
menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Gambar hewan
langka dan tidak langka
Mengetahui, Tijue,
1 Februari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
1.
Perhatikan kembali gambar di atas
Sudut Sehadap
|
Sudut
Berseberangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Jiplaklah sudut a dan b pada kertas kosong. Tentukan sudut-sudut
yang sama besar dengan sudut a! Tentukan sudut-sudut yang sama besar dengan sudut b !
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment