RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 7 :
Cita-Citaku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Aku dan Cita-citaku/ 2
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1 Mengenal
karya dua dan tiga dimensi
berdasarkan pengamatan.
3.1.1 Menggambar
sebuah pekerjaan sesuai
dengan penjelasan yang ada.
4.1 Menggambar
alam berdasarkan pengamatan
keindahan alam.
4.1.1 Mendeskripsikan
gambar yang dibuatnya.
b) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4 Memahami
kehidupan manusia dalam
kelembagaan sosial, ekonomi,
pendidikan, dan budaya di
masyarakat sekitar.
3.4.1 Mengidentifikasi
kelembagaan budaya yang
ada di masyarakat setempat.
4.4 Mendeskripsikan
kehidupan manusia
dalam kelembagaan sosial,
pendidikan, ekonomi, dan budaya di
masyarakat sekitar.
4.1.1 Menjelaskan
peranan kelembagaan budaya di lingkungan masyarkat
setempat.
c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
3.1.1 Menguraikan
isi dari tiap paragraf dari teks
laporan.
4.1 Mengamati,
mengolah, dan menyajikan
teks laporan hasil pengamatan
tentang gaya, gerak, energi
panas, bunyi, dan cahaya dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku
4.1.1 Menjelaskan
penggunaan kata sambung
pada sebuah teks..
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
- Mengenal Lembaga Budaya TIM
- Membuat seni kolase
- Menganalisis penggunaan kata sambung
- Membuat karangan
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa dikenalkan dengan pekerjaan di bidang seni. Siswa dapat ditunjukkan dengan
gambargambar pekerja seni (lokal atau internasional) atau dengan memberikan contoh hasil karya mereka (lagu, lukisan, gambar/foto hasil karya
mereka).
o Siswa membaca teks yang ada di buku.
o Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku.
o Guru memberikan konfirmasi jawaban dan
dapat dikenalkan tempat-tempat mereka bekerja.
o Siswa berdiskusi untuk menjelaskan teknik
mengolase.
o Siswa membuat sebuah karya dengan teknik
kolase.
o Siswa menukar hasil karyanya untuk diberi
komentar/tanggapan.
o Siswa diminta untuk memberikan refleksi
tentang kegiatan membuat kolase. Hal baik apa saja yang dapat dipelajari dari
kegiatan itu.
o Guru mengonfirmasi diskusi siswa tentang
ketekunan dan keseriusan dalam melakukan pekerjaan sangat diperlukan serta terus
berlatih dalam melakukan kegiatan dapat membantu siswa meraih cita-citanya.
o Siswa mengamati berbagai pekerjaan yang ada
di lingkungan sekolah.
o Siswa menuliskan laporan berdasarkan hasil
pengamatan.
o Siswa diingatkan dalam penggunaan huruf
besar dan kata sambung.
o Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
Pengayaan
Remedial
o (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa
yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Rubrik
SBdP
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu berlatih
lagi
|
Teknik
Pengeleman
|
Seluruh media
kerja sudah
menggunakan lem sesuai kebutuhan.
|
Sebagian
besar media
kerja sudah
menggunakan
lem sesuai kebutuhan
|
Sebagian media
kerja sudah
menggunakan lem sesuai kebutuhan.
|
Sebagian
kecil media
kerja sudah
menggunakan
lem sesuai
kebutuhan.
|
Kerapian
|
Saat bekerja
sudah
memperhatikan
kebersihan kertas kerja, kerapian
penempelan
media sesuai
dengan luas
kertas kerja yang
digunakan
|
Saat bekerja
sudah
memperhatikan
kebersihan kertas kerja, kerapian
penempelan
media hanya
sebagian besar
yang sesuai
dengan luas
kertas kerja yang digunakan.
|
Saat bekerja sudah
memperhatikan
kebersihan kertas kerja, kerapian
penempelan media hanya sebagian
yang sesuai dengan
luas kertas kerja yang digunakan
|
Saat bekerja
sudah
memperhatikan
kebersihan
kertas kerja,
tetapi kerapian
penempelan
media hanya
sebagian kecil
yang sesuai
dengan luas
kertas kerja
yang
digunakan
|
Ketepatan
Waktu
Bekerja
|
Menyelesaikan
pekerjaan sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan
|
Sebagian besar
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan
|
Setengah pekerjaan
dapat diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan
|
Sebagian kecil
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan
|
2. IPS
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Sudah
|
Belum
|
||
1
|
Menjelaskan
manfaat didirikan lembaga kesenian
|
|
|
2
|
Menyebutkan salah satu contoh
lembaga seni/budaya yang ada di daerah tempat
tinggal
|
|
|
3.
Rubrik Bahasa Indonesia
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu berlatih
lagi
|
Isi tulisan
|
Bercerita tentang paling sedikit 4 hal
yang terjadi di masa depannya
|
Bercerita tentang
paling sedikit 3
hal yang terjadi di masa depannya.
|
Bercerita
tentang paling
sedikit 2 hal
yang terjadi
di masa depannya
|
Bercerita
tentang paling
sedikit 1 hal
yang terjadi
di masa depannya
|
Pengunan
Huruf besar dan
Tanda baca
|
Seluruh tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik,
tanda koma, dan
kata sambung
dengan
tepat
|
Sebagian
besar tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik,
tanda koma, dan
kata sambung
dengan
tepat.
|
Sebagian
tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik,
tanda koma,
dan kata
sambung
dengan
tepat
|
Sebagian
kecil tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik,
tanda koma,
dan kata
sambung
dengan
tepat
|
Pemilihan
kata
|
Seluruh tulisan
menggunakan
kosakata
baku
|
Sebagian besar
tulisan
menggunakan
kosakata baku
|
Sebagian
tulisan
menggunakan
kosakata
baku
|
Sebagian
kecil tulisan
menggunakan
kosakata baku
|
4. Penilaian sikap (cinta lingkungan,
menghargai, peduli). Contoh terlampir di halaman
151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Gambar hewan
langka dan tidak langka
Mengetahui, Tijue,
29 Januari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
Amati berbagai pekerjaan yang ada di lingkungan
sekolah. Tulislah hasil laporan
berdasarkan hasil pengamatanmu Saat membuat laporan, perhatikan
penggunaan huruf besar dan kata sambung!
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment