Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 4

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 4

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 16 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Aku dan Cita-citaku/ 4
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) Matematia
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.15 Mengenal sifat dari garis paralel
3.15.1 Menemukan garis paralel pada gambar
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
4.9.1 Memahami konsep sudut sehadap dan sudut berseberangan.

b) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmi ah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
3.7.1 Mengidentifikasi penggunaan salah satu sumber daya alam pada kehidupan sehari-hari
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
4.6.1 Menyimpulkan sifat bahan yang berasal dari alam dan buatan

c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
3.2.1 Menjelaskan aturan-aturan yang harus dijalankan saat kegiatan percobaan
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
.4.2.1 Mengikuti aturan percobaan.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Latihan gerakan senam lantai
  2. Mencocokkan pekerjaan dan alat serta SDA yang digunakan
  3. Analisis penggunaan garis paralel, tegak lurus, dan berpotongan
  4. Mengenal aturan dalam berkendaraan umum
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa bersama dengan guru berdiskusi tentang alat-alat yang digunakan oleh beberapa pekerja yang dicontohkan oleh guru.
o   Siswa menuliskan berbagai hal yang ia ketahui tentang gambar yang ada. (jenis motif, sumber daya alam, pekerjaan yang menggunakannya, dll)
o   Siswa membuat percobaan dengan memanfaatkan salah satu sumber daya alam yaitu daun suji.
o   Siswa melakukan kegiatan membatik dengan mengamati demonstrasi guru dan mengamati instruksi yang ada.
o   Siswa mengisi tabel untuk dapat membandingkan daya serap kain yang berbeda-beda.
o   Ajak siswa untuk berfikir kritis dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
o   Apa yang menyebabkan hasil jumputan berbeda?
o   Apa yang terjadi bila jumputan itu direndam dengan waktu yang berbeda? dll
o   Siswa dapat pula diajak untuk mengamati jenis kain yang digunakan atau kain-kain lain yang ada di lingkungan sekolah.
o   Siswa berdiskusi dengan teman dalam kelompok dan menuliskan hal-hal yang seharusnya dilakukan dan tidak lakukan pada saat melakukan percobaan.
o   Siswa mempresentasikan hasil diskusinya. Siswa lain mendengarkan dan dapat memberikan pendapatnya atas presentasi temannya.
o   Guru mengonfirmasi jawaban siswa.
o   Siswa memperhatikan instruksi yang ada di buku.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Pada kegiatan kewajiban mentaati aturan, siswa juga dapat membahas tentang aturan berkendaraan di jalan, aturan pejalan kaki dan aturan lain yang perlu dikuatkan lagi di sekolah masing-masing.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Bila siswa ada yang belum memahami konsep garis pararel, berpotongan, dan tegak lurus dapat diberikan tambahan waktu belajar pada saat pulang sekolah/disesuaikan dengan waktu luang yang ada di setiap sekolah.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Daftar Periksa IPA
No
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
1
Menuliskan sumber daya alam dan manfaatnya sehari-hari


2
Menemukan alasan perbedaan hasil celupan dari kedua kain


3
Menemukan perbedaan hasil celupan dari
kedua kain



2. Daftar Periksa Matematika
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Menemukan konsep sudut sehadap


Menemukan konsep sudut berseberangan


Menemukan contoh sudut sehadap lain


Menemukan contoh sudut berseberangan lain



3. Daftar Periksa PPKn
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Menuliskan hal–hal yang boleh dilakukan saat melakukan percobaan


2
Menuliskan hal–hal yang tidak boleh dilakukan saat melakukan percobaan


3
Menuliskan manfaat mematuhi aturan



4. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka




Mengetahui,                                                                        Tijue, 1 Februari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004





LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)






 
1.     Perhatikan kembali gambar di atas
Sudut Sehadap
Sudut Berseberangan

















2.      Jiplaklah sudut a dan b pada kertas kosong. Tentukan sudut-sudut yang sama besar dengan sudut a! Tentukan sudut-sudut yang sama besar dengan sudut b !

…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………

MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 4

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 4
 

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors