Home » » TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 1

TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Posted by TABINA KAMPUS - RPP on Saturday 14 January 2017



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Satuan Pendidikan                 : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester                      : 4/II
Tema 7                                   : Cita-Citaku
Sub Tema 1/ Pembelajaran     : Aku dan Cita-citaku/ 1
Alokasi Waktu                       : 1 Hari

A. Kompetensi Inti :

1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas  dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak  beriman dan beraklak mulia.

B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1 Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan pengamatan.
3.1.1 Menggambar sebuah pekerjaan sesuai dengan penjelasan yang ada.
4.1 Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam.
4.1.1 Mendeskripsikan gambar yang dibuatnya.

b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
3.3.1 Membuat daftar pertanyaan sesuai dengan data yang diberikan.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakatabaku.
4.3.1 Menceritakan hasil wawancara
c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami makna dan keterkaiatan simbol-simbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
3.1.1 Menjelaskan arti dan makna simbol-simbol sila dalam Pancasila.
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
4.1.1 Mengidentifikasi pengamalan salah satu sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
3.7.1 Menjelaskan berbagai jenis sumber daya alam yang digunakan dalam melakukan kerja/usaha
4.7 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan peman-faatannya oleh masyarakat.
4.7.1 Mengelompokkan sumber daya alam hayati dan nonhayati.

C. Deskripsi Materi Pembelajaran :
§  Mengenal tentang kegemaran diri
§  Mewawancarai teman
§  Mengolah informasi dari teks bacaan
§  Menganalisis pengamalan sila Pancasila
§  Menganalisis pemanfaatan SDA
§  Mengelompokkan SDA hayati dan nonhayati

 D. Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2.      Mengajak semua siswa berdoa.
3.      Pada awal pelajaran, guru menempel gambar di depan kelas
4.      Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5.      Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok
6.      Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7.      Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.

15 menit
B.Kegiatan Inti
o   Siswa mengamati berbagai pekerjaan yang ada di gambar dan mencoba mencocokkan dengan deskripsi yang ada.
o   Siswa mengomunikasikan hasil analisis gambar dan keterangan yang ada. Siswa diajak untuk memberikan alasan mengapa memilih jawaban itu.
o   Saat kegiatan mengomunikasikan jawaban, guru mendorong siswa lainnya untuk menanggapi hasil analisis temannya dengan memberikan pertanyaan seperti:
n  Bagaimana komentarmu dengan hasil jawaban temanmu?
n  Berikan ide lainnya yang menguatkan jawaban temanmu!
n  Setujukah kamu dengan jawaban temanmu? Berikan alasannya
o   Guru menguatkan jawaban siswa.
o   Siswa diajak untuk berdiskusi tentang hal-hal yang menarik dan disenangi dari pekerjaan yang ada di gambar. Guru juga dapat meminta siswa untuk mendeskripsikan pekerjaan lainnya yang pernah ia lihat/amati dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa diperkenalkan dengan materi yang akan dibahas selama satu minggu ke depan.
o   Siswa diajak untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang ingin ia ketahui selama materi ini dipelajari.
o   Siswa diajak untuk memahami arti cita-cita dengan kegiatan berdiskusi tentang hal-hal yang menjadi impian siswa di masa depan
o   Siswa mengisi data diri tentang kegiatan yang ia sukai, kegiatan yang mudah dikuasai, dan yang sulit ia kuasai untuk lebih mengenal potensi dirinya.
o   Siswa berimajinasi menggambarkan seorang pekerja yang cocok dengan gambaran dari data yang ada. Siswa menambahkan sebuah lokasi yang cocok dari sosok pekerja yang ia gambarkan.
o   Siswa memberikan keterangan dari hasil gambar yang dihasilkan.
o   Siswa mengomunikasikan hasil kreasinya di depan kelas
o   Siswa membuat daftar pertanyaan seperti kegiatan sebelumnya.
o   Guru mengingatkan siswa bagaimana tata cara melakukan wawancara

Tahapan Wawancara:
  • Pewawancara memperkenalkan diri sekaligus mengemukakan maksud dan tujuan wawancara.
  • Pewawancara hendaknya mengikuti tata tertib dan kesopanan baik dalam penampilan maupun penggunaan bahasa.
  • Ajukan pertanyaan secara teratur/sistematis.
  • Kemukakan pertanyaan secara jelas dan singkat.
  • Catatlah masalah atau informasi penting yang disampaikan oleh orang yang diwawancarai.
  • Akhiri kegiatan wawancara dengan kesan yang baik dan menyenangkan.
  • Pewawancara hendaknya mengucapkan terima kasih.
o   Siswa melakukan wawancara dengan teman lain untuk mengetahui kemampuan diri orang lain/teman di kelas lain.
o   Siswa menuliskan teks dari hasil wawancara.
o   Guru memberikan pertanyaan penggiring seperti:
n Bagaimana hasil wawancaramu?
n Apakah temanmu mempunyai kemampuan dan kegemaran yang sama denganmu?
n Apa yang dapat kamu simpulkan dari hasil datamu dan wawancara temanmu itu?
o   Siswa menyimpulkan hasil wawancaranya dan mengomunikasikan dengan kelompok lain.
o   Selama kegiatan mengomunikasikan dengan kelompok lain, guru dapat berkeliling untuk melihat keaktifan siswa dalam bertanya dan memberikan tanggapan/pendapat.
o   Guru menguatkan hasil diskusi siswa bahwa setiap orang memiliki kemampuan dan kegemaran yang berbeda-beda sehingga impian/cita-cita mereka pun beragam.
o   Siswa didorong untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan lain yang ingin siswa ketahui sebelum melanjutkan kegiatan berikut.
o   Siswa membaca cerita yang ada di buku.
o   Siswa menuliskan kembali isi teks dengan kalimat mereka sendiri dan memberikan pendapat tentang isi cerita.
o   Siswa menuliskan simbol dan makna dari tiap sila Pancasila.
o   Siswa menghubungkan isi dari teks cerita dengan makna sila Pancasila.
o   Siswa memberikan contoh bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa menjawab pertanyaan tentang penggunaan sumber daya alam dalam pekerjaan seseorang di kehidupan sehari-hari.
o   Siswa mengelompokkan sumber daya alam dalam kelompok sumber daya hayati dan nonhayati.
o   Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o   Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150
 
Pengayaan
o   Pada materi sumber daya alam, siswa dapat diajak untuk keluar kelas dan mengobservasi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekolah yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Remedial
o   (Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o   Apabila ada siswa yang belum dapat membuat pertanyaan yang sesuai dengan harapan, guru dapat mendampingi siswa untuk membuat pertanyaan yang tepat. Siswa dapat diberikan soal tambahan untuk menambah keterampilan membuat pertanyaan.

 150 menit









C.Kegiatan   Penutup
1.   Melakukan penilaian hasil belajar
2.   Melakukan repleksi
3.   Menyampaikan pesan moral/belajar.
4.   Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
15 menit

E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument penilaian hasil belajar dengan tes  lisan (instrument terlampir).

2. Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Proses               : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar    : Essay (uraian).


Penilaian
1. Rubrik Penilaian SBdP

Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu berlatih
lagi
Kesesuaian
objek gambar
Seluruh objek
yang digambar
sesuai dengan
data yang ada.
Sebagian besar
objek yang
digambar sesuai
dengan data
yang ada.

Hanya sebagian
objek yang
digambar sesuai
dengan data
yang ada.

Hanya sebagian
kecil objek
yang digambar
sesuai dengan
data yang ada
Teknik Mewarnai
Semua bagian
bentuk diwarnai
dengan teknik
mewarnai
yang benar.
Sebagian besar
bentuk diwarnai
dengan teknik
mewarnai
yang benar.
Hanya sebagian/
setengah bentuk
diwarnai dengan
teknik mewarnai
yang benar.
Hanya sebagian
kecil bentuk
diwarnai
dengan teknik
mewarnai
yang benar.
Ketepatan
Waktu Bekerja
Menyelesaikan
pekerjaan sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan
Sebagian besar
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah
ditentukan

Setengah pe—
kerjaan dapat
diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah
ditentukan
Sebagian kecil
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan.

2. Daftar Periksa Bahasa Indonesia
No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Membuat daftar pertanyaan sesuai dengan data yang ada


2
Melakukan wawancara sesuai dengan narasumber yang
dipilih


3
Data hasil wawancara dapat diolah dengan benar


4




3. Daftar Periksa PPKn
Kriteria
Sudah Terlihat
Belum Terlihat
Siswa menuliskan simbol dan makna dari tiap sila Pancasila


Siswa menghubungkan isi dari teks cerita dengan makna sila Pancasila.


Siswa memberikan contoh bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari



4. Daftar Periksa IPA

No
Kriteria
Pencapaian
Sudah
Belum
1
Menuliskan sumber daya hayati


2
Menuliskan sumber daya nonhayati


3
Menuliskan pemanfaatan sumber daya alam tersebut dengan benar



5. Penilaian sikap (cinta lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.

F. Sumber dan Media
-          Buku Guru
-          Buku Siswa
-          Gambar Gambar hewan langka dan tidak langka




Mengetahui,                                                                        Tijue, 28 Januari  2016
Kepala SD Negeri 2 Tijue                                                   Guru Kelas IV,



Parianti, S.Pd                                                                   Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001                                            NIP. 19760605 200701 2 004




LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)



 

1.        Apa saja yang kamu ketahui tentang kegemaran Dayu dan Lani?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………

2.        Bagaimana seharusnya mereka bersikap terhadap perbedaan kegemaran mereka?

…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………


3.        Apa yang terjadi bila Siti dan Lani tidak saling menghargai perbedaan kegemaran mereka?

…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………


4.        Bagaimanakah denganmu? Ceritakan pengalamanmu saat memiliki perbedaan dengan teman dan bagaimana sikap yang kamu tunjukkan saat itu.

…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………



MEDIA
TEMA 7 KELAS 4 SUB 1 PB 1

Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Blog Archive

Pages

Contributors