Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 2

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 2

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Sunday 15 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                     : 4/II
Tema 7                                  : Cita-Citaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Aku dan Cita-citaku/ 2
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan.
3.1.1 Menggambar sebuah pekerjaan sesuai dengan penjelasan yang ada.
4.1 Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam.
4.1.1 Mendeskripsikan gambar yang dibuatnya.

b) IPS
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4 Memahami kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya di masyarakat sekitar.
3.4.1 Mengidentifikasi kelembagaan budaya yang ada di masyarakat setempat.
4.4 Mendeskripsikan kehidupan manusia dalam kelembagaan sosial, pendidikan, ekonomi, dan budaya di masyarakat sekitar.
4.1.1 Menjelaskan peranan kelembagaan budaya di lingkungan masyarkat setempat.
 
c) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.1.1 Menguraikan isi dari tiap paragraf dari teks laporan.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1.1 Menjelaskan penggunaan kata sambung pada sebuah teks..

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :

  1. Mengenal Lembaga Budaya TIM
  2. Membuat seni kolase
  3. Menganalisis penggunaan kata sambung
  4. Membuat karangan

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa dikenalkan dengan pekerjaan di bidang seni. Siswa dapat ditunjukkan dengan gambargambar pekerja seni (lokal atau internasional) atau dengan memberikan contoh hasil karya mereka (lagu, lukisan, gambar/foto hasil karya mereka).
o   Siswa membaca teks yang ada di buku.
o   Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku.
o   Guru memberikan konfirmasi jawaban dan dapat dikenalkan tempat-tempat mereka bekerja.
o   Siswa berdiskusi untuk menjelaskan teknik mengolase.
o   Siswa membuat sebuah karya dengan teknik kolase.
o   Siswa menukar hasil karyanya untuk diberi komentar/tanggapan.
o   Siswa diminta untuk memberikan refleksi tentang kegiatan membuat kolase. Hal baik apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan itu.
o   Guru mengonfirmasi diskusi siswa tentang ketekunan dan keseriusan dalam melakukan pekerjaan sangat diperlukan serta terus berlatih dalam melakukan kegiatan dapat membantu siswa meraih cita-citanya.
o   Siswa mengamati berbagai pekerjaan yang ada di lingkungan sekolah.
o   Siswa menuliskan laporan berdasarkan hasil pengamatan.
o   Siswa diingatkan dalam penggunaan huruf besar dan kata sambung.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.

Pengayaan
Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Rubrik SBdP
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Teknik
Pengeleman
Seluruh media
kerja sudah
menggunakan lem sesuai kebutuhan.
Sebagian
besar media
kerja sudah
menggunakan
lem sesuai kebutuhan
Sebagian media
kerja sudah
menggunakan lem sesuai kebutuhan.
Sebagian
kecil media
kerja sudah
menggunakan
lem sesuai
kebutuhan.
Kerapian
Saat bekerja
sudah
memperhatikan
kebersihan kertas kerja, kerapian
penempelan
media sesuai
dengan luas
kertas kerja yang
digunakan
Saat bekerja
sudah
memperhatikan
kebersihan kertas kerja, kerapian
penempelan
media hanya
sebagian besar
yang sesuai
dengan luas
kertas kerja yang digunakan.
Saat bekerja sudah
memperhatikan
kebersihan kertas kerja, kerapian
penempelan media hanya sebagian
yang sesuai dengan
luas kertas kerja yang digunakan
Saat bekerja
sudah
memperhatikan
kebersihan
kertas kerja,
tetapi kerapian
penempelan
media hanya
sebagian kecil
yang sesuai
dengan luas
kertas kerja
yang digunakan
Ketepatan
Waktu
Bekerja
Menyelesaikan
pekerjaan sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan
Sebagian besar
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan
Setengah pekerjaan
dapat diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan
Sebagian kecil
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan


2. IPS
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Menjelaskan manfaat didirikan lembaga kesenian


2
Menyebutkan salah satu contoh lembaga seni/budaya yang ada di daerah tempat tinggal



3. Rubrik Bahasa Indonesia              
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Isi tulisan
Bercerita tentang paling sedikit 4 hal yang terjadi di masa depannya
Bercerita tentang
paling sedikit 3
hal yang terjadi di masa depannya.
Bercerita
tentang paling
sedikit 2 hal
yang terjadi
di masa depannya
Bercerita
tentang paling
sedikit 1 hal
yang terjadi
di masa depannya
Pengunan
Huruf besar dan
Tanda baca
Seluruh tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik,
tanda koma, dan
kata sambung
dengan tepat
Sebagian
besar tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik,
tanda koma, dan
kata sambung
dengan tepat.
Sebagian
tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik,
tanda koma,
dan kata
sambung
dengan tepat
Sebagian
kecil tulisan
menggunakan
huruf besar,
tanda titik,
tanda koma,
dan kata
sambung
dengan tepat

Pemilihan
kata
Seluruh tulisan
menggunakan
kosakata baku
Sebagian besar tulisan
menggunakan
kosakata baku
Sebagian
tulisan
menggunakan
kosakata baku
Sebagian
kecil tulisan
menggunakan
kosakata baku

4. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli). Contoh terlampir di halaman
    151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka




Mengetahui,                                                                        Tijue, 29 Januari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)

Amati berbagai pekerjaan yang ada di lingkungan sekolah. Tulislah hasil laporan
berdasarkan hasil pengamatanmu Saat membuat laporan, perhatikan penggunaan huruf besar dan kata sambung!
.......................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................  
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 
....................................................................................................................................................... 

MEDIA

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 2

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 2

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 2
 
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 1             


Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors