RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 2 Tijue
Kelas/Semester : 4/II
Tema 7 :
Cita-Citaku
Sub
Tema 1/ Pembelajaran : Aku dan Cita-citaku/ 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan beraklak mulia.
B. Kompetensi Dasar / Indikator
a) SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.3 Menunjukkan perilaku Mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
3.1 Mengenal
karya dua dan tiga dimensi
berdasarkan pengamatan.
3.1.1 Menggambar
sebuah pekerjaan sesuai
dengan penjelasan yang ada.
4.1 Menggambar
alam berdasarkan pengamatan
keindahan alam.
4.1.1 Mendeskripsikan
gambar yang dibuatnya.
b) Bahasa Indonesia
1.1 Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan
2.2 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap penggunaan teknologi modern dan tradisional, proses pembuatannya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menggali
informasi dari teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan
pekerjaan serta kegiatan
ekonomi dan koperasi dengan
bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
3.3.1 Membuat
daftar pertanyaan sesuai dengan data
yang diberikan.
4.3 Mengolah
dan menyajikan teks wawancara
tentang jenis-jenis usaha dan
pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakatabaku.
4.3.1 Menceritakan
hasil wawancara
c) PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
2.2 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar
3.1 Memahami
makna dan keterkaiatan
simbol-simbol sila Pancasila
dalam memahami Pancasila
secara utuh.
3.1.1 Menjelaskan
arti dan makna simbol-simbol
sila dalam Pancasila.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di
sekitar rumah dan sekolah
dari sudut pandang kelima
simbol Pancasila sebagai satu
kesatuan yang utuh.
4.1.1 Mengidentifikasi
pengamalan salah satu
sila Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
d) IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskripsikan
hubungan antara
sumber daya alam dengan
lingkungan, teknologi, dan
masyarakat.
3.7.1 Menjelaskan
berbagai jenis sumber daya alam
yang digunakan dalam melakukan
kerja/usaha
4.7 Menyajikan
laporan tentang sumber daya
alam dan peman-faatannya oleh masyarakat.
4.7.1 Mengelompokkan
sumber daya alam hayati
dan nonhayati.
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran :
§ Mengenal tentang kegemaran diri
§ Mewawancarai teman
§ Mengolah informasi dari teks bacaan
§ Menganalisis pengamalan sila Pancasila
§ Menganalisis pemanfaatan SDA
§ Mengelompokkan SDA hayati dan nonhayati
D.
Kegiatan Pembelajaran :
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam dan anak menjawab salam
2. Mengajak semua siswa berdoa.
3.
Pada awal pelajaran,
guru menempel gambar di depan
kelas
4. Tanya jawab tentang gambar yang sudah dikenal siswa.
5. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa
kelompok
6. Melakukan apersepsi dengan mengaitkan pembelajaran
yang lalu dengan pembelajaran yang sekarang diajarkan.
7. Menginformasikan tentang tema yang akan dibelajarkan
yaitu tentang “Cita-Citaku”.
8. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
yang akan dicapai setelah pembelajaran berlangsung.
|
15 menit
|
B.Kegiatan Inti
|
o Siswa mengamati berbagai pekerjaan yang ada di gambar dan mencoba mencocokkan dengan deskripsi yang ada.
o Siswa mengomunikasikan hasil analisis
gambar dan keterangan yang ada. Siswa diajak untuk memberikan alasan mengapa memilih jawaban itu.
o Saat kegiatan mengomunikasikan jawaban,
guru mendorong
siswa lainnya untuk menanggapi hasil analisis temannya dengan memberikan pertanyaan seperti:
n Bagaimana komentarmu dengan hasil jawaban temanmu?
n Berikan ide lainnya yang menguatkan jawaban temanmu!
n Setujukah kamu dengan jawaban temanmu? Berikan alasannya
o Guru menguatkan jawaban siswa.
o Siswa diajak untuk berdiskusi tentang
hal-hal yang menarik dan disenangi dari pekerjaan yang ada di gambar. Guru juga dapat meminta siswa untuk
mendeskripsikan pekerjaan lainnya yang pernah ia lihat/amati dalam kehidupan
sehari-hari.
o Siswa diperkenalkan dengan materi yang akan
dibahas selama satu minggu ke depan.
o Siswa diajak untuk memberikan
pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang ingin ia ketahui selama materi ini dipelajari.
o Siswa diajak untuk memahami arti cita-cita
dengan kegiatan berdiskusi tentang hal-hal yang menjadi impian siswa di masa depan
o Siswa
mengisi data diri tentang kegiatan yang ia sukai, kegiatan yang mudah
dikuasai, dan yang
sulit ia kuasai untuk lebih mengenal potensi dirinya.
o Siswa berimajinasi menggambarkan seorang
pekerja yang cocok dengan gambaran dari data yang ada. Siswa menambahkan sebuah lokasi yang cocok dari
sosok pekerja yang ia gambarkan.
o Siswa memberikan keterangan dari hasil
gambar yang dihasilkan.
o Siswa mengomunikasikan hasil kreasinya di
depan kelas
o Siswa membuat daftar pertanyaan seperti
kegiatan sebelumnya.
o Guru mengingatkan siswa bagaimana tata cara
melakukan wawancara
Tahapan
Wawancara:
o Siswa melakukan wawancara dengan teman lain
untuk mengetahui kemampuan diri orang lain/teman di kelas lain.
o Siswa menuliskan teks dari hasil wawancara.
o Guru memberikan pertanyaan penggiring
seperti:
n Bagaimana hasil wawancaramu?
n Apakah temanmu mempunyai kemampuan dan kegemaran yang sama
denganmu?
n Apa yang dapat kamu simpulkan dari hasil datamu dan wawancara
temanmu itu?
o Siswa menyimpulkan hasil wawancaranya dan
mengomunikasikan dengan kelompok lain.
o Selama kegiatan mengomunikasikan dengan
kelompok lain, guru dapat berkeliling untuk melihat keaktifan siswa dalam bertanya dan memberikan
tanggapan/pendapat.
o Guru menguatkan hasil diskusi siswa bahwa
setiap orang memiliki kemampuan dan kegemaran yang berbeda-beda sehingga impian/cita-cita mereka pun
beragam.
o Siswa didorong untuk memberikan
pertanyaan-pertanyaan lain yang ingin siswa ketahui sebelum melanjutkan kegiatan
berikut.
o Siswa membaca cerita yang ada di buku.
o Siswa menuliskan kembali isi teks dengan
kalimat mereka sendiri dan memberikan pendapat tentang isi cerita.
o Siswa menuliskan simbol dan makna dari tiap
sila Pancasila.
o Siswa menghubungkan isi dari teks cerita
dengan makna sila Pancasila.
o Siswa memberikan contoh bagaimana cara
mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
o Siswa
menjawab pertanyaan tentang penggunaan sumber daya alam dalam pekerjaan seseorang di kehidupan
sehari-hari.
o Siswa
mengelompokkan sumber daya alam dalam kelompok sumber daya hayati dan nonhayati.
o Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku.
o Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150
Pengayaan
o Pada
materi sumber daya alam, siswa dapat diajak untuk keluar kelas dan mengobservasi sumber daya alam
yang ada di lingkungan sekolah yang biasa digunakan dalam kegiatan
sehari-hari.
Remedial
o (Kegiatan
remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep)
o Apabila
ada siswa yang belum dapat membuat pertanyaan yang sesuai dengan harapan, guru dapat mendampingi siswa
untuk membuat pertanyaan yang tepat. Siswa dapat diberikan soal tambahan untuk
menambah keterampilan membuat pertanyaan.
|
150 menit
|
C.Kegiatan Penutup
|
1. Melakukan penilaian hasil belajar
2. Melakukan repleksi
3. Menyampaikan pesan moral/belajar.
4. Menutup dengan membaca Surat Al-Fatihah
|
15 menit
|
E. Penilaian :
1. Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses : Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan pendahuluan sampai
dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar : Menggunakan instrument
penilaian hasil belajar dengan tes lisan
(instrument terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses : 1) Penilaian Kinerja. 2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar : Essay (uraian).
Penilaian
1. Rubrik
Penilaian SBdP
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu berlatih
lagi
|
Kesesuaian
objek gambar
|
Seluruh objek
yang digambar
sesuai dengan
data yang
ada.
|
Sebagian besar
objek yang
digambar sesuai
dengan data
yang ada.
|
Hanya sebagian
objek yang
digambar sesuai
dengan data
yang ada.
|
Hanya sebagian
kecil objek
yang digambar
sesuai dengan
data yang ada
|
Teknik
Mewarnai
|
Semua bagian
bentuk diwarnai
dengan teknik
mewarnai
yang
benar.
|
Sebagian besar
bentuk diwarnai
dengan teknik
mewarnai
yang
benar.
|
Hanya sebagian/
setengah bentuk
diwarnai dengan
teknik mewarnai
yang
benar.
|
Hanya sebagian
kecil bentuk
diwarnai
dengan teknik
mewarnai
yang
benar.
|
Ketepatan
Waktu
Bekerja
|
Menyelesaikan
pekerjaan sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan
|
Sebagian besar
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah
ditentukan
|
Setengah pe—
kerjaan dapat
diselesaikan
sesuai dengan
waktu yang telah
ditentukan
|
Sebagian kecil
pekerjaan dapat
diselesaikan
sesuai
dengan waktu
yang telah
ditentukan.
|
2. Daftar
Periksa Bahasa Indonesia
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Sudah
|
Belum
|
||
1
|
Membuat
daftar pertanyaan sesuai dengan data yang ada
|
|
|
2
|
Melakukan wawancara sesuai dengan
narasumber yang
dipilih
|
|
|
3
|
Data
hasil wawancara dapat diolah dengan benar
|
|
|
4
|
|
|
|
3. Daftar
Periksa PPKn
Kriteria
|
Sudah Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Siswa menuliskan simbol dan makna
dari tiap sila Pancasila
|
|
|
Siswa menghubungkan isi dari teks
cerita dengan makna sila Pancasila.
|
|
|
Siswa memberikan contoh bagaimana
cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
4. Daftar Periksa IPA
No
|
Kriteria
|
Pencapaian
|
|
Sudah
|
Belum
|
||
1
|
Menuliskan
sumber daya hayati
|
|
|
2
|
Menuliskan
sumber daya nonhayati
|
|
|
3
|
Menuliskan pemanfaatan sumber
daya alam tersebut dengan benar
|
|
|
5. Penilaian sikap (cinta
lingkungan, menghargai, peduli).
Contoh terlampir di halaman 151.
F. Sumber dan Media
-
Buku Guru
-
Buku Siswa
-
Gambar Gambar hewan
langka dan tidak langka
Mengetahui, Tijue,
28 Januari 2016
Kepala SD Negeri
2 Tijue Guru
Kelas IV,
Parianti, S.Pd
Husnidar, S.Pd
NIP.19690318 199504 2 001 NIP. 19760605 200701 2 004
LEMBAR KEJA SISWA
(LKS)
1.
Apa saja yang kamu ketahui tentang kegemaran Dayu dan
Lani?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
2.
Bagaimana seharusnya mereka bersikap terhadap
perbedaan kegemaran mereka?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
3.
Apa yang terjadi bila Siti dan Lani tidak saling
menghargai perbedaan kegemaran mereka?
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
4.
Bagaimanakah denganmu? Ceritakan pengalamanmu saat
memiliki perbedaan dengan teman dan bagaimana sikap yang kamu tunjukkan saat
itu.
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
MEDIA
Thanks for reading & sharing TABINA KAMPUS - RPP
0 comments:
Post a Comment