Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 3

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Monday 16 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                   : Cita-Citaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Aku dan Cita-citaku/ 3
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
3.5 Memahami konsep kombinasi pola gerak dasar dominan statis dan dinamis untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: handstand, kayang, meroda, dsb).
3.5.1 Melakukan gerakan sikap lilin
4.5 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar dominan statis dan dinamis untuk membentuk keterampilan/ teknik dasar senam (seperti: handstand, kayang, meroda, dsb).
4.5.1 Melakukan gerakan kayang
4.5.2 Melakukan gerakan berguling depan dan belakang

b) Matematika
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat, dan teliti, jujur, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
3.15 Mengenal sifat dari garis parallel
3.15.1 Menjelaskan tentang garis paralel, dan berpotongan.
3.15.2 Membedakan garis paralel, dan berpotongan.

c) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4 Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar
3.4.1 Menceritakan sebuah kelembagaan sosial yang ada di masyarakat
4.4 Mendeskripsikan kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, pendidikan, ekonomi, dan budaya di masyarakat sekitar
4.4.1 Menjelaskan peranan kelembagaan sosial di lingkungan masyarakat

d) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat.
3.2.1 Mendeskripsikan salah satu hak yang seharusnya didapat sebagai warga negara  
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2.1 Mendeskripsikan salah satu kewajiban yang seharusnya dilakukan sebagai warga negara untuk melestarikan alam

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
  1. Mengenal konsep garis paralel, tegak lurus, dan berpotongan
  2. Menganalisis kondisi lingkungan
  3. Mengenal lembaga sosial
  4. Melakukan aktivitas kebugaran jasmani
 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa memberikan pendapat tentang prestasi yang diperoleh pesenam Dinda Defriana
o   Siswa melakukan kegiatan olahraga senam lantai. Kegiatan diawali dengan membaca doa.
o   Guru dapat memulai pelajaran dengan bercerita tentang seseorang yang bercita-cita sebagai pesenam lantai.
o   Siswa berlatih melakukan gerakan senam lantai dengan bimbingan guru dan melihat peragaan dari guru.
o   Apabila kegiatan ini tidak dapat dilakukan dalam 1 kali pertemuan, guru dapat melakukannya dalam 2 kali pertemuan pada hari yang berbeda.
o   Siswa mengamati gambar untuk menemukan sifat-sifat jenis garis (paralel dan berpotongan)
o   Siswa membuat kesimpulan dari konsep garis paralel dan berpotongan.

Pengertian garis
o   Garis adalah komponen pembentuk bangun datar dan bangun ruang dalam matematika. Garis selalu digambarkan sebagai garis lurus yang kedua ujungnya memiliki anak panah.
o   Nama garis yang melalui dua titik A dan B sebagai “garis AB”.
o   Berkepala dua panah di atas garis menandakan AB melalui titik A dan B.
o   Siswa mengamati gambar. Dorong siswa untuk dapat mengamati gambar dengan sangat detail. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu ataupun berpasangan.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa.
o   Guru mendorong siswa untuk aktif memberikan pendapat saat berdiskusi menemukan jawaban dari pertanyaan yang ada.
o   Guru mengonfirmasi jawaban siswa dan menanyakan hal-hal lain yang ingin diketahui lebih lanjut kepada siswa
o   Siswa membaca bacaan tentang salah satu lembaga di bidang sosial. Kaitkan materi dengan tema, yaitu cita-cita.
o   Siswa diminta untuk berpendapat tentang contoh cita-cita yang berhubungan dengan bidang sosial.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku (sebagai bahan bacaan guru tentang
o   WALHI, guru dapat membacanya pada halaman 45).
o   Siswa diminta untuk berdiskusi tentang hak dan kewajiban warga negara terhadap lingkungan tempat tinggalnya.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
o   Kegiatan mengenal lembaga sosial dapat dilakukan juga dengan melakukan kunjungan langsung ke salah satu lembaga sosial yang dekat dengan lingkungan sekolah. Siswa dapat melakukan wawancara langsung dengan pengurus/anggota dari lembaga itu.
o   Setelah kegiatan, siswa dapat membuat jurnal/catatan tentang hal-hal apa saja yang dipelajari dari kunjungan tersebut.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).

Penilaian
1. Daftar Periksa Matematika
No
Keterangan
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Menentukan garis paralel dengan benar


2
Menentukan garis berpotongan dengan benar


3
Menuliskan kesimpulan tentang sifat garis paralel



2. Daftar Periksa IPS
Kriteria
Sudah
Belum
Menjelaskan perubahan kenampakan hutan secara
lengkap


Menjelaskan dampak negatif dari perubahan akibat
kenampakan hutan


Memberikan pendapat tentang kenampakan hutan
yang terjadi


Memberikan ide perbaikan kenampakan hutan



3. Daftar Periksa PPKn
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Menjelaskan tentang salah satu lembaga sosial (WALHI)


2
Memberikan ide tentang kegiatan yang dapat dilakukan di lingkungan masyarakat


3
Memberikan ide untuk pengembangan lembaga sosial


4
Menyebutkan salah satu contoh lembaga sosial yang ada di daerah tempat tinggal


5
Menyebutkan kewajiban masyarakat terhadap lingkungan tempat tinggalnya


6
Menyebutkan hak masyarakat terhadap lingkungan tempat tinggalnya



4. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Matras, gambar-gambar gerakan senam



Mengetahui,                                                                        Tijue, 30 Januari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

 
 Berikan Pendapatmu tentang prestasi Dinda!

...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
........................................................................................................................................... 
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................
...........................................................................................................................................


MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 3

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 3
 


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors